Presiden Jokowi: Kami akan memperluas kompleks industri hijau menjadi 30.000 ha.

  • Share

Kemarin kami menerima lebih banyak informasi karena permintaan akan produk ramah lingkungan semakin meningkat. Kami akan memperluas hingga 30.000 hektar untuk menjadi kawasan industri hijau di Kalimantan Utara yang menurut saya akan menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia.

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara akan diperluas dari 13.000 hektar yang semula direncanakan menjadi 30.000 hektar karena meningkatnya permintaan akan produk hijau atau ramah lingkungan.

“Kemarin kami mendapat lebih banyak informasi karena permintaan produk hijau terus meningkat. Kami akan memperluas hingga 30.000 hektar untuk menjadi produk hijau. taman industri hijau “Saya kira terbesar di dunia di Kalimantan Utara,” kata Presiden Jokowi dalam siaran video rapat tahunan Bank Indonesia di Jakarta, Rabu.

Kompleks industri hijau di Kalimantan Utara ini dijadwalkan mulai dibangun pada Desember 2021.

Presiden Jokowi menjelaskan, strategi pembangunan ekonomi ramah lingkungan atau green economy harus segera dilaksanakan. Sebab, potensi dan prospek perekonomian global ke depan akan sangat bergantung pada kegiatan ekonomi yang mengutamakan pertumbuhan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Selengkapnya: Presiden Jokowi Terkejut dan Investor Antri Masuk Green Industrial Park.

Dia mengatakan Indonesia memiliki aset ekonomi hijau yang melimpah seperti sumber daya air, sumber daya energi panas bumi, sumber daya energi angin, arus bawah laut, energi surya, dan pembangkit listrik tenaga angin.

Presiden mencontohkan energi dan sumber daya air, dan Indonesia memiliki 4.400 sungai. Dalam waktu dekat, pemerintah akan berupaya mengembangkan produksi energi dari sumber air Sungai Kayan di Kalimantan Utara dan Sungai Mambaramo di Papua.

Dikatakannya, “Sungai Kayan dapat mengalirkan sekitar 13.000 MW, Sungai Mambaramo sekitar 24.000 MW, dan hanya dua sungai yang dapat mengalirkan total 37.000 MW.

Baca Juga:  Ma'ruf Amin serukan pembubaran MUI tidak masuk akal

Aset energi Indonesia yang tergolong energi terbarukan berjumlah 418 gigawatt, kata Presiden.

“Geothermal, belum ada angin, belum ada arus laut, belum sel suryaPresiden Jokowi mengatakan, “Jika kita mengelola dengan baik dengan konsistensi, keberanian dan membuat terobosan, berpotensi menjadi kekuatan ekonomi kita ke depan.”

Selengkapnya: Presiden Jokowi: RI akan bangun kawasan industri hijau pertama di dunia.

Reporter : Indra Arif Freebody
Editor: Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © Antara 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Presiden Jokowi: Kami akan memperluas kompleks industri hijau menjadi 30.000 ha.

Dari Situs Fikrirasy ID

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *