Presiden: G20 Indonesia tekankan pentingnya karbon biru dan ekonomi biru

Jakarta (ANTARA) – Presiden Indonesia Jokowi adalah Ketua G20 (kelompok 20) Indonesia akan meningkatkan pentingnya ekonomi biru, karbon biru dan pembuangan sampah laut.

Presiden menegaskan, Indonesia siap bekerja sama dengan semua pihak untuk menciptakan ekosistem laut yang berkelanjutan.

“Indonesia terus mendukung pengarusutamaan isu-isu maritim,” kata Jokowi dalam acara ‘One Ocean Summit’ yang ditayangkan pada 11 Juli, Jumat, YouTube kantor Sekretariat Presiden dari Jakarta.

Di tingkat domestik, Presiden menjelaskan bahwa Indonesia telah melakukan sejumlah terobosan untuk mengelola lingkungan laut secara berkelanjutan.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Sampaikan Komitmen Konservasi Laut Hingga 32,5 Ha

BACA JUGA: Kemenkeu Ajak Milenial dan Gen Z Sambut Pemulihan Ekonomi Melalui G20.

Presiden mengatakan tonggak sejarah itu akan mencakup kebijakan untuk menangani ikan secara terukur dan berbasis kuota yang didukung oleh sistem pemantauan berbasis teknologi. Terobosan lainnya adalah pengembangan desa budidaya berbasis kearifan lokal untuk pengentasan kemiskinan dan pelestarian barang-barang bernilai ekonomi tinggi.

“Pengelolaan lingkungan laut harus berada pada taraf pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi bagian dari mendukung pemulihan ekonomi dari dampak wabah,” ujarnya.

Kepala negara menekankan bahwa sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, lingkungan laut yang sehat adalah kunci pembangunan berkelanjutan Indonesia.

“Indonesia bangga menjadi salah satu negara terdepan di dunia dalam hal perlindungan laut,” kata Jokowi.

Pada tahun 2022, Indonesia akan menjadi negara ketua G20. Dibentuk pada tahun 1999, Forum Global terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa, yang menyumbang 80% dari produk domestik bruto (PDB) dunia, 75% dari perdagangan internasional dan 60% dari populasi dunia.

Reporter : Indra Arif Freebody
Editor: Chandra Hamdani Noor
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Baca Juga:  Malam Tahun Baru, Nonton Reuni Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Presiden: G20 Indonesia tekankan pentingnya karbon biru dan ekonomi biru

Dari Situs Fikrirasy ID