Sebuah usaha kecil di Luwu mengekspor pala dan cengkeh ke Rusia.

Fikrirasy.ID, MAKASSAR – Produk pertanian akan menjadi ekspor pertama dari Sulsel pada 2022. Pelepasan ekspor tersebut berlangsung pada Senin (10/01/2022) di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta Makassar.

Produk pala dan cengkeh diekspor langsung ke Rusia. Ekspor yang dilakukan eksportir CV Surya Mandiri Sejahtera sebanyak 15 ton atau setara dengan US$ 123.386,36 atau Rp 1,7 miliar.

Bagi perusahaan ini, ini merupakan ekspor pertama dari perusahaannya. Selain itu, eksportir ini merupakan kelompok usaha kecil menengah di bawah pimpinan Disdag Sulsel.

“Eksportir CV Surya Mandiri Sejahtera adalah seorang pemuda dari Kabupaten Luwu, usaha kecil yang didukung oleh kantor perdagangan. Mereka sebelumnya telah mengekspor tetapi masih mengekspor melalui perusahaan milik orang lain di Surabaya. Dan Alhamdulillah, kami Kami sudah memiliki kami sendiri. perusahaan dan kami bisa ekspor langsung ke Rusia,” kata Ashari F. Radjamilo, Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan.

Menurutnya, hal itu tak lepas dari dukungan Andi Sudirman Sulaiman, Pj Gubernur Sulsel yang selalu memberikan arahan untuk meningkatkan ekspor. Nilai ekspor juga menjadi salah satu indikator kinerja suatu daerah/kota yang mendapat dukungan keuangan daerah dari Pemerintah Sulawesi Selatan.

Selain itu, Sulawesi Selatan merupakan daerah yang diberkahi dengan berbagai macam barang dagangan. khususnya pertanian. “Pohon pala dan cengkeh yang diekspor berasal dari petani Luwu. Alhamdullilla di Sulawesi Selatan diberkahi dengan segala macam merchandise. Segala sesuatu seperti cengkeh, pala, cokelat, kopi, dan lainnya ada di sini. Kita semua bisa mengekspor. Insya Allah Sulsel banyak produk unggulan kita untuk ekspor,” pungkasnya.

Baca Juga:  Anak SD di Papua Dituduh Mencuri Senjata Prajurit TNI Dilaporkan Dibunuh, Kapendam: Scam!

Usaha kecil dan menengah (UKM) lainnya juga diharapkan dapat menjadi contoh untuk berpartisipasi dalam ekspor. “Saya menghimbau kepada seluruh UKM di Sulsel untuk melakukan ekspor ke manca negara dimana UKM tersebut dikirim langsung melalui Makassar. Ini adalah era baru. Ada pelabuhan baru Makassar, infrastruktur yang stabil dan bandara. Kami berharap rekan-rekan usaha kecil dan menengah kita semua dapat bergabung untuk meningkatkan ekspor di Sulawesi Selatan.”

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Sebuah usaha kecil di Luwu mengekspor pala dan cengkeh ke Rusia.

Dari Situs Fikrirasy ID