Berita DBAsia | Mengapa wasit membatalkan gol Aston Villa terungkap

DBasia.news – Satu gol Aston Villa ke gawang Manchester United dianulir oleh keputusan VAR (Asisten Video Wasit). Apa yang menjadi dasar keputusan ini?

MU akan melawan Villa dalam laga babak 3 Piala FA di Old Trafford, Selasa (11/1/2022). Satu gol dari Scott McTominay membawa tim Ralf Rangnick ke level selanjutnya.

Villa praktis bebas dari perkelahian. Mereka mencetak dua gol melawan David de Gea di babak kedua, tetapi keduanya dianulir. Secara khusus, gol Danny Ings di menit ke-50 dibantu oleh VAR, dan wasit Michael Oliver memastikan gol tersebut dianulir selama hampir 4 menit.

Publik mengira Ings terjebak offside dan gol tersebut dianulir. Tapi Oliver tampaknya melihat sesuatu yang lain. Menurut BBC, Jacob Ramsey-lah yang diyakini berdiri dalam posisi offside. Tapi mengingat Ramsey tidak mengejar bola, apakah itu cukup?

Mari kita lihat kembali proses ‘gol’ yang dimulai dengan tendangan bebas John McGinn. Kemudian bola beralih ke Ezri Konsa. Ada juga Edinson Cavani yang ingin merebut bola saat itu, namun menabrak Ramsey dan terjatuh.

Berdiri membelakangi gawang MU, Ramsey tampak lebih fokus menghadang Cavani ketimbang mengejar bola karena Konsa sudah ada di sana. Bola yang disuplai Konsa mengarah ke gawang Ings namun akhirnya dianulir.

Keputusan Oliver mengacu pada Peraturan No. 11 tentang Offside oleh FA. Salah satu poinnya adalah bunyinya seperti ini:

Baca Juga:  Omicron Covid-19 Mengekspos Enam Klub Liga Premier

“Dalam situasi berikut:

Jika seorang pemain bergerak dari atau berdiri dalam posisi offside menghalangi jalan lawan dan menghalangi gerakan lawannya menuju bola, maka kondisi tersebut dinyatakan offside jika kondisi ini mempengaruhi kemampuan lawan untuk memainkan atau memperoleh bola. Jika seorang pemain bergerak ke jalur lawan dan menghalanginya, dia harus dihukum berdasarkan Aturan 12.”

Saat Cavani diblok, situasi mengakibatkan Ramsey berada dalam posisi offside. Bagaimana menurut anda?

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Berita DBAsia | Mengapa wasit membatalkan gol Aston Villa terungkap

Dari Situs Fikrirasy ID