5 Pemain yang Gagal Dinaturalisasi Timnas Indonesia (2011-2013)

PSSI masih mengandalkan naturalisasi untuk membela timnas Indonesia di pentas internasional. Banyak nama yang masuk dalam skuat, seperti Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales, beberapa di antaranya sudah mencuat.

Namun, di balik layar, banyak pemain naturalisasi yang tidak terus eksis di timnas, sehingga dijadikan alternatif ketika tidak ada pemain yang cocok. Siapa saja para pemain ini? Berikut 5 pemain naturalisasi yang tidak bersinar di timnas Indonesia dari 2011 hingga 2013.

1. Kim Kurniawan

kegagalan naturalisasi 1

Yuna Kim menjadi pemain naturalisasi pertama di Indonesia yang mencicipi topi timnas U-23 untuk pertama kalinya. Kiprah pemain berusia 23 tahun itu mereda dengan munculnya pemain-pemain di posisinya, salah satunya Diego Mitchells yang kualitasnya lebih baik.

2. Johnny Rudolph Van Buckering

Naturalisasi Gagal 2

Van Beukering baru dua kali membela Indonesia sejak menjadi WNI pada Oktober 2011. Konon, kedatangannya melawan Timor Leste dalam laga uji coba dan melawan Malaysia di Piala AFF 2012 menuai banyak pro dan kontra.

3. Joey Seok

kegagalan naturalisasi

Pemain naturalisasi ditambahkan ke daftar tim nasional, dan diharapkan dia akan menjadi bintang naturalisasi berkat penampilannya di lini tengah. Namun, klub tidak mengizinkannya, sehingga pertahanan merah putih gagal, dan namanya perlahan dilupakan.

4. Tony Cussel

kegagalan naturalisasi 4

Pemain yang dinaturalisasi pada Oktober 2011 itu mewakili Indonesia di Piala AFF 2012. Namun, saat para pemain ISL dan IPL bersatu kembali sebagai satu tim nasional, nama mereka seolah terlupakan dan tenggelam dalam nama lokal.

5. Ruben Warbanana

kegagalan naturalisasi 5

Saat naturalisasi, di kelas yang sama dengan Diego Michiels, Ruben hanya memperkuat Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2011. tim.

Leave a Comment