Menteri BUMN mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) dan merevitalisasi perekonomian nasional.

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saingnya di pasar global guna mendongkrak perekonomian nasional.

Saat Erick berkunjung ke Kabupaten Jember Jawa Timur pada Sabtu sore, “Kami terus membuat program untuk UMKM seperti Pasar Digital UMKM (PaDi) dan pengadaan BUMN di bawah Rp. .

Menurutnya, UMKM PaDi baru saja diluncurkan dan kini jumlahnya telah mencapai 10.100 UMKM, dengan total 120.000 transaksi senilai Rp 12,4 triliun.

“Kami bekerjasama dengan UMKM PaDi secara terbuka kepada semua pihak, termasuk Laskar Sholawat Nusantara Jember yang terlibat,” ujarnya.

Ia menjelaskan dengan semakin banyaknya produk UMKM yang mampu bersaing di pasar global diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional karena UMKM merupakan bagian dari perekonomian Indonesia.

“Untuk itu diperlukan sinergi dan kerjasama semua pihak antara usaha kecil, pondok pesantren, pemerintah daerah, bank pemerintah pusat, dan pihak lain mengingat persaingan yang semakin ketat,” ujarnya.

Erick Thohir juga mengatakan bahwa Kementerian BUMN merekomendasikan agar bank-bank BUMN terus memberikan dukungan permodalan dan membantu UKM meningkatkan kualitas produk mereka dan memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar mereka.

“BUMN akan turun tangan ketika kesenjangan semakin lebar untuk memastikan keseimbangan ekonomi terus berlanjut. Kami akan meluncurkan beberapa program dan perlu menumbuhkan wirausahawan baru,” katanya.

Dalam kunjungan untuk menghadiri kegiatan Laskar Sholawat Nusantara kantor PTPN XII, Menteri BUMN meninjau produk UMKM Jember binaan Pemkab Jember dan berbagai pesantren di sekitarnya.

Sebelum berkunjung ke Kabupaten Jember, Menteri Erick Thohir menghadiri Harlah ke-182 Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo.

BACA: Erick Thohir: Program BUMN Harus Dekat dengan Rakyat.

Baca Juga:  Pembukaan Musyawarah Nasional FKPPI ke-10, Mahfud MD Isyarat Pernyataan Jokowi soal Ormas

Baca Selengkapnya: Menteri BUMN Gandeng Pesantren Bangun Ekonomi.

Reporter: Zumrotun Solitsa
Redaktur : Tolong Suyanto
HAK CIPTA © Antara 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menteri BUMN mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) dan merevitalisasi perekonomian nasional.

Dari Situs Fikrirasy ID