Kunjungan ke 2 pasien mikrosefali, Mensos berikan dukungan nutrisi dan medis

Fikrirasy.ID – Saudara Rudy, 18, dan Rossidi, 11, dari Jember, Jawa Timur, dikunjungi Menteri Sosial, Tri Rismaharini. Kedua bersaudara itu menderita mikrosefali. Mensos beserta rombongan tiba di rumah anak-anak tersebut dan langsung disambut oleh orang tua mereka, Syaiful Sayidi dan Maryam.

Pasangan itu mengatakan kedua anak mereka dalam kondisi normal pada saat lahir. Namun, ada kelainan pada ukuran kepala, yang berkurang selama perkembangan. Kedua anak ini juga mengalami gangguan kemampuan motorik dan kognitif.

Untuk pasangan keluarga miskin ini, Menteri Sosial Risma memberikan dukungan untuk kebutuhan kesehatan, dukungan finansial dan akses. Untuk meningkatkan aksesibilitas, Mensos Risma akan mengirimkan kursi roda yang didesain khusus untuk adiknya.

Kondisi adik saya yang tidak bisa berjalan dan penglihatannya terbatas, sehingga harus digendong. “Tanpa bantuan kursi roda, orang tua tidak bisa melakukan aktivitas normalnya. Itu sebabnya kami menyediakan alat. Anda masih perlu menyesuaikannya nanti. Kami akan buatkan kursi khusus anak-anak agar lebih nyaman digunakan,” kata Risma, Menteri Sosial Kabupaten Jember, Kecamatan Jenggawah, Desa Jatimulyo (November 2021).

Baca juga:
Dinas Sosial RI Mendampingi Siswa SD Korban Pelecehan dan Penganiayaan Paksa di Malangsi

Kemensos akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan agar kedua anak tersebut bisa mendapatkan pengobatan dan obat-obatan. Yang tidak kalah penting, Anda perlu memberikan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan fungsi otak, terutama untuk kedua anak Anda.

“Untuk nutrisi, kami berkoordinasi dan bernegosiasi dengan ahli gizi dan dokter tentang apa yang bisa kami berikan kepada kedua anak ini. Seseorang tampaknya terlalu aktif. Sebelumnya, saya berkomunikasi dengan dokter untuk menyediakan fasilitas medis untuk mengurangi hiperaktif. Kami juga akan mengkoordinir implementasi nutrisi di otak,” ujarnya.

Baca Juga:  PSCS Live Streaming Persis Solo vs Liga 2

Bantuan gizi berupa obat-obatan untuk kedua anak akan dikirimkan setiap bulan. Di sisi lain, kepuasan gizi juga akan meningkatkan pendapatan ekonomi dengan memberikan efek sinergis dengan bantuan stimulan.

Untuk itu, Menteri Sosial Risma memberikan dukungan berupa ayam petelur dan lele.

“Nutrisi harus berkelanjutan. Kami memberikan dukungan kebangkitan berupa ayam petelur yang bertelur 20 ekor ayam dan lele setiap hari. Nanti kalau ada surplus bisa kita jual,” kata Menteri Sosial Lisma.

Baca juga:
Kemensos mendampingi korban kekerasan seksual saat bersaksi ke polisi

Dukungan nutrisi diberikan dalam bentuk makanan bergizi seperti madu, susu, keju, multivitamin, minuman nutrisi, nasi, dan minyak goreng. Dukungan logistik untuk popok, alat kebersihan (pasta gigi, sikat gigi, sabun), pakaian anak, dll., dan dukungan aksesibilitas untuk kursi roda listrik. Jumlah Rp. Total bantuan senilai 12.479.716 disumbangkan oleh Balai Mahatmya Bali dan Balai Soeharso Surakarta.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kunjungan ke 2 pasien mikrosefali, Mensos berikan dukungan nutrisi dan medis

Dari Situs Fikrirasy ID