KPK masih memeriksa laporan Ubedilah Badrun terkait Gibran dan Kaesong.

Jakarta, CNN Indonesia

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) laporan masih dilihat Uvedla Badrun Jokowi, dua putra Presiden Indonesia Jokowi Kaesong Pangalep dan Gibran Rakabooming Diduga raka Korupsi, kolusi dan nepotisme terkait hubungan usaha (KKN).

Juru Bicara Eksekutif KPK Ali Fikri mengatakan langkah ini wajib dilakukan untuk semua laporan yang masuk ke KPK.

Proses ini juga berguna untuk menentukan apakah pokok pengaduan yang diajukan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Ia menjelaskan kepada wartawan, Senin (17/1), bahwa “tujuannya tentu untuk memastikan ada atau tidaknya kewenangan partai jika ada dugaan tindak pidana korupsi.”

Ia menambahkan, “apakah berada di bawah kewenangan Republik Demokratik Rakyat Korea, termasuk ranah korupsi. Tentu semuanya butuh waktu dan proses.”

Ali menegaskan KPK akan terus meneliti dan mengumpulkan data untuk menambah informasi. Jika pengaduan menjadi kewenangan KPK, maka akan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami akan proaktif melacak dan mengumpulkan berbagai informasi dan informasi tambahan untuk melengkapi pengaduan yang dilaporkan,” katanya.

Sebelumnya, Ubedilah Badrun, dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan aktivis 1998, melaporkan Gibran dan Gaeseong ke KPK atas kasus korupsi dan pencucian uang.

Laporan itu menyangkut hubungan bisnis dua putra Jokowi dan PT SM.

Gibran, yang kini menjadi walikota solo, mengaku tidak ada masalah dengan laporan tersebut. Dia mengaku siap memberikan keterangan saat KPK dipanggil.

Baca Juga:  Erick: BUMN mendukung kebijakan terkait pasokan energi dalam negeri.

“Kalau dilaporkan, laporkan. Kalau salah, kami siap,” katanya.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku tidak tahu-menahu soal kasus yang didakwakan kepadanya. Setelah mencalonkan diri sebagai walikota solo pada tahun 2019, Gibran telah mempercayakan bisnis tersebut kepada adiknya, Gaeseong Pangarep.

“Masalah kebakaran nanti tacon (Tanya) Kepribadian Wow (hanya)” katanya.

Sementara itu, sampai berita ini ditulis Fikrirasy.ID Tidak ada pernyataan yang diterima dari Kaesong mengenai laporan dari Republik Rakyat Demokratik Korea.

(tfq/gil)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel KPK masih memeriksa laporan Ubedilah Badrun terkait Gibran dan Kaesong.

Dari Situs Fikrirasy ID