Kalahkan Malaysia 4-1, Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF 2020

JAKARTA (ANTARA) – Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B setelah mengalahkan Malaysia 4-1 di final grup, Minggu malam di National Stadium, Singapura.

Gol untuk Indonesia dicetak oleh Irfan Jaya (2 gol), Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Malaysia mencetak gol melalui Kogileswaran Raj.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi peringkat kedua Grup A Singapura. Performa di Piala AFF 2020 ini sekaligus meningkatkan performa Piala AFF 2018, di mana Indonesia gagal melaju ke babak penyisihan grup.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan timnya untuk menyerang dan menekan Malaysia sejak menit pertama.

Mengandalkan penyerang seperti Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Ezra Walian, Indonesia kerap membuat Malaysia kesulitan di 10 menit pertama. Bek Pratama Arhan mencoba mencetak gol hanya dalam dua menit.

Namun, justru Malaysia yang mencetak gol pembuka lewat tendangan Kogileswaran Raj di luar kotak penalti pada menit ke-13. Kogileswaran memanfaatkan kesalahan umpan Irfan Jaya.

Indonesia yang membutuhkan setidaknya hasil imbang untuk melaju ke semifinal Piala AFF 2020, terus mengalahkan pertahanan Malaysia dengan sisa satu gol.

Alhasil, pada menit ke-36, Irfan Jaya menebus kesalahannya dengan mencetak gol usai memanfaatkan umpan penuh Witan Sulaeman.

Irfan kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah 7 menit. Gol tersebut berawal dari sepakan Pratama Arhan dari kotak penalti Malaysia. Arhan mengirim operan ke depan gawang untuk membentur pemain Malaysia dan Irfan menangkap bola liar tersebut.

Setelah itu, saya tidak membuat gol lagi. Skor 2-1 Indonesia yang dominan berlanjut hingga waktu istirahat.

Setelah turun minum, Shin Tae-yong bergabung dengan El Khan Bagot menggantikan Ramai Lumakiek. Evan Dimas dan Kushedya Yudo juga meninggalkan bangku cadangan.

Baca Juga:  Profil Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov, yang membantu Rusia menginvasi Ukraina

Lima menit memasuki babak kedua, Pratama Arhan mencetak gol pertama Piala AFF 2020 dengan tendangan kaki kiri yang kuat dari luar kotak penalti. Arhan menembak setelah menerima operan dari Irfan Jaya.

Indonesia mengubah skor menjadi 4-1 melalui sundulan Elkan Baggott yang melanjutkan sepak pojok Evan Dimas. Itu merupakan gol pertama Elkan untuk timnas Indonesia.

Situasi tidak berubah hingga akhir pertandingan. Indonesia menang 4-1.

Di pertandingan Grup B lainnya, Vietnam mengalahkan Kamboja 4-0 di hari yang sama. Alhasil, Vietnam naik ke peringkat 4 sebagai peringkat 2 Grup B dan nantinya akan menghadapi peringkat 1 Grup A Thailand.

Baca juga: Dua gol Irfan Jaya membantu Indonesia mengalahkan Malaysia 2-1 di babak pertama.
Baca Juga: Evan-Elkan Cadangan, Alfaandra-Fachruddin Tampil Lawan Malaysia.
Baca Selengkapnya: Tenang Garuda, Tenang!

Reporter: Michael Shiahan
Editor: Datan Ramdani
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kalahkan Malaysia 4-1, Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF 2020

Dari Situs Fikrirasy ID