8 cara agar tetap sehat dalam sit-up, ayo berolahraga!

Fikrirasy.ID – Sit-up adalah latihan perut paling sederhana di mana Anda mengangkat tubuh dengan berbaring telentang. Lantas, apa saja manfaat sit-up?

Sit-up adalah upaya untuk menggunakan berat badan Anda untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut Anda. Manfaat sit-up termasuk melatih rektus abdominis, transversus abdominis, dan obliques selain fleksor pinggul, dada, dan leher Anda.

Sit-up melatih otot punggung dan gluteal Anda untuk membantu membentuk postur yang baik. Sit-up adalah tambahan yang ideal untuk program kebugaran apa pun.

Secara keseluruhan, berikut adalah beberapa manfaat sit-up: garis kesehatan, Minggu (19/12/2021).

Baca juga:
8 Tempat Arung Jeram di Indonesia, Cara Paling Asyik untuk Menguji Adrenalin Anda

Ilustrasi sit-up. (Shutterstock)

Manfaat sit up untuk tubuh

Sit-up adalah latihan kunci yang sering digunakan dalam program pelatihan karena sederhana dan efektif. Berikut adalah beberapa manfaat sit-up hebat yang dapat Anda sertakan dalam rutinitas latihan Anda.

1. Kekuatan inti

Kekuatan inti adalah salah satu alasan terbesar untuk melakukan sit-up. Mengurangi risiko sakit punggung dan cedera dengan memperkuat, mengencangkan, dan mengencangkan otot inti.

Melakukan berbagai rutinitas harian dan melakukan aktivitas atletik dapat membantu Anda bergerak lebih mudah.

Baca juga:
Benarkah bola basket membantu Anda tumbuh lebih tinggi?

2. Peningkatan massa otot

Sit-up sangat berguna untuk membangun kekuatan pada otot perut dan bokong Anda. Orang yang bisa melakukan sit-up lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan sarcopenia, kehilangan otot alami seiring bertambahnya usia.

Jika Anda dapat melakukan 10 atau lebih sit-up, itu berarti Anda memiliki lebih banyak massa dan fungsi otot.

3. Tingkatkan kinerja atletik Anda

Otot inti yang kuat dikaitkan dengan peningkatan kekuatan dan daya tahan. Ini memberikan postur, stabilitas, dan bentuk yang benar untuk olahraga atau aktivitas fisik apa pun. Anda akan merasa kurang lelah.

Baca Juga:  4 ikan laut yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia

4. Keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik

Inti yang kuat membantu menjaga tubuh Anda seimbang dan stabil saat Anda bergerak dalam aktivitas sehari-hari. Sit-up membantu menyelaraskan otot panggul, punggung bawah, dan bokong dengan otot perut. Keseimbangan yang baik sangat membantu dalam mencegah jatuh atau cedera.

5. Peningkatan Fleksibilitas

Menggerakkan tulang belakang Anda akan membantu meredakan kekakuan pada tulang belakang dan pinggul Anda. Latihan ini membuat pinggul dan punggung Anda lebih fleksibel, meningkatkan mobilitas dan mengurangi ketegangan dan ketegangan.

Peningkatan fleksibilitas meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi, mengurangi stres dan meningkatkan energi.

6. Postur Lebih Baik

Memperkuat inti Anda melalui sit-up dapat membantu memperbaiki postur Anda dengan membuatnya lebih mudah untuk menyelaraskan pinggul, tulang belakang, dan bahu Anda.

Manfaat postur yang baik antara lain mengurangi rasa sakit dan ketegangan serta meningkatkan kualitas energi dan pernapasan.

7. Mengurangi Sakit Punggung dan Risiko Cedera

Manfaat lain dari sit-up adalah memberi kekuatan pada punggung bagian bawah, pinggul, dan panggul. Inti yang kuat memungkinkan pusat gravitasi yang kokoh dan kokoh, sehingga mengurangi nyeri punggung dan cedera.

8. Penguatan Diafragma

Latihan ini juga merupakan cara yang bagus untuk melatih pernapasan diafragma. Sit-up menekan perut Anda, yang dapat memiliki efek positif pada diafragma Anda. Diafragma yang sehat dan kuat semakin meningkatkan pola pernapasan dan mengurangi stres untuk meningkatkan daya tahan atletik.

Itulah beberapa manfaat sit-up yang bisa Anda capai dengan melakukan sit-up secara rutin dalam rutinitas latihan harian Anda.

Kontributor: Julia Kartika Dewi



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 8 cara agar tetap sehat dalam sit-up, ayo berolahraga!

Dari Situs Fikrirasy ID