Irigasi dari Kementerian Pertanian membuat pertanian pertanian Lembang lebih berdaya saing.

Intelijen Nasional – Melalui Sekretaris Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan produktivitas di sektor pertanian. Salah satunya melalui program irigasi perpipaan.

Kali ini, Kementerian Pertanian telah merealisasikan irigasi pipa untuk Kelompok Tani Agroratif di Desa Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Produksi dan daya saing kelompok di sektor hortikultura juga meningkat tajam karena pasokan air yang baik melalui program irigasi perpipaan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, air merupakan kebutuhan mutlak bagi sektor pertanian. Tanpa air, pertanian tidak dapat berkembang secara memadai dan optimal. “Air merupakan salah satu unsur terpenting dalam pertanian. Untuk itu, irigasi merupakan program strategis agar lahan persawahan petani tidak terhalang.”

Ali Jamil, Direktur Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Departemen Pertanian, mengatakan irigasi pipa bisa menjadi solusi di musim kemarau. “Sebagai bagian dari pengelolaan air, irigasi perpipaan ini memastikan air selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian, termasuk di musim kemarau. Sehingga produksi pertanian sama sekali tidak terhambat,” kata Ali.

Ali berharap masyarakat sekitar dapat menjaga dan memaksimalkan kemampuan irigasi perpipaan ini. “Tidak hanya produksi dan produktivitas meningkat, tetapi juga meningkatkan pendapatan petani,” katanya.

Rahmanto, Direktur Irigasi, Sekretariat PSP, Departemen Pertanian, berharap para petani dengan segala kemampuan dapat merawat dan memanfaatkan irigasi perpipaan ini sesuai kebutuhan. “Saya merekomendasikan agar bantuan pemerintah ini dikelola dan dikelola dengan baik agar bermanfaat bagi semua petani,” katanya.

Dengan begitu, Rahmanto berharap pendanaan pemerintah terus berlanjut dan bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Seperti diketahui, petani tani pertanian telah menggunakan pertanian cerdas untuk mengelola lahan dan irigasi mereka.

Baca Juga:  Tips menjadi kolektor tas Hermes oleh Rininta Christabella.

Di Agroative Farm, dukungan irigasi pipa direalisasikan sepanjang 6 km dan dibangun secara padat karya dengan seluruh anggota kelompok tani. Sedangkan sumber airnya diambil dari mata air di desa Shintenjaya.

Air ini diberikan untuk mengairi produk hortikultura yang terdiri dari berbagai sayuran pasar besar termasuk kangkung, horenzo, brokoli, tomat, sawi putih, selada, tomat sapi, buncis bayi Kenya, kepala selada dan selada romaine. Supermarket dan ekspor Singapura.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Irigasi dari Kementerian Pertanian membuat pertanian pertanian Lembang lebih berdaya saing.

Dari Situs Fikrirasy ID