Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020

Jakarta (ANTARA) – Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 dengan mengalahkan Singapura 4-2, diperkuat delapan pemain, dengan tiga kartu merah pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. sabtu malam di national stadium singapore..

Dalam partai yang harus melalui babak tambahan, gol Indonesia dicetak oleh Ezra Walian, Pratama Arhan dan bek Shawal Anuar serta Egy Maulana Vikri bunuh diri. Di sisi lain, Singapura mempersempit kesenjangan skor dengan gol dari Song Ui-young dan Shadan Sulaiman.

Dua pemain Singapura yang diusir keluar lapangan adalah Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan kiper Hassan Sunny.

Indonesia berhak menempati posisi pertama karena leg pertama berakhir 1-1. Garuda menjadi final Piala AFF keenam setelah meraih hasil serupa tanpa kemenangan pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Read More: Timnas Indonesia bermain 1-1 melawan 10 pemain Singapura di babak pertama.

Leg kedua berlangsung ketat sejak menit pertama. Benchmarking Egy Maulana dan Elkan Baggott, Indonesia bermain agresif, menekan lawan dari lini depan.

Strategi ini membuat Singapura kesulitan mengalirkan bola dan Indonesia memimpin pada menit ke-11. Berawal dari upaya Alfeandra Dewangga memblok aliran bola Singapura, bola mengarah ke Witan Sulaeman yang meluncur di antara bek lawan.

Witan yang hanya berhadapan dengan kiper, mengirim bola ke tengah kotak penalti tempat Ezra Wallian menunggu dan memasukkannya ke dalam gawang.

Read More: Shin Tae-yong menempatkan 3 bek tengah dan membukukan Elkan-Egy.

Setelah 0-1, Singapura ingin seri. Upaya mereka terhambat setelah bek Safuwan Baharudin mendapat kartu merah akibat kartu kuning kedua pada menit 45+3.

Namun, mengingat kekurangan pemain, Singapura mampu membuat imbang.

Tepat 45+4 menit setelah tendangan bebas, MF Song Eui-young dalam situasi kacau menembak bola melewati pertahanan Indonesia untuk membuat kedudukan menjadi 1-1.

Baca Juga:  Kakek dan paman yang diperkosa bergantian di Padang menjadi tersangka

Menit 66 setelah turun minum, Singapura melakukan pukulan kedua ketika Irfan Fandi diusir langsung wasit karena melakukan pelanggaran di wilayahnya di depan kiper.

Setelah bertanding dengan 9 pemain, Singapura memimpin 2-1 setelah Shahdan Sulaiman mencetak gol tendangan bebas di menit ke-74 babak pertama.

Terkejut dengan gol tersebut, para pemain Indonesia lolos dari tekanan melalui gol utama Arhan pada menit ke-87 babak pertama. Skor kembali 2-2.

BACA JUGA: Egy Maulana Antara “The Jet Lag” vs Singapura v. Pertandingan Kritis

Singapura bisa saja memenangkan pertandingan jika Nadeo Argawinata tidak memblok tendangan penalti Fariz Ramli pada menit 90+1. Hasil imbang 2-2 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Pada babak pertama perpanjangan waktu, pasukan pelatih Shin Tae-yong memperbesar keunggulan dengan gol bunuh diri DF Shawal Anouard pada menit ke-91 babak pertama.

Skor menjadi 4-2, dan pada menit 105+2 Egy Maulana memanfaatkan bola liar di depan gawang Singapura untuk mencetak gol.

Di babak kedua, Indonesia yang memimpin dalam kelompok dua orang melanjutkan serangan ke Benteng Singapura. Hal ini mau tidak mau membuat Singapura melakukan pelanggaran yang salah satunya berujung pada tiga kekalahan beruntun yang diberikan kartu merah kepada kiper Hassan Sunny pada menit ke-119. Hassan menyerang Irrfan Jaya, yang berlari sendirian di luar kotak.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir pertandingan.

Di babak final, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang semifinal melawan Thailand dan Vietnam. Leg kedua semifinal akan digelar pada Minggu (26/12). Thailand menang 2-0 di leg pertama.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Rizky Ridho (65′, Elkan Baggott), Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga (107′, Alfeandra Dewangga), Asnawi Mangkualam Bahar (Kapten), Rachmat Irianto (94′, Evan Di Ricky) (66′, Egy Maulana), Ramai Rumakiek (65′, Irfan Jaya), Witan Sulaeman, Ezra Walian (54′, Hanis Saghara).

Baca Juga:  Megawati Raih 'Lifetime Achievement Award' di CNBC Indonesia Awards

Singapura: Hassan Sunny-pg, Nur Adam Abdullah (105′, Tajeli Salamat), Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, Zulqarnen Suzliman, Hami Syahin (60′, Shawal Anuar), Eui-Young Song (71′, Amirul Adli), Shahdan Sulaiman, Hariss Harun (Kapten), Hafiz Nor (60′, Fariz Ramli), Amy Recha (60′, Ikhsan Fandi).

BACA JUGA: Pelatih Singapura Tahu Keberadaan Egy Maulana

Reporter: Michael Shiahan
Editor: Handoko Tegu
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020

Dari Situs Fikrirasy ID