IKN Nusantara adalah mesin baru penggerak perekonomian Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Rancangan undang-undang tentang ibu kota disahkan menjadi undang-undang oleh rapat paripurna DPR RI. Nantinya, IKN baru itu akan diberi nama Nusantara.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Direktur Bappenas, Suharso Monoarfa, mengatakan selama hampir dua bulan membahas RUU IKN, pansus mendengarkan pandangan dan pendapat banyak pihak, mulai dari pakar masyarakat hingga kunjungan lokal.

Dia mengatakan, “Setelah penyusunan dan pembahasan RUU ini, konsultasi dan audiensi publik diadakan dengan universitas, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, adat dan agama, dan kami mendengarkan keinginan daerah melalui kunjungan lokal.” Laporan Pemerintah Sidang Umum IKN, Selasa (18/1/2022).

Pemerintah IKN disepakati dalam bentuk Pemerintah Daerah (Pemdasus) khusus yang dilaksanakan melalui otoritas IKN. Terkait dengan nama IKN, Nusantara dipilih karena dapat menggambarkan konseptualisasi wilayah geografis Indonesia sebagai pulau-pulau penyusun yang dihubungkan oleh laut.

Kata Nusantara juga merupakan pengakuan terhadap keragaman geografis yang disertai dengan pluralisme budaya.

“Jadi Nusantara adalah sebuah konsep terpadu yang merangkul kekayaan kebhinekaan di Indonesia. IKN dengan nama Nusantara merepresentasikan kekayaan kebhinekaan Indonesia, menjadi modal sosial yang memajukan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan, dan masa depan yang maju Menuju Indonesia yang tangguh dan berkelanjutan.”

Menurutnya, ada delapan prinsip dalam Master Plan IKN. Pertama, desain sesuai dengan kondisi alam. Kedua, Bhinneka Tunggal Ika. Ketiga, terkoneksi, aktif dan mudah diakses.

Baca Juga:  Mantan penyidik ​​KPK Stephanus Robin Patouju divonis 11 tahun penjara

Keempat, emisi karbon rendah. Kelima, bulat dan kasar. Keenam, aman dan murah. Ketujuh, nyaman dan efisien melalui teknologi. Kedelapan, kesempatan ekonomi untuk semua.

Pelaksanaan pembangunan modal dan relokasi akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan sinergi rencana pembiayaan dan kesinambungan keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“IKN akan menjadi mesin perekonomian Kalimantan dan memicu penguatan rantai nilai domestik di kawasan timur Indonesia. Perkembangan IKN akan menempatkan Indonesia pada posisi yang lebih strategis dalam jalur perdagangan global, arus investasi dan inovasi teknologi. IKN juga akan berfungsi sebagai model untuk pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dengan menerapkan teknologi terbaru.”

[Gambas:Video CNBC]

(Nyonya/Nyonya)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel IKN Nusantara adalah mesin baru penggerak perekonomian Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID