Elon Musk Akan Bayar Rp 158 T, Terbesar Sepanjang Sejarah!

Jakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk akan mendapatkan tagihan pajak yang besar tahun ini. CEO Tesla dan SpaceX akan membayar pajak tertinggi dalam sejarah AS sebesar US$11 miliar, atau Rp 158 triliun (dengan asumsi Rs 14.400/US).

“Bagi mereka yang penasaran, saya akan membayar pajak lebih dari $11 miliar tahun ini,” tweet Musk pada Senin.

Namun, angka ini mendekati perkiraan CNBC Internasional Musk akan membayar total pajak sebesar $12 miliar pada tahun 2021.

Musk telah menjual saham Tesla senilai $14 miliar sejak awal November. Ini terjadi setelah Musk bertanya kepada pengikutnya dalam jajak pendapat Twitter apakah dia harus menjual 10% sahamnya. Jawaban dari polling tersebut adalah “ya”.

Musk kemungkinan akan mulai menjual saham karena ia diketahui menghadapi pungutan pajak yang besar atas opsi saham Tesla. Opsi saham yang diberikan Musk pada 2012 akan berakhir pada Agustus tahun depan. Untuk melakukannya, ia harus membayar pajak penghasilan atas keuntungan tersebut.

Alih-alih menerima gaji atau bonus tunai, kekayaan Musk berasal dari kompensasi saham dan kenaikan harga saham Tesla.

Saham Tesla telah jatuh sejak jajak pendapat Twitter Musk, tetapi masih sangat berharga. Sahamnya naik 28% tahun ini.

Ketika Musk menginginkan uang tunai, dia hanya meminjam uang dengan menggunakan saham perusahaan sebagai jaminan. Namun, beberapa politisi mengkritik praktik tersebut sebagai celah pajak bagi orang kaya.

awal tahun ini, ProPublica Musk dan beberapa miliarder telah menerbitkan survei yang menemukan bahwa mereka tidak membayar pajak penghasilan untuk pemerintah federal AS pada tahun 2018.

Antara tahun 2014 dan 2018, Musk membayar pajak sebesar $455 juta atas penghasilannya $1,52 miliar, tetapi kekayaannya tumbuh sebesar $13,9 miliar selama waktu itu.

Baca Juga:  Sambut Pilkada 2024, Demokrat DKI Akan Berdayakan Organisasi Sayap Tingkatkan Voting

berdasarkan Forbes, Musk bernilai lebih dari $ 244 miliar di atas kertas, menjadikannya orang terkaya di dunia.

Musk bisa menunggu hingga tahun depan untuk membayar tagihan pajaknya, tetapi itu berpotensi berarti tarif pajak yang lebih tinggi di bawah RUU pembangunan kembali Demokrat yang lebih baik.

[Gambas:Video CNBC]

(tfa/tfa)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Elon Musk Akan Bayar Rp 158 T, Terbesar Sepanjang Sejarah!

Dari Situs Fikrirasy ID