Efek Samping Vaksin COVID-19 pada Anak: Efek Samping, Gejala dan Pengobatannya

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Pemerintah aktif melakukan program melalui Kementerian Kesehatan atau Kementerian Kesehatan. Vaksin covid-19 Untuk anak usia 6-11 tahun. bagaimana dengan pertanyaan? Efek samping vaksin Corona 19?

efek samping

Program ini untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona pada anak-anak. Adapun, Vaksinasi anak-anak Ini akan dilaksanakan secara bertahap di tingkat provinsi dan kota.

Seperti yang dijelaskan oleh covid19.go.id, anak-anak, sama seperti orang dewasa, dapat mengalami tanda-tanda efek samping setelah vaksinasi (KIPI).

Gejala pada anak

Anak-anak mungkin mengalami gejala berikut setelah divaksinasi COVID-19:

  • nyeri lengan setelah disuntik
  • sakit kepala
  • Nyeri otot
  • nyeri sendi
  • menggigil
  • mual atau muntah
  • kelelahan
  • Demam yang ditandai dengan suhu tubuh lebih dari atau sama dengan 37,8 derajat Celcius
  • gejala mirip flu
  • 1 sampai 2 hari tremor

Namun, orang tua disarankan untuk tidak panik jika anak mereka mengalami salah satu gejala di atas setelah mendapatkan vaksin COVID-19. Orang tua cukup melakukan pengobatan sejak dini.

Penanganan awal masalah ini termasuk membantu anak-anak beristirahat. Jika perlu, anak bisa minum antipiretik.

selalu terhidrasi

Cobalah untuk menjaga anak Anda terhidrasi dengan minum banyak air. Jika anak Anda merasa sakit di tengah suntikan, terus gerakkan lengannya dan biarkan dia menggunakannya seperti biasa.

Juga disarankan agar orang tua tidak khawatir tentang keamanan vaksin COVID-19 untuk anak-anak. Pasalnya, vaksin COVID-19 untuk anak telah melalui uji keamanan jangka panjang.

Baca Juga:  Menjelang Hari Pahlawan, BRI bekerjasama dengan taruna tahun 1947 menggelar pameran kreatif dalam negeri.

Dimulai di Fikrirasy.ID.co, dr. Mei Neni Sitaresmi, Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengatakan beberapa anak yang divaksinasi Covid-19 akan mengalami efek samping. Namun, biasanya hanya muncul dalam bentuk gejala ringan, seperti yang telah dijelaskan pada uraian sebelumnya.

Meskipun demikian, dr. Mei Neni mengatakan, gejala yang muncul setelah vaksin biasanya tidak disebabkan oleh vaksin itu sendiri. Namun, ini karena efek stres terkait vaksin.

Dalam hal ini, orang tua berperan penting dalam meminimalisir efek samping. Vaksin covid-19 Pada anak-anak. Orang tua harus mengatur agar anak-anaknya divaksinasi dan mengikuti proses penyaringan dengan jujur.

Naomi A. Nugraheny
Baca juga: Apakah vaksin Covid-19 benar-benar mempengaruhi siklus menstruasi?

selalu Pembaruan informasi terbaru. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Efek Samping Vaksin COVID-19 pada Anak: Efek Samping, Gejala dan Pengobatannya

Dari Situs Fikrirasy ID