Di G20, Presiden Indonesia memprioritaskan arsitektur kesehatan global

Jakarta (ANTARA) –
Arsitektur kesehatan global menjadi salah satu prioritas Indonesia dalam kepresidenan G20 yang akan diselenggarakan Indonesia pada 2022.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Siaran Pers Tahunan (PPTM) Menlu 2022 yang dipantau di Jakarta, Kamis.

“Negara ketua G20 Indonesia 2022 juga diharapkan dapat menjadi katalisator pemulihan ekonomi global akibat pandemi COVID-19,” kata Retno.

Fokus ini merupakan salah satu dari tiga fokus Indonesia dalam Kepresidenan G20, bersama dengan Transformasi Energi dan Transformasi Digital.

Indonesia juga berharap G20 dapat menjadi katalisator pemulihan global dan kerja sama konkrit yang bermanfaat bagi negara berkembang.

Dalam pertemuan ini, ia menekankan ketimpangan vaksinasi COVID-19 menurut data World Health Organization (WHO), dengan 41 negara yang tingkat vaksinasi COVID-19 tidak mencapai 10% dan 98 negara dengan tingkat vaksinasi. Kurang dari 40%.

Indonesia juga terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin di semua negara, termasuk COVAX. fasilitas.

“Pandemi COVID-19 mengajarkan kita bagaimana meningkatkan ketahanan kesehatan nasional dan global. “Kerja sama jangka panjang diperlukan, termasuk penguatan infrastruktur kesehatan nasional dan industri kesehatan di bidang obat dan vaksin,” kata Menlu.

Baca Juga: Menlu RI Serukan Penguatan ASEAN di Tengah Berbagai Tantangan
Selengkapnya: Menkes: Wabah membuka peluang kerjasama global untuk memperkuat sistem kesehatan.
Baca Selengkapnya: Presiden Jokowi Dorong Penguatan Sistem Keamanan Kesehatan Global.

Baca Juga:  Angka kematian anak pada ngengat tidak terkait dengan vaksin dan harus diperiksa ulang.

Reporter: Arya Cindiara
Editor: Atman Adiat
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Di G20, Presiden Indonesia memprioritaskan arsitektur kesehatan global

Dari Situs Fikrirasy ID