BMKG: Waspadai hujan lebat dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pada Minggu tentang kemungkinan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah Indonesia pada Minggu.

Situasi yang dilansir di laman www.bmkg.go.id, kemungkinan melanda sebagian wilayah Sumatera, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua).

BMKG juga telah mendeteksi dinamika atmosfer terbaru, menunjukkan gelombang Kelvin dan gelombang Losvi di Indonesia utara dan Indonesia timur. Pada pola angin juga terjadi konvergensi sehingga angin bertemu dan melambat di Sumatera Selatan, Selat Makassar, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Laut Flores.

Situasi ini menyebabkan penambahan massa udara lembab yang signifikan ke wilayah tersebut.

Situasi di beberapa ibu kota provinsi hari ini ditandai dengan cuaca mendung, hujan deras disertai kilat dan angin kencang.

Selengkapnya: BMKG: Aceh masih hujan selama 3 hari ke depan.

Untuk wilayah Sumatera kemungkinan cuaca mendung di wilayah Padang;
Hujan ringan terjadi di Pekanbaru, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, dan Bandar Lampung. Di Medan, Tanjung Pinang, dan Bengkulu berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Banda Aceh diperkirakan memiliki peluang hujan dan badai petir.

Untuk wilayah Jawa berpeluang berawan dan cerah di Serang, DKI Jakarta, dan Yogyakarta. Di wilayah Semarang dan Surabaya berpotensi hujan ringan. Di Bandung berpotensi hujan sedang.

Baca Juga:  88,76 juta orang menerima dosis kedua vaksin COVID-19.

Wilayah Denpasar berpotensi hujan disertai hujan ringan, hujan sedang di wilayah Mataram, serta kilat dan angin kencang di wilayah Kupang.

Untuk wilayah Kalimantan, berpotensi hujan ringan di wilayah Palangkaraya dan Samarinda. Potensi hujan dan petir berpotensi terjadi di wilayah Pontianak, Tanjung Selor dan Banjarmasin.

Sulawesi akan diguyur hujan di Palu, Mamuju, Gorontalo, Makassar dan Kendari. Sementara itu, wilayah Manado berpotensi hujan.

Di wilayah Ternate dan Jayapura berpotensi hujan ringan. Kemungkinan hujan disertai petir dan angin kencang terdapat di wilayah Manokwari dan Ambon.

BACA JUGA: BMKG Peringatkan Hujan Deras Akan Banjiri Kepulauan Riau
Baca Selengkapnya: Jakarta akan berawan pada 1 Januari 2022.
BACA JUGA: Cuaca cerah di kota-kota seantero Tanah Air menyambut hari pertama tahun 2022.

Wartawan: Andi Firdaus
Redaktur: M. Hari Atmoko
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Terimakasih Ya sudah membaca artikel BMKG: Waspadai hujan lebat dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID