Yandex Browser Rusia : Kelebihan, Kekurangan dan Fiturnya

Yandex Browser dapat dijadikan alternatif sebagai search engine atau mesin pencarian di dunia maya. Kamu sekalian mungkin belum pernah membaca atau mendengar nama Yandex, apalagi menggunakannya. Hal tersesbut wajar saja karena mesin pencarian yang satu ini kurang populer.

Terutama di negara-negara Asia, khususnya Indonesia. Kamu pasti sudah sering menggunakan Google di gadgetmu untuk mencari atau mendapatkan informasi yang diinginkan di dunia maya. Pasalnya, gadget berbasis Android sebagai pengusung Google memang banyak digunakan disini.

Wajar saja jika gadget seperti smartphone sudah ada bebeapa aplikasi bawaan, seperti Google, Play Store, atau yang lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi pabrikan tersebut tanpa repot mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan.

Padahal mesin pencarian Yandex tidak kalah hebatnya dengan Google, Bing, atau nama beken lainnya. Kamu yang belum mengenal Yandex bisa membaca artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan informasinya yang menarik. Siapa tahu kamu tertarik menggunakannya.

Mengenal Yandex Browser Lebih Dekat

Mengenal-Yandex-Browser-Lebih-Dekat

 

Perlu kamu ketahui bahwa Yandex merupakan nama sebuah perusahaan besar asal Rusia yang bergerak di bidang teknologi. Lebih fokus memberikan pelayanan jaringan internet bukan hanya di negara Rusia saja, tetapi sudah ke mancanegara.

Yandex menciptakan berbagai produk teknologi, seperti aplikasi navigasi, periklanan online, eCommerce, mesin pencarian di internet, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, Yandex sudah populer di negara Rusia dan sekitarnya.

Maka dari itu, tidak heran jika produk-produk ciptaannya di bidang teknologi sudah sangat dikenal masyarakat Rusia. Tak terkecuali, mesin pencarian Yandex yang sudah biasa digunakan masyarakat disana saat ingin mendapatkan informasi yang diinginkan.

Di Rusia Yandex lebih dikenal dan dipakai banyak orang dibanding Google. Meskipun secara global masih kalah bersaing dengan Google, Bing, atau Yahoo. Namun, Yandex bisa diandalkan khususnya oleh masyarakat Rusia yang tidak ingin ketagihan dengan teknologi buatan luar negeri.

Jadi, masyarakat di Rusia sangat paham mengenai nasionalisme dengan salah satu caranya menggunakan produk buatan negeri sendiri. Dalam hal ini, yaitu mesin pencarian Yandex. Tentu saja juga didasari oleh kebijakan politik dan ekonomi pemerintah disana.

Sudah pasti ada kelebihan, kekurangan, serta pernak-pernik di dalam mesin pencarian ini sebagai daya tari tersendiri untuk para penggunanya. Kamu yang ingin coba menggunakannya juga harus mengetahui detail informasinya agar tidak merasa kecewa di kemudian hari.

Fitur-Fitur Menarik di Yandex Browser

Kamu sudah mengenal perihal Yandex sebagai nama perusahaan besar asal Rusia yang juga  menciptakan mesin pencarian bernama sama. Kamu tentu ingin mengenal mesin pencarian tersebut sebelum coba menggunakannya.

Seperti halnya mesin pencarian lainnya, seperti Google atau Yahoo. Yandex juga mempunyai beragam fitur menarik yang ditawarkan untuk para penggunanya di seluruh dunia. Jadi, mesin pencarian Yandex memang bisa diaplikasikan oleh semua orang di pelosok dunia.

Baca Juga:  6 Alasan Belanja di Marketplace Lebih Asyik

Tak terkecuali kamu yang berasal dari Indonesia. Ada beberapa fitur menarik yang perlu kamu ketahui di mesin pencarian Yandex. Tiap fitur ada fungsinya tersendiri yang bisa digunakan untuk tujuan tertentu.

Untuk lebih jelas dan detailnya, silahkan membaca uraian berikut.

Yandex.Browser

Yandex-Browser

Sebuah layanan browsing untuk mencari dan mendapatkan banyak informasi dengan cara mengaplikasikan mesin pencariannya. Fungsinya sama dengan Google, tetapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangannya yang menjadi pembeda.

Misalnya, dari penampilan situs pencariannya di internet. Selain itu, teknologi yang digunakan dirancang seperti Google Chrome, yaitu berdasarkan Chromium. Kamu akan mengetahui perbedaannya sendiri saat menggunakannya.

Yandex.Connect

Yandex.Connect

Sebuah layanan B2B dari Yandex yang lebih condong ke konektivitas di jaringan internet yang bermanfaat untuk banyak orang. Secara umum, fitur yang satu ini memang tidak begitu dianggap bermanfaat, tetapi akan terasa saat kamu menggunakan fitur-fitur lainnya.

Yandex.DNS

Yandex-DNS

Sebuah layanan DNS publik gratis yang dirilis oleh Yandex untuk semua penggunanya tanpa terkecuali. Benar-benar gratis alias tanpa dipungut biaya apapun itu.

Yandek.Disk

Yandek.Disk_

Sebuah layanan penyimpanan digital oleh Yandex. Fungsinya mirip Google Drive, tetapi versi Yandex.

Yandex.Images

Yandex-Images

Sebuah mesin pencari khusus gambar dari Yandex. Kamu dapat mencari gambar yang diinginkan dengan mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu ataupun menggunakan gambar.

Yandex.Mail

Yandex-Mail

Sebuah layanan email atau surat elektronik yang tidak memiliki batasan penyimpanan. Selain itu, gratis digunakan oleh semua pengguna Yandex. Fungsinya mirip Google Mail atau Gmail.

Yandex.Money

Yandex-Money

Sebuah layanan pembayaran digital dari Yandex antar penggunanya. Dengan menggunakan layanan tersebut, tiap pengguna dapat mentransfer uang dalam jumlah tertentu tanpa biaya tambahan alias gratis.

Yandex.Taxi

Yandex-Taxi

Sebuah layanan transportasi dari Yandex yang menghubungkan penggunanya dengan perusahaan jasa taksi di Rusia. Konsepnya mirip taksi online dengan perantara pihak ketiga.

Yandex.Translete

Yandex-Translete

Sebuah layanan terjemahan teks secara online. Fungsinya mirip Google Translete.

Yandex.Video

Yandex-Video

 

Sebuah layanan pencarian video oleh Yandex yang bisa diakses oleh para penggunanya.

Cara Mengunduh, Menginstal, dan Menggunakan Yandex Browser

Cara-Mengunduh-Menginstal-dan-Menggunakan-Yandex-Browser

Sebelum bisa menggunakan mesin pencarian Yandex, kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasinya terlebih dulu. Pasalnya, aplikasi Yandex tidak ada atau bukan bawaan pabrik, seperti mesin pencarian Google atau Yahoo yang sudah terinstal di smartphone berbasis Android.

Maka dari itu, kamu harus mengunduh file aplikasinya dulu. Setelah itu, kamu perlu menginstal aplikasinya di gadgetmu masing-masing, seperti smartphone, personal computer (PC), laptop, tablet, atau yang lainnya.

Setelah diunduh dan diinstal, barulah kamu bisa menggunakan browser Yandex sebagai mesin pencarian. Untuk lebih jelasnya mengenai langkah-langkah yang disebutkan tersebut, silahkan kamu sekalian membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Cara Download Yandex Browser

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan saat ingin mengunduh aplikasi browser Yandex, yaitu sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan, yaitu mengunduh Disini file mesin pencarian Yandex. Kamu yang menggunakan gadget berbasis Android mungkin bisa menemukan aplikasi.
Baca Juga:  Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan Mudah 2021

Cara Menginstal Yandex Browser

Setelah berhasil diunduh filenya, kamu dapat segera menginstalnya di gadgetmu. Dikarenakan aplikasinya tidak diunduh dari Play Store, maka kamu harus menginstalnya secara manual dengan cara atau langkah tertentu.

Kamu yang sudah pernah menginstal aplikasi dengan cara manual semacam itu silahkan saja dipraktikkan. Namun, kamu yang belum mengetahui caranya baca dulu cara menginstal file Yandex Browser berikut.

  • Siapkan gadgetmu dulu, lalu buka menu setting atau pengaturan. Setelah itu, kamu pilih keamanan untuk mengaktifkan bagian penginstalan dari sumber yang tidak diketahui. Maksudnya, kamu dapat menginstal file aplikasi yang didapatkan mengunduh dari sumber luar, seperti situs atau website.
  • Dengan mengaktifkannya, kamu bisa menginstal Yandex Browser di gadgetmu. Selanjutnya, kamu buka folder hasil unduhan di bagian download. Lalu, cari nama Yandex yang berstatus sebagai file aplikasi. Jika sudah ketemu, klik saja nama atau ikonnya agar penginstalan dimulai.
  • Kamu tunggu saja proses penginstalannya hingga selesai. Setelah itu, kamu sebaiknya merestart gadgetmu dulu sebelum membuka aplikasi Yandex. Tujuannya agar aplikasinya dapat digunakan lebih optimal serta merefresh sistem komputerisasi di gadgetmu.
  • Setelah direstart, silahkan membuka aplikasi Yandex Browser di gadgetmu. Kamu dapat menggunakan dan memanfaatkan aplikasinya sebagai search engine untuk mencari berbagai informasi yang diinginkan, seperti fungsi Google.

Cara Menggunakan Yandex Browser

Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui cara menggunakan dari mesin pencarian Yandex. Percuma saja kamu sudah mengunduh dan menginstalnya, tetapi belum bisa mengaplikasikannya. Maka dari itu, kamu harus mengetahuinya agar dapat memanfaatkan mesin pencarian tersebut.

Sebenarnya cara menggunakannya mirip dengan mesin pencarian lainnya di internet, seperti Google, Yahoo, Bing, atau yang lainnya. Kamu yang sudah terbiasa memakai search engine tentu mudah menggunakan Yandex. Untuk lebih jelasnya, baca uraian di bawah ini.

  • Siapkan gadetmu dulu dan buka Yandex Browser dengan mengklik gambar, ikon, atau tulisannya. Biasanya, ikon Yandex akan muncul di layar gadget setelah kamu instal.
  • Setelah terbuka halaman utamanya, kamu dapat segera menggunakan mesin pencariannya disitu. Kamu ketikkan saja informasi, data, atau apapun itu di kolom pencariannya. Lalu, tekan search atau OK dan tunggu beberapa saat.
  • Deretan situs atau website berisi informasi yang kamu inginkan akan dimunculkan. Selanjutnya, kamu dapat memilih dan membukanya satu per satu hingga menemukan informasi yang diinginkan.
  • Kamu mungkin khawatir mesin pencarian Yandex menggunakan pengantar atau berisi bahasa Rusia. Pasalnya, Yandex memang berasal dari negara tersebut. Tak perlu khawatir karena bahasa pengantarnya tetap menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
  • Namun demikian, bahasa Rusia tetap ada di pilihan dalam pengaturannya. Jadi, kamu bisa menggunakan mesin pencarian Yandex dengan mudah dan praktis, seperti saat memakai Google. Selain itu, kamu belum terbiasa menggunakannya dalam aktifitas keseharian.
  • Jika sudah terbiasa, pasti juga mudah dan tidak ada masalah berarti. Maka dari itu, silahkan untuk mencobanya.
Baca Juga:  9 Cheat FF Apk Dijamin Ampuh untuk Menang, Serba Auto!

Kelebihan dan Kekurangan Yandex Browser

Kelebihan-dan-Kekurangan-Yandex-Browser

Sekarang, kamu sudah banyak mengenal tentang Yandex sebagai mesin pencarian untuk aktifitas browsing di dunia maya. Kamu juga sudah bisa menggunakannya untuk mendapatkan beragam informasi yang diinginkan.

Namun demikian, kamu juga perlu mengetahui bahwa search engine yang satu ini juga mempunyai kekurangannya. Pada dasarnya, tiap aplikasi yang diciptakan manusias tidak ada yang sempurna. Pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dimilikinya.

Begitu juga dengan Yandex yang memilikinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mengetahuinya lebih detail sebagai bahan pertimbangan yang bermanfaat. Berikut informasi selengkapnya.

Kelebihan Yandex Browser

Ada beberapa kelebihan alat pencarian Yandex, yaitu sebagai berikut.

  • Kemampuan mesin pencariannya cukup bagus meskipun masih kalah dengan Google.
  • Tampilan interfacenya lumayan keren dengan bergaya seperti majalah yang banyak halamannya.
  • Pengguna Yandex di wilayah Eropa khususnya negara Rusia dan sekitarnya begitu tinggi. Oleh karena itu, Yandex bisa menjadi saingan berat untuk Google atau browser lainnya di Eropa.
  • Menu navigasi di mesin pencariannya cukup lengkap serta mudah dipelajari oleh para pengguna pemula. Dengan begitu, mereka bisa lebih cepat menggunakannya.
  • Mesin pencarian Yandex memiliki sistem algoritma yang cerdas, sehingga mampu menampilkan informasi yang cukup lengkap dan akurat bagi para penggunanya.

Kekurangan Yandex Browser

Selain kelebihan yang sudah kamu baca diatas, mesin pencarian Yandex juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut.

  • Salah satu kekurangan yang dapat dilihat, yaitu loadingnya terlalu lama untuk sekelas mesin pencarian. Namun demikian, lama tidaknya loading di sebuah sistem aplikasi juga ditentukan oleh kestabilan jaringan internet yang digunakan.
  • Sebagian pengguna kesulitan dalam menjalankan navigasinya. Mungkin mereka orang luar Rusia yang menggunakan bahasa pengantar Rusia, sehingga sulit memahaminya.
  • Alat pencarian yang satu ini tidak direkomendasikan bagi kamu sekalian yang menggunakan gadget berspesifikasi rendah. Sementara untuk gadget berspesifikasi menengah ke atas, direkomendasikan dan cocok mengaplikasikan Yandex.
  • Tidak menutup kemungkinan masih ada virus, spam, atau malware di dalam mesin pencariannya. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk memindai dengan antivirus terbaik dan terupdate saat kamu melakukan proses pengunduhan dan penginstalan file aplikasinya di gadgetmu.
  • Algoritma yang dimiliki Yandex belum bisa menyaingi miliknya Google. Namun demikian, bukan tidak mungkin pihak Yandex selalu berinovasi untuk memperbarui sistem di mesin pencariannya. Tak terkecuali pada algoritmanya.
  • Cakupan index data dan informasi yang dimiliki Yandex juga belum sedetail Google. Oleh karena itu, Yandex dikatakan masih kalah oleh Google.

 

Kamu sudah membaca informasi tentang Yandex Browser secara lengkap dan detail. Kamu dapat menindaklanjutinya seperti yang diuraikan diatas jika menginginkannya dan mau mencobanya. Jadi, jangan pernah takut mencoba yang baru. Selamat mencoba.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Yandex Browser Rusia : Kelebihan, Kekurangan dan Fiturnya Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://rsddrsoebandi.id/yandex-browser/