Inilah sebabnya mengapa laptop saya tidak dapat membaca flash drive

Alasan flash disk tidak terbaca[Ilustrasi: Pixabay]

Fikrirasy.ID – Seiring perkembangan zaman, media penyimpanan eksternal seperti flash drive (flash drive) semakin kecil dan semakin besar kapasitasnya.

Bahkan Fashdisk saat ini sudah mencapai 1TB. Tentunya dengan kapasitas sebesar ini, Anda dapat menyimpan banyak file sekaligus, termasuk aplikasi, game, foto, video, musik, dokumen, dan lainnya.

Namun, terkadang ketika saya menghubungkan Flashdisk dengan laptop saya tidak membaca data di dalamnya sama sekali. Tentu saja di titik ini Anda akan malu karena data penting yang perlu Anda ambil sudah ada di flashdisk.

Untuk itu anda perlu mengetahui penyebab Flashdisk tidak terbaca di laptop anda untuk mendapatkan solusinya.

Alasan Flashdisk tidak terbaca di laptop

virus atau malware

Virus atau malware merupakan masalah serius yang sering dijumpai pada sistem operasi laptop khususnya Windows, karena software dapat merusak hardware.

Selain membuat dokumen dan foto Anda hilang, virus atau malware juga bisa membuat data di flash drive tidak terbaca, biasanya di laptop. Anda dapat memindai perangkat Anda menggunakan aplikasi antivirus atau antimalware populer seperti Norton, McAfee, BitDefender, Avast, AVG, dll.

Di sisi lain, jika aplikasi anti-virus atau anti-malware Anda tidak dapat mengatasinya, Anda perlu memformat ulang Flashdisk agar sistem dapat kembali normal. Namun, penting untuk dicatat bahwa ketika menggunakan metode pemformatan ulang, Anda harus menyerahkan data pada Flashdisk.

port usb kotor

Umumnya port USB memiliki bentuk persegi panjang yang cukup besar, sehingga mudah menempel pada debu dan kotoran. Apalagi jika Anda meninggalkan flashdisk di mana saja, tentunya mudah terkena debu pada konektor yang disertakan dengan portnya.

Untuk alasan ini, Anda mungkin ingin mencoba membersihkan port USB Flashdisk terlebih dahulu. Setelah merasa bersih, tancapkan ke port USB laptop Anda. Membaca data dengan sukses berarti masalahnya sebenarnya disebabkan oleh port USB yang kotor.

Masalah driver USB

Untuk laptop yang sudah ada sejak lama, sistem operasi biasanya mengalami berbagai masalah, termasuk driver USB yang terkadang bermasalah.

Jika laptop sistem operasi Windows Anda tidak dapat membaca data Flashdisk, Anda dapat mengunjungi opsi pengontrol Universal Serial Bus di Device Manager. Jika Anda melihat lampu peringatan kuning saat flashdisk terhubung, itu berarti masalah tersebut disebabkan oleh driver USB.

Baca Juga:  4 Cara Memindahkan WhatsApp ke Ponsel Baru 2021

Anda dapat menghapus atau meng-uninstall driver USB untuk Flashdisk terlebih dahulu. Kemudian pasang kembali Flashdisk untuk membiarkan Windows memuat ulang driver. Jika data masih tidak dapat dibaca, masalah lain mungkin telah terjadi.

port usb rusak

Port USB laptop juga bisa rusak jika sering dihubungkan ke berbagai perangkat seperti flash drive, hard drive eksternal, printer, mouse, dan pengontrol game.

Laptop biasanya memiliki beberapa port USB sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungkan beberapa perangkat sekaligus. Untuk itu anda bisa mencobanya satu per satu sampai anda bisa membaca data Flashdisk di laptop anda.

Namun jika masih tidak bisa membaca datanya, Anda bisa mencoba menghubungkan Flashdisk ke laptop lain. Port USB laptop Anda mungkin rusak ketika data dari flashdisk dapat dibaca oleh laptop lain.

flashdisk rusak

Flashdisk saya colok ke banyak laptop tetap tidak terbaca sama sekali. Flashdisk mungkin mengalami kerusakan perangkat keras yang serius dan Anda perlu membeli perangkat baru.

Ada beberapa tempat di mana Anda dapat memperbaiki Flashdisk Anda, tetapi kerusakan pada perangkat keras biasanya sulit dilakukan. Secara umum, beberapa produsen Flashdisk juga menawarkan garansi penggantian baru jika terjadi kerusakan.

Dengan kata lain, Anda perlu bersiap jika data pada flash disk tidak dapat disimpan dan tidak dapat dipulihkan. Suka atau tidak, Anda perlu membeli Flashdisk baru.

flashdisk palsu

Kini semakin banyak beredar flashdisk palsu dari merek ternama yang memiliki body dan warna yang hampir identik dengan flashdisk aslinya.

Biasanya flash disk palsu terlihat menggiurkan karena kapasitasnya yang besar, namun harganya lebih murah dari biasanya. Ternyata body atau boxnya memiliki tulisan yang besar, namun kapasitasnya semakin mengecil saat membaca dari sistem.

Misal di body Flashdisk palsu tertulis 128GB, tapi sebenarnya kapasitasnya hanya 8GB. Selain itu, secara umum kualitas flash drive palsu tidak begitu baik, karena komponennya tidak terjamin.

Untuk semua alasan ini, Anda harus secara berkala menyimpan data penting Anda ke penyimpanan cloud jika flash disk Anda rusak pada waktu yang tidak terduga.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Inilah sebabnya mengapa laptop saya tidak dapat membaca flash drive

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment