Buat akun Gmail khusus anak untuk perangkat Android yang digunakan oleh anak-anak. (Google Family Link Bagian 1) – Smart Digital Parent

Situasi pandemi COVID-19 saat ini telah membuat pelaksanaan kegiatan sehari-hari secara online. Hal ini terutama dirasakan dalam kegiatan pendidikan, hendaknya siswa menggunakan gadget dalam kegiatan belajarnya demi keselamatan dan keamanan bersama dari penyebaran COVID-19.

Di satu sisi, penggunaan gadget oleh siswa berarti mereka dapat melanjutkan aktivitas belajarnya. Namun di sisi lain, ada banyak kekhawatiran orang tua bahwa anak-anak mereka akan menggunakan perangkat secara tidak terbatas dan akan sulit untuk diawasi. Penyedia layanan gadget berbasis Android Google telah memberikan kemampuan untuk memantau gadget anak melalui fitur aplikasi Google Family Link. Aplikasi Google Family Link menyediakan banyak fitur untuk mengontrol dan mengawasi perangkat anak-anak. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak yang memiliki perangkat sendiri dan tidak meminjam perangkat orang tuanya.

Untuk menggunakan aplikasi pengontrol Google Family Link, ada beberapa syarat:

  1. Perangkat smartphone/tablet berbasis Android hanya untuk anak-anak (minimal Android versi 7.0 atau lebih tinggi)
  2. Akun Gmail pribadi khusus anak yang ditautkan ke akun Gmail orang tua. Tutorial ini akan menunjukkan cara membuat akun Gmail khusus untuk anak-anak.
  3. Instal aplikasi “Google Family Link for Parents” di perangkat smartphone/tablet orang tua Anda yang berbasis Android

Tutorial ini menunjukkan cara membuat akun Gmail pribadi untuk perangkat Android anak Anda. Untuk mempermudah, buat akun Gmail menggunakan PC/laptop. Pertama, buka aplikasi browser Internet atau browser Internet seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera. Masukkan “gmail.com” di kolom pencarian dan klik “Enter”. Saat beranda Gmail.com terbuka, klik tombol “Buat Akun” di sudut kanan atas layar.

Kemudian akan muncul form awal untuk membuat akun baru. (1) Masukkan nama depan dan belakang anak Anda. (2) Nama akun Gmail yang diinginkan, jika nama akun tersebut sudah dimiliki oleh orang lain, Google akan memberikan nama alternatif untuk akun lain tersebut. Atau, Anda dapat mencoba mengubah nama akun yang diinginkan hingga Anda mendapatkan nama akun yang dapat digunakan. (3) Masukkan kata sandi akun gmail dua kali. Kemudian (4) klik “Selanjutnya”.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan data tambahan. (1) alamat email orang tua, (2) tanggal lahir anak; Tanggal lahir anak harus dimasukkan sebagai usia anak di bawah 13 tahun.. Misalnya, sejak artikel ini ditulis pada tahun 2020, tahun maksimum kelahiran anak adalah tahun 2008.

Mengapa anak-anak harus berusia di bawah 13 tahun, berapa pun usia mereka yang sebenarnya? Syarat akun Gmail anak ditautkan ke akun Gmail orang tua adalah anak harus berusia di bawah 13 tahun. Selain itu, dengan kontrol orang tua penuh, Google Family Link hanya berfungsi dengan akun Gmail dengan anak-anak di bawah usia 13 tahun. Jika Google mendeteksi bahwa seorang anak berusia di atas 13 tahun, kami sebagai orang tua tidak berwenang untuk mengontrol perangkat anak tersebut menurut Google. Kemudian (3) isikan jenis kelamin anak. (4) Klik tombol “Next” setelah selesai.

Jika Google mendeteksi bahwa anak Anda berusia di bawah 13 tahun karena Anda telah memasukkan tanggal lahir anak Anda, Google akan meminta kami sebagai orang tua/wali untuk memverifikasi email anak Anda untuk membuat email. Seperti pada halaman sebelumnya, masukkan alamat email orang tua dan klik tombol “Next”.

Kemudian, ketika Google membuat akun Gmail untuk anak-anak, itu menampilkan syarat dan ketentuan untuk kita sebagai orang tua. Gulir ke bagian bawah perjanjian ini dan klik persyaratan (1) dan (2) dan klik tombol “Berikutnya”.

Untuk memverifikasi bahwa akun Gmail kami sebagai orang tua benar-benar milik kami, Google meminta Anda untuk memasukkan kata sandi akun Gmail Anda. Masukkan kata sandi akun Gmail Anda di kolom yang disediakan (1) dan klik tombol “Berikutnya” (2).

Selanjutnya, Google akan menampilkan halaman informasi tentang apa saja yang dapat dikontrol orang tua di perangkat anaknya. Gulir ke bawah tampilan halaman dan klik tombol.

Di halaman berikutnya, Google akan memberi Anda konfirmasi untuk memulai layanan grup keluarga dan klik tombol “Terima”.

Setelah itu, Google akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi informasi akun anak Anda yang Anda tulis sebelumnya. Jika data yang ditulis sudah benar, cukup klik tombol “Next”.

Setelah semuanya selesai, yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan kepada kami halaman terakhir dan menekan tombol “Lanjutkan”.

Google kemudian akan secara otomatis membuka halaman akun Gmail Anda. Ini menandakan bahwa akun Gmail pribadi anak kita telah dibuat.

Demikian tutorial ini dapat bermanfaat dan bermanfaat bagi kita semua. Pada tutorial berikutnya, saya akan menunjukkan cara mengatur perangkat Android anak Anda agar dikontrol oleh Google Family Link dari perangkat Android orang tua.

Jangan lupa untuk mengikuti kami di akun Twitter kami dan menyukai kami. @smartdigiparent dan facebook kami orang tua digital cerdas Informasi dan tutorialnya bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang agar lebih banyak teman, saudara dan orang lain yang tahu. Terima kasih!!



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Buat akun Gmail khusus anak untuk perangkat Android yang digunakan oleh anak-anak. (Google Family Link Bagian 1) – Smart Digital Parent

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment