6 Tips Membuat Rempeyek Renyah dan Gurih

6 Tips Membuat Rempeyek Renyah dan Gurih

fikrirasy.id – 6 Tips Membuat Rempeyek Renyah dan Gurih. Orang Indonesia umumnya merasa kurang sempurna jika makan tanpa kerupuk. Selain kerupuk, rempeyek juga kerap dicari untuk menambah cita rasa makanan. Umumnya rempeyek yang paling enak adalah yang renyah dan gurih.

6 Tips Membuat Rempeyek Renyah dan Gurih

Tapi tahukah kalian cara membuat rempeyek yang renyah ,enak dan gurih? Sebenarnya caranya tidak sulit. Ada tips sederhana yang bisa diikuti di bawah ini.

1. Perhatikan komposisi tepung

Bahan utama rempeyek adalah tepung beras. Namun jika ingin mendapatkan rempeyek yang lebih renyah, bisa ditambahkan sedikit tepung tapioka atau tepung sagu. Nantinya tekstur rempeyek akan terasa lebih renyah. Pastikan juga tepung yang digunakan sudah diayak terlebih dahulu dan memiliki kualitas terbaik. Jangan bau apak.

2. Jangan membuat adonan terlalu kental

Komposisi tepung terigu, air (atau santan), dan bumbu seperti ketumbar, bawang putih, kencur, kemiri, dan garam harus benar-benar serasi. Setidaknya saat dicolek dan dituang ke dalam minyak panas, adonan akan mengalir dengan mudah tanpa membuatnya terlalu encer.

3. Gunakan wajan anti lengket

Selain menggunakan minyak goreng yang banyak, wajan yang digunakan juga pilih yang anti lengket. Untuk mendapatkan tekstur rempeyek yang renyah dan tipis, gunakan wajan yang berbentuk cekung.

4. Jangan Terlalu Banyak Menuangkan Adonan Renyah dalam Sekali Goreng

Agar matang merata dan menghasilkan tekstur renyah yang sama, jangan menuangkan adonan selai kacang terlalu banyak. Ambil adonan remahan dengan menggunakan sendok, lalu tuang ke dalam loyang mulai dari pinggir hingga membentuk bulatan tipis, tuang secukupnya jangan terlalu banyak dan rempeyek ditumpangkan di atas kubangan minyak.

Baca Juga:  Cara hemat kuota saat nonton youtube dengan mudah

5. Variasikan Isinya

Bisa juga memvariasikan isi rempeyek. Misalnya mencampurkan ikan teri dan kacang tanah. Sesuaikan kepekatan agar nanti hasilnya bisa matang merata dan lebih renyah.

6. Simpan dalam toples dengan tutup rapat

Agar kerenyahannya tetap terjaga, simpan rempeyek dalam toples dengan tutup yang rapat. Utamanya disimpan dalam wadah tertutup agar tidak mudah lembek.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membuat rempeyek yang renyah dan gurih. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment