Unira luncurkan kendaraan listrik ramah lingkungan

Fikrirasy.ID.CO, Bandar Lampung – Universitas Lampung (Unila) semester 1 diluncurkan mobil listrik Itu bernama Unila Electric Vehicle (EVU 01). Mobil tersebut merupakan hasil karya para instruktur dan mahasiswa di kampus.

“Mobil listrik ini tidak dibuat oleh pabrikan asli, tetapi oleh tim manufaktur kendaraan listrik Unira,” kata wakil presiden urusan umum dan keuangan. Unila Profesor Asep Sukohar dari Bandar Lampung pada Kamis 13 Januari 2022.

Dia mengatakan bahwa peluncuran kendaraan listrik ini Pemanasan global Memenuhi penilaian Green Metric UI dan mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

“Kalau melihat mobil listrik, bodinya agak sedikit bergelombang. Ini karena di dalamnya ada material alami yang dibenamkan salah satunya serat bambu. Tentunya ini sangat mendukung program UI Green Matric dan SDG.” dia berkata

Ia berharap program kendaraan listrik ke depan tidak berhenti di situ dan terus memperbaiki kekurangan yang ada. Jadi kami berharap keberadaan kendaraan listrik terus berkembang dan meningkat kualitasnya.”

“Mobil listrik sudah menjadi ide sejak 2015,” kata Martinus, ketua tim tim kendaraan listrik Unira. Pada saat itu, tantangan dari wakil presiden kedua saat itu mengarah pada penciptaan mobil empat tempat duduk. Di sana kami membentuk tim untuk melakukan penelitian dan membangun kendaraan listrik dan alhamdulillah terwujud,” ujarnya.

Martinus yang juga dosen teknik mesin Unila menjelaskan bahan ramah lingkungan digunakan dalam proses pembuatan kendaraan listrik.

“Tubuhnya menggunakan serat alam, rami dan daun bambu. Lembarannya terbuat dari sabut kelapa sesuai dengan alam. Hal ini dilakukan karena kami memiliki serat alam khusus, namun masih dengan pengolahan yang minim,” jelasnya.

Apa yang perlu dia lakukan selanjutnya, katanya, adalah memperluas ekosistem, mengisi bahan bakar energi surya dan mempelajari turunannya. Ia mengatakan, “Studi ini menarik dan saya pikir ke depan akan lebih banyak lagi dosen dari berbagai bidang yang akan berpartisipasi dalam penelitian kendaraan listrik.”

Baca Juga:  Top 3 berita techno kemarin: Ancaman lain dari Semeru akibat penurunan Covid-19

Spesifikasi Kendaraan Listrik EVU 01

1. Motor listrik: 3KW
2. Torsi: 70Nm
3. Rasio roda gigi: 1:10 dan 1:20
4. Panel surya: 100Wp
5. Baterai: 60 volt 45 ah
6. Kecepatan tertinggi: 50km/jam
7. Rentang: 100-150km
8. Berat: 400kg
9. Tubuh: Daun Rami dan Bambu

di antara

Untuk membaca:
Itenas mengembangkan kendaraan listrik militer yang menyediakan meriam peluru 3 kg.

selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Unira luncurkan kendaraan listrik ramah lingkungan

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment