Top 3 Techno News Kemarin: Berita Gempa Nias dan 2 Semeru

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Top 3 Berita Techno Kemarin, Sabtu 18 Desember 2021, Informasi Dimulai gempa bumi Jumat, 17 Desember 2021 pukul 21:38 WIB di Nias, Sumatera Utara pada malam hari. Gempa berkekuatan 4,3 terjadi, tetapi pusat gempa berpusat di sebidang tanah yang sangat dangkal yang hanya berjarak 1 km.

Dua kabar lainnya datang dari Gunung Semeru. Pertama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berjanji menambah alat pemantau aktivitas vulkanik. Di luar itu, itu akan menjadi peningkatan dari apa yang dia sebut ‘standar’.

Kabar kedua dari Semeru adalah penjelasan alasan meningkatnya aktivitas di pegunungan. Dari peringatan ke peringatan. Diantaranya adalah aliran lidah lava dari kawah yang memanjang hingga 2 km dan berpotensi menimbulkan awan panas longsor.

Berikut teks lengkap top 3 berita tekno Sabtu, 18 Desember 2021.

Satu. Gempa darat dan dangkal mengguncang Nias. Ini data BMKG.

Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) mencatat: gempa bumi Jumat, 17 Desember 2021 pukul 21:38 WIB di Nias, Sumatera Utara pada malam hari. Meski berkekuatan 4,3, pusat gempa sangat dangkal, hanya 1 km dari daratan.

BMKG menyebutkan, pusat gempa terletak tepat 15 kilometer tenggara Nias. Kekuatan impak diukur hingga Fikrirasy.ID MMI III di Gunungsitoli, wilayah Nias dan wilayah Nias Barat. Fikrirasy.ID MMI III standar adalah gambaran gempa yang dapat dirasakan di dalam rumah seolah-olah truk lewat.

Ilustrasi gempa. Reuters

BMKG tidak menjelaskan lebih lanjut mekanisme penyebab gempa dan dampaknya. Namun, menurut catatan BMKG, gempa tersebut merupakan gempa ketiga yang dirasakan sepanjang Jumat. Dua gempa sebelumnya terjadi pada pagi hari.

2. Menteri ESDM berjanji menambah dan meningkatkan peralatan monitoring Semeru

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Menteri Arifin Tasrif Komitmen Penambahan Alat Pengamatan Gunung Semeru. Di luar itu, itu akan menjadi peningkatan dari apa yang dia sebut ‘standar’.

Baca Juga:  Dirilis dengan kamera 50MP, Realme C25Y dibanderol dengan harga Rp 2,1 jutaan.

Dia mencontohkan kamera thermal imaging. Fasilitas atau alat ini akan ditambahkan di masa depan untuk membantu menentukan arah potensi. awan panas Rontok. “Saat ini baru bekerja di area yang terlihat spot-spotnya saja,” kata Aripin dalam keterangannya, Jumat, 17 Desember 2021.

Menteri ESDM Arifin Tasrif memantau aktivitas Gunung Semeru di Observatorium Gunung Api Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur pada Jumat, 17 Desember 2021. (ANTARA/HO-Humas Departemen ESDM)

Arifin mengatakan beberapa lokasi yang akan dipasang kamera thermal imaging antara lain di kawasan Besuk Kobokan. Jika Anda mengalami luncuran awan panas, Anda ingin suhunya segera diketahui.

3. Suasana Semeru: 2 km lidah lava, 8 juta meter kubik letusan pasir

Peningkatan Status Aktivitas Gunung Semeru Bekerja dari peringatan ke peringatan didasarkan pada data visual dan alat, serta pertimbangan potensi risiko. Diantaranya lidah lahar yang keluar dari kawah Gunung Semeru sepanjang 2 km dan berpotensi menimbulkan awan panas guguran.

Direktur Pusat Penanggulangan Bencana Geologi Vulkanik Kementerian Energi dan Mineral mengatakan, “Ruas 2 km terakhir biasanya tidak stabil dan runtuh dalam keadaan tidak stabil, yang menyebabkan awan panas turun.” Resources, Andiani, dalam konferensi pers online Jumat, 17 Desember 2021.

Tangkapan layar Andiani, Direktur, Pusat Mitigasi Bencana Vulkanik dan Geologi (PVMBG) saat konferensi pers online perkembangan terkini Gunung Semeru pada Jumat, 17 Desember 2021. (ANTARA/HO – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral)

Andiani mengatakan, longsoran awan panas terbesar sejak erupsi Semeru pada 8 Desember 2021 adalah 3,5 kilometer. Namun, mulai 14 Desember 2021, jarak peluncuran hot cloud akan bertambah. “Kemarin 16 Desember jarak luncur mencapai 4,5 km dan dalam satu hari ada tiga kecelakaan,” katanya.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Top 3 Techno News Kemarin: Berita Gempa Nias dan 2 Semeru

Dari Situs Fikrirasy ID