Rentetan Gempa Goyang Tobelo dan Halmahera Utara

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – seri gempa bumi Daratan dan perairan dangkal mengguncang Maluku bagian utara dan Halmahera bagian utara. Gempa terakhir dirasakan dua kali pada Senin pagi, 10 Januari 2022, dengan kekuatan masing-masing 5,2 dan 5,5.

Menurut data Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 04.27 WIB atau 06.27 waktu setempat, dan yang kedua terjadi 32 menit kemudian. Intensitas kedua gempa tersebut dapat dirasakan hingga Fikrirasy.ID IV MMI.

Anda dapat merasakan guncangan gempa pada Fikrirasy.ID itu Bahkan jika itu terjadi pada siang hari, oleh orang banyak di dalam rumah dan oleh beberapa orang di luar. Guncangan itu menyebabkan tembikar pecah, jendela dan pintu berderit, dan dinding berderit.

BMKG mencatat bahwa intensitas gempa terkuat diukur di Torbelo. Di beberapa lokasi lain, seperti Sofifi dan Galela, gempa berkekuatan IV MMI yang sama dirasakan dari gempa M5.5. Sedangkan lokasi Halmahera Barat mencatat intensitas yang sama dengan gempa M5.2.

Pusat gempa 1 dan 2 masing-masing adalah 4 km di barat daya Bukhal Mahera dan 5 km di barat laut. Kedalamannya sama pada 10 km.

Gempa bumi mengguncang Halmahera Utara pada Sabtu dan Minggu 8-9 Januari 2022. Pada gempa Sabtu sore, BMKG mencatatkan intensitas M5,1, terkuat terukur pada Fikrirasy.ID MMI III. Yakni, Tobelo, Jailolo, Ternate dan Weda. Pada gempa awal pada hari Minggu, intensitasnya adalah M4.5, lagi-lagi dengan getaran terkuat di Torvelo pada Fikrirasy.ID MMI III.

Baca juga:
Profesor Gempa: Gempa Lebih Kuat di Indonesia Timur



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Rentetan Gempa Goyang Tobelo dan Halmahera Utara

Dari Situs Fikrirasy ID