Pengertian, Jenis dan Tips Menghindarinya

Phishing adalah upaya untuk menyakiti. Nah, apakah Anda pernah mendengar atau mengetahui istilah phising? Taktik berbahaya membutuhkan keakraban dengan dunia digital. Aktivitas yang tergolong kejahatan atau serangan siber tentu saja memiliki akibat yang serius bagi korbannya. Jika Anda familiar dengan istilah ini, apakah Anda pernah mengalaminya? Jika sudah dan masih bingung bagaimana cara menghindari serangan seperti ini lagi, yuk simak lebih lanjut pembahasan kita tentang phishing!

Penjabaran dari phising

Phishing adalah aktivitas cybercriminal di mana pelakunya menyamar sebagai orang atau berasal dari organisasi yang terpercaya. Singkatnya, phishing juga dapat disebut sebagai kejahatan dunia maya yang menipu Anda untuk mendapatkan data sensitif, seperti kata sandi, dari akun Anda.

Dengan kemajuan teknologi, seperti kejahatan digital pengelabuan Kembangkan sayapmu lebih banyak. Selain itu, taktik yang digunakan untuk melakukan penipuan menjadi semakin Fikrirasy.ID. Sekarang banyak orang dapat dengan mudah membuat akun palsu menggunakan ID yang berbeda.

Penipuan ini lazim di email atau email. Pelaku akan membuat akun email yang terlihat seperti akun tepercaya dan menyebarkan tautan berbahaya ke perangkat Anda. Mungkin juga berisi file atau file yang mungkin berbahaya.

Mereka menggunakan akun palsu sebagai umpan untuk memancing korban. Katakan sesuatu untuk meyakinkan Anda. Jika Anda tertipu oleh taktik permainan agen phishing, mereka akan lebih dari bersedia untuk mengambil langkah-langkah untuk memberikan akses publik ke perangkat, akun, informasi pribadi pelaku, dan data pribadi sensitif lainnya.

Baca juga: Pentingnya SOC untuk Keamanan Jaringan Informasi

jenis phising

Selain aksi melalui email, serangan siber ini juga bisa dilakukan di media digital lainnya seperti media sosial, website, dll. Di bawah ini adalah deskripsi singkat tentang berbagai jenis phishing.

1. Email Phising

Sebagian besar penipuan yang dilakukan oleh scammers dilakukan melalui email. Phishing menggunakan e-mail telah menjadi taktik paling dasar dan menjadi pilihan banyak penjahat. Dalam eksperimen jenis ini, pelaku menggunakan akun palsu yang mirip dengan akun resmi dan terpercaya untuk mengirim email dengan perintah seperti memperbarui informasi pribadi, memverifikasi akun, dan mengubah kata sandi.

2. Phishing Seluler

memasukkan phishing seluler, bentuk serangan yang dilakukan dapat berupa SMS, pesan Fikrirasy.ID atau pesan menggunakan aplikasi lain. Tidak jauh berbeda dengan phishing melalui email yang menyertakan pesan notifikasi berupa perintah, phishing jenis ini juga merupakan pesan dengan notifikasi bahwa akun Anda telah kedaluwarsa atau telah disusupi oleh orang lain. Jangan lupa sertakan link tertentu yang mengandung malware berbahaya.

3. Phishing Fikrirasy.ID

Taktik serangan ini, dalam bentuk pesan Fikrirasy.ID, atau kadang disebut bishing, baik melalui fitur yang berhubungan dengan transfer Fikrirasy.ID atau melalui panggilan langsung. Serupa dengan tulisan, isi pesan dari pelaku tampak berupa bahasa kasar yang mendesak korban agar bersedia mengunjungi situs tertentu dan mengambil tindakan dari rekening banknya.

4. Phising Situs Web

Dalam kasus seperti ini, pelaku biasanya membuat situs palsu yang sangat mirip dengan situs resmi aslinya, dimana situs tersebut biasanya mendapatkan banyak pengunjung. Domain situs palsu ini juga berbeda dengan situs biasa. Pengguna akan percaya bahwa mereka mengunjungi situs nyata. Bahkan, yang lebih parah, mereka rela mengungkapkan identitas pribadinya, yang bisa menjadi awal dari pencurian identitas.

Baca juga: Ketahui apa itu doxing dan tips mencegah kejahatan dunia maya

Karakteristik phishing

Jadi, bagaimana Anda bisa membedakan antara pesan resmi asli dan pesan phishing? Phishing memiliki sifat yang dapat diidentifikasi, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan dasar-dasar dan tetap waspada terhadap ancaman phishing.

1. Kecenderungan terhadap ancaman dan tekanan

Tidak jarang membicarakan sifat phishing ini. Para pelaku cybercrime ini akan fokus pada ancaman dan tekanan untuk melakukan hal-hal yang akan berdampak negatif. Hal ini dilakukan dengan harapan mereka akan panik dan terburu-buru penerima pesan sehingga mereka dapat membuat keputusan yang kurang matang setiap saat.

2. Pola pesan

Phishing dapat segera diidentifikasi ketika sebuah pesan menampilkan penggunaan pola atau bahasa yang tidak pantas atau tidak pantas. Pola pesan para pelaku jenis ancaman siber ini biasanya membingungkan. Kesalahan ejaan dan tata bahasa juga merupakan indikasi pesan phishing. Karena, seperti yang kita semua tahu, perusahaan profesional perlu memahami bagaimana bahasa digunakan dan meminimalkan kesalahan ejaan.

3. Permintaan Mencurigakan

Pernahkah Anda menerima email atau pesan berisi perintah yang mengharuskan Anda mengambil tindakan dengan konsekuensi negatif tingkat tinggi? Jika demikian, kemungkinan besar pesan tersebut adalah pesan phishing.

4. Alamat web tidak cocok

Karakteristik lain dari pesan phishing yang mudah dikenali adalah konsistensi alamat web. Anda dapat melakukan ini dengan melihat alamat email, nama domain, atau tautan yang tercantum dalam pesan terkirim. Bahkan, jika nama domain dan alamat email Anda tidak cocok, Anda harus segera mengabaikan pesan tersebut.

Lantas, bagaimana cara menghindarinya?

Pertanyaan bagaimana menghindari kejahatan dunia maya yang satu ini pasti terlintas di benak Anda. Jangan khawatir, kami akan membahas beberapa metode prediksi yang dapat Anda terapkan untuk menghindari kejahatan phishing. Begini caranya!

1. Terapkan otentikasi dua faktor

Otentikasi ganda dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap ancaman dengan setidaknya satu taktik ini: memberikan akses resmi hanya jika pengguna memenuhi persyaratan otentikasi.

2. Aktifkan dukungan anti-virus

Selain otentikasi dua faktor, Anda harus menerapkan antivirus di perangkat Anda untuk meningkatkan keamanan. Periksa apakah antivirus Anda dapat secara otomatis mendeteksi risiko atau ancaman.

3. Buat kata sandi yang kuat

Memperbarui informasi akun Anda secara teratur juga dapat meningkatkan keamanan dan memberikan perlindungan tambahan terhadap phishing.

4. Memiliki Pengetahuan Phishing

Setidaknya, ini dapat membantu membedakan atau mengidentifikasi pesan mana yang asli dari otoritas tepercaya yang merupakan pesan phishing.

5. Pantau aktivitas digital secara berkala

Langkah-langkah ini juga dapat membantu meminimalkan risiko ditipu atau terjebak oleh taktik phishing. Selain memastikan mereka terbiasa dengan phishing, pastikan Anda tidak mengakses atau terjerumus pada taktik yang satu ini saat menggunakan alat perusahaan.

kesimpulan

Phishing adalah kejahatan dunia maya yang harus dihindari. Mengapa demikian? Pasalnya, efek tertipu taktik ini tidak sedikit. Jika Anda tidak terlalu sabar, identitas Anda, data pribadi, data rahasia, dan bahkan akun Anda dapat disusupi. Pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang kejahatan ini sehingga Anda dapat selalu waspada dan menghindarinya.

Sekawan Media menyediakan paket. Layanan pengembangan aplikasi berbasis web, aplikasi seluler, Situs webDan integrasi sistem. Kami menyediakan layanan lapangan digital di berbagai wilayah Indonesia. Hubungi pemasaran kami untuk menerima penawaran khusus.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pengertian, Jenis dan Tips Menghindarinya

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  CEO Menyangkal Kemungkinan Menjual Duo Bigetron Red Aliens Tachibana

Leave a Comment