Persiapan Membangun Organisasi Riset Kesehatan BRIN

Fikrirasy.ID – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang mempersiapkan organisasi riset di bidang kesehatan untuk memenuhi urgensi pemerintah Indonesia dalam pengembangan riset dan inovasi.

“Ini adalah tahap akhir atau tahap akhir. Sedang dibahas di BRIN, dan di dalam Badan Litbang Kesehatan nanti ada pusat penelitian yang akan diputuskan di KemenPAN-RB,” kata Plt. Iman Hidayat, Kepala Lembaga Penelitian Life Sciences BRIN (12 Januari 2021).

Ia menjelaskan, lembaga riset tersebut berencana mendapatkan persetujuan KemenPAN-RB pada akhir tahun. Dia ingin proses perencanaan berjalan lancar sehingga organisasi bisa berdiri dan berjalan pada 2022.

Ia mengatakan, “Saya berharap kemajuannya lancar karena merupakan pusat penelitian yang berhubungan langsung dengan masalah mendesak pemerintah, seperti kebutuhan pusat penelitian vaksin.”

Baca juga:
Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021 Berhasil Tarik 15.000 Pengunjung

Selain Pusat Penelitian Vaksin dan Obat, pihaknya berencana mendirikan beberapa pusat penelitian lain yang akan terintegrasi dengan pusat penelitian di sub bidang lain yang terkait dengan kosmetik, penyakit menular, dan penyakit tidak menular. Kementerian Kesehatan di dalamnya, seperti lembaga penelitian dan pengembangan (litbang).

“Jadi beberapa peneliti dari Kementerian Kesehatan akan pindah ke Brin dan mendirikan organisasi penelitian kesehatan di sana,” kata Profesor Lee Man.

Dikatakannya, karena masih dalam tahap pembahasan, pihaknya belum bisa menyebutkan secara detail pusat penelitian seperti apa yang akan diluncurkan. Pihaknya menyiapkan seluruh infrastruktur dan perangkat pendukung penelitian melalui berbagai skema pendanaan.

Baca Juga:  Gempa tengah malam mengguncang Kaimana dan Sorong di Papua Barat

Ke depan, menurut Iman, semua fasilitas nantinya akan terbuka atau terbuka untuk semua pemangku kepentingan sehingga perguruan tinggi dan BRIN, serta industri, memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan fasilitas penelitian.

“Fasilitas penelitian yang akan dibangun BRIN akan dibuka untuk mempercepat penelitian dan inovasi di Indonesia dengan membukanya kepada masyarakat umum, termasuk perguruan tinggi dan industri,” kata Iman. [Antara]

Baca juga:
BRIN Mendukung ASEAN dalam Pembuatan Roadmap AI



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Persiapan Membangun Organisasi Riset Kesehatan BRIN

Dari Situs Fikrirasy ID