Mengapa ular sering menjulurkan lidahnya dan mengapa lidahnya menyimpang?

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – berbicara tentang ular, pasti ada yang menyebutkan bahwa salah satu ciri dari hewan melata ini adalah sering menjulurkan lidah. Ketika seekor ular menjulurkan lidahnya, seolah-olah binatang itu akan memakan sesuatu tepat di depan matanya. Ular juga terlihat mengancam saat menjulurkan lidahnya. Jadi apa artinya ular menjulurkan lidahnya?

Mengutip dari livescience.com, ternyata saat ular menjulurkan lidahnya, ular tersebut mencoba untuk mengerti. lingkungan Untuk ‘mencicipi’ udara. Ular sudah memiliki lubang hidung, tetapi mereka juga menggunakan lidahnya untuk mendeteksi bau mangsa atau predator di sekitarnya.

Ular memiliki indera penciuman yang sangat baik yang mengimbangi keterbatasan penglihatan dan pendengaran mereka. Seperti yang dijelaskan di dickinsoncountyconservationboard.com, lidah ular memiliki cara penciuman yang sangat kompleks. Ketika seekor ular mendecakkan lidahnya, ia menggunakan lidahnya untuk mengumpulkan bau melalui partikel uap air kecil yang mengambang di udara.

Namun, ular memiliki semacam garpu di ujung lidahnya yang bisa menyerap kelembapan dari udara di dua tempat sekaligus. Garpu ini, dikutip dari Animals.mom.com, berfungsi untuk menjebak partikel bau yang melayang di udara. Garpu lidah ular ini dibawa ke dalam mulut ular, yang ditekan ke langit-langit mulut.

Partikel udara dikirim ke organ Jacobson. Organ ini bertanggung jawab untuk membaca informasi tentang bau udara dan mengirimkannya ke otak ular. Sebelumnya, lidah ular melewati dua lubang di langit-langit mulut saat memasuki mulut lagi. Kedua bukaan tersebut merupakan pintu masuk ke organ Jacobsons. Itu sebabnya ular memiliki lidah yang bercabang.

Ular akan menjulurkan lidahnya dalam kondisi tertentu. Seperti dilansir pawtracks.com, setidaknya ada tiga kondisi umum ular menjilat lidahnya. Pertama, saat ular makan. Ular sering menjentikkan lidahnya saat makan, terutama saat makanan masih hidup. Ular juga menggunakan lidahnya untuk berburu mangsa, mengikuti mangsanya melalui jejak bau.

Baca Juga:  Bukti Tsunami Banten 2018 Bukan Akibat Letusan Gunung Anak Krakatau

Kedua, saat ular kawin. Beberapa ular, terutama jantan, menjulurkan lidahnya beberapa kali untuk merasakan udara di sekitar pasangannya untuk melihat apakah mereka sedang kawin. Ketiga, mengidentifikasi sesuatu. Ular bertahan hidup dengan mengenali lingkungannya melalui penciuman. habitat biasanya.

Naomi A. Nugraheny

Untuk membaca: Selamat ulang tahun, Salman Khan digigit ular

Selalu up-to-date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Mengapa ular sering menjulurkan lidahnya dan mengapa lidahnya menyimpang?

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment