Mengapa gempa Jakarta terasa lebih kuat saat gempa Banten pada 14 Januari?

Fikrirasy.ID – Direktur Pusat Seismologi Teknis, Potensi Geofisika, dan Pertanda Waktu BMKG Rahmat Triyono mengatakan, wilayah Jakarta merasakan getaran yang lebih kuat saat terjadi gempa, termasuk gempa Banten 14 Januari yang disebabkan oleh kondisi tanah sedimen di ibu kota.

“Gempa yang dirasakan di Jakarta pada 14 Januari 2022 cukup kuat,” kata Rahmat, dikutip Antara. di antaraSelasa (25/ Januari 2022).

Gempa Banten terasa kuat di Jakarta meski jaraknya cukup jauh dari pusat gempa. Pusat gempa berada di dasar laut, 132 km barat daya Pande Glasi, pada kedalaman 40 km di Banten.

Ia mengatakan, guncangan kuat juga dirasakan di Jakarta saat terjadi gempa pada 7 Agustus 2019 dan 23 Januari 2018.

Baca juga:
Dampak Jakarta mencapai VIII MMI saat gempa besar terjadi di perairan megatrust Selat Sunda

Dampaknya terekam sensor accelerometer BMKG yang dipasang di ibu kota. Akselerometer mengukur tingkat benturan berdasarkan nilai percepatan getaran tanah. Satuannya adalah gal (g).

Menurut jaringan akselerometer BMKG, getaran yang dihasilkan di Balai Kota Jakarta saat gempa Banten 14 Januari adalah 2,5 galon.

Di Kemayoran, yang terletak di Jakarta Utara, akselerometer mencatat getaran sebesar 6,1 gal di lantai satu dan 22,6 gal di lantai 12. 12.

Dari data yang sama, diketahui bahwa nilai percepatan tanah maksimum lantai satu lebih besar saat Anda pergi ke utara. Fakta ini menunjukkan korelasi yang sesuai dengan kondisi tanah sedimen di Jakarta, di mana sedimen menjadi lebih tebal saat Anda pergi ke utara.

Selain itu, Rahmat telah memperbarui informasi ketahanan bangunan di Jakarta untuk merekomendasikan antisipasi gempa kuat di masa depan.

Baca Juga:  Berkurangnya dampak lahan sawah siklon tropis di luar Indonesia

Baca juga:
Tidak adanya gempa bumi besar di Selat Sunda menarik bagi para ilmuwan.

Rahmat mengatakan, perlu dilakukan kajian tentang perlunya pemutakhiran informasi status ketahanan bangunan di wilayah Jakarta dengan melakukan penilaian dari fakta gempa 14 Januari 2022 Banten Selatan.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Mengapa gempa Jakarta terasa lebih kuat saat gempa Banten pada 14 Januari?

Dari Situs Fikrirasy ID