Kita perlu mempersiapkan ketahanan ekonomi

Javaforce.com – Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengakui pandemi Covid-19 saat ini membuat Indonesia tidak bisa lepas dari tekanan ketidakpastian. Untuk itu, kita harus menghadapi tantangan global dengan mengambil langkah-langkah untuk memperkuat ketahanan ekonomi kita.

Luhut mengatakan tantangan global saat ini untuk sektor keuangan adalah likuiditas cenderung menurun karena kebijakan bank sentral AS. Oleh karena itu, Indonesia harus menyiapkan langkah dan strategi untuk bertahan dari berbagai serangan di sektor keuangan.

“Kita tidak bisa menghindari ketidakpastian. Kita hanya bisa mempersiapkan perekonomian Indonesia untuk menghadapi berbagai tekanan ekonomi,” kata Luhut berhipotesis, Selasa (25/1).

Luhut mengatakan, perubahan ekonomi bisa dijadikan amunisi untuk upaya pemulihan. Hal ini sejalan dengan tantangan global yang berkembang dan berubah secara dinamis.

Luhut mengatakan, perubahan ekonomi juga bisa mencerminkan sektor kesehatan yang dinilai mampu mengimbangi situasi saat ini. Jika sebelumnya Indonesia mengalami kelangkaan obat dan alat kesehatan pada masa transformasi delta, kini Indonesia dapat mereformasi sistem kesehatan nasionalnya.

“Saat ini banyak negara yang fokus pada hal yang sama karena tidak ingin terkurung dalam hegemoni China dan India sebagai pusat produksi narkoba,” ujarnya.

Editor: Mohammad Noor Ashkin

Reporter: Romeis Binekasri



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kita perlu mempersiapkan ketahanan ekonomi

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Pemerintah alokasikan Rp 6 triliun untuk program JKP bukan JHT