Lumpur Lapindo merupakan salah satu metode ekstraksi logam tanah jarang, menurut pakar kimia Unair

Fikrirasy.ID.CO, Jakartalogam tanah jarang Dikatakan telah ditemukan di Arus Lapindo di Sidoarjo. Ahli kimia Ganden Supriyanto di Universitas Airlangga (Unair), Departemen Sains dan Teknologi, mengatakan proses isolasi logam tanah jarang dari lumpur Lapindo memiliki metode tersendiri.

Hal ini karena lumpur rafindo diduga mengandung unsur lain serta logam tanah jarang. logam lain di dalamnya. “Nah, riset yang saya lakukan adalah membuat jebakan yang hanya memisahkan unsur tanah jarang,” ujarnya, seperti dikutip Fikrirasy.ID dari Jakarta. berita uniairSenin 31 Januari 2022.

Metode ini menggunakan senyawa polimer tercetak ion, yaitu, polimer yang digunakan untuk memilih logam tertentu. Ketika lumpur rafindo dilarutkan dalam air atau dihancurkan dengan polimer, hanya air yang tersisa.

Ini akan menjebak logam tanah jarang yang melewati medium. Logam tanah jarang jenuh dan dapat dipilih kembali untuk mendapatkan logam tanah jarang murni.

“Saya ambil skandium sebagai contoh. Jadi nanti saya akan mencetak skandium pada polimer. Kemudian saya mengeluarkan skandium yang dicetak dan meninggalkan polimer kosong. Polimer kosong adalah polimer yang mengandung rongga yang sesuai yang dapat diisi dengan skandium metal. ,” kata pengajar Kimia Analitik dan Kimia Lingkungan ini.

Karena penggunaan metode ini, disebut ekstraksi fase padat. zat penyerap dalam bentuk padat. Ketika digunakan dalam Fikrirasy.ID besar, semua logam tanah jarang seperti skandium dan litium dapat diakomodasi sepenuhnya dengan cara ini.

“Kalau dihitung harga per kilogram skandium, harganya sangat tinggi. Banyak negara yang tidak mengekspor logam tanah jarang karena penggunaannya sangat bermanfaat bagi kemajuan teknologi,” kata kimiawan Unair ini.

Menurut Ganden, hal ini disebabkan tingginya konsentrasi logam tanah jarang di beberapa daerah saja. Selain itu, ekstraksi atau pemisahan logam tanah jarang tidak mudah.

Baca Juga:  Definisi, ruang lingkup dan cara mengurangi risiko

“Memiliki wilayah dengan kandungan logam tanah jarang yang tinggi akan menjadi bahan perdebatan berbagai pihak,” ujarnya. Salah satunya adalah munculnya logam tanah jarang. Lumpur RafindoSidoarzo.

Amelia Rahima Sari

Baca juga: Ditemukan di Lumpur Lapindo, Apa Itu Logam Tanah Langka?



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Lumpur Lapindo merupakan salah satu metode ekstraksi logam tanah jarang, menurut pakar kimia Unair

Dari Situs Fikrirasy ID