Lagi-lagi Gunung Merapi memuntahkan awan panas hingga jarak 3 km.

Fikrirasy.ID.CO, Yogyakarta – Gunung Merapi Pada Rabu malam, 1 Desember 2021, kembali meletus dengan rentang awan panas longsor yang cukup panjang.

Pusat Penelitian Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) mengatakan malam ini setidaknya ada dua awan panas dari longsoran Merapi.

Gempa pertama pada pukul 20.00 WIB terekam di seismograf dengan amplitudo 62 mm dan durasi 186 detik, dengan jarak luncur sekitar 2,2 km ke arah barat daya.

“Kemudian terjadi pada pukul 21:04 WIB. awan panas Perwakilan BPPTKG Yogyakarta Hanik mengatakan, “Seismometer mencatat tambahan longsoran 3 km dengan amplitudo 41mm dan 702 detik di hulu Sungai Bebeng.” itu fuma.

Awan panas lebih dari 3 km terjadi sekitar 3 bulan yang lalu. Saat itu, Merapi mengeluarkan awan panas dari rangkaian longsoran terjauhnya, dengan jarak luncur maksimum 3,5 km, pada Senin pagi, 16 Agustus 2021.

Awan panas hanya muncul sesekali sepanjang November lalu, tetapi longsoran salju lahar Merapi pijar yang intens telah terjadi.

Sejak pukul 00.00 hingga 12.00 WIB pada 1 Desember tahun ini, Merapi menyemburkan lahar pijar setidaknya sembilan kali ke arah barat daya dengan jarak lari maksimum 1.800 m. “Masih standby,” kata Hanik.

Wikaxono Pribadi

Baca Selengkapnya: Gunung Merapi erupsi 1 awan panas dan 212 lahar pijar dalam seminggu.

selalu
memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukaninstalasi Pertama, aplikasi Telegram.

Baca Juga:  3 Syarat Daftar My Pertamina; Harus Sertakan Foto Mobil



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Lagi-lagi Gunung Merapi memuntahkan awan panas hingga jarak 3 km.

Dari Situs Fikrirasy ID