Gunung Awu paling mematikan keempat naik ke status siaga

Fikrirasy.ID.CO, berbeda – Administrasi Penanggulangan Bencana Daerah Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, mengkonfirmasi situasi saat ini Gunung Wow Dari Level I (Normal) ke Level II (Peringatan). Peningkatan status gunung api akan berlaku mulai pukul 12.00 WITA pada Minggu, 12 Desember 2021.

“Saya telah diberitahu bahwa aktivitas Gunung Awu meningkat dari normal menjadi alarm. Badan Geologi Departemen ESDM,” kata Direktur BPBD Sangihe, Wandu Labesi, di Tahuna, Kabupaten Sangihe, Minggu.

Wandu mengatakan kondisi waspada mencegah orang melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer dari puncak Gunung Awu. Saya minta masyarakat tetap tenang. “Masyarakat diharapkan bisa mengikuti arahan dari Badan Pengelola Daerah Kabupaten Sangihe,” ujarnya.

Gunung Awu di Pulau Sangihe secara geografis merupakan gunung berapi aktif paling utara di Indonesia. Puncak gunung berapi berada di 1.320 meter di atas permukaan laut dan mencatat letusan terakhir yang tercatat pada Juni 2004.

Secara historis, Ausan memiliki angka kematian tertinggi keempat di Indonesia setelah Tambora, Krakatau dan Kelud. Letusan 2004 menciptakan kolom letusan setinggi 2 km dari puncak dan meninggalkan kubah lava di kawah.

Hasil pemantauan terakhir menunjukkan peningkatan gempa vulkanik sejak Oktober. Gempa vulkanik dangkal tercatat pada kisaran 7-26 kejadian per hari, namun sebelumnya kejadian maksimum tercatat 5 kejadian per hari. Gempa vulkanik dalam juga diamati meningkat.

“Amplitudo seismik (RSAM) yang mencerminkan energi aktivitas vulkanik meningkat secara progresif dari November hingga saat laporan ini ditulis,” demikian keterangan tertulis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Administrasi Geologi dalam keterangan tertulis. Saya membaca hari ini.

Baca Juga:  Solusi Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi, Cek 12 Cara Mudah Ini

Selain Gunung Awu, Gunung Merapi juga menunjukkan peningkatan aktivitas melalui luncuran awan panas yang membentang hingga 2 km. Longsoran awan panas terjadi pada pukul 10.18 WIB.

Baca juga:
Serangkaian gempa bumi mengguncang kota Mazen pagi ini


selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Dari saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Gunung Awu paling mematikan keempat naik ke status siaga

Dari Situs Fikrirasy ID