Ulasan Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inch

Monitor yang lebih besar biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Seperti kebanyakan pendahulunya, Xiaomi ingin menawarkan solusi lagi dengan perangkat terbarunya yang disebut Mi Desktop Monitor 27 Inch.

Apa kelebihan monitor ini dengan harga kurang dari 250.000 won? Ayo.Lihat saja ulasannya!

desain minimalis modern

Seperti namanya, Monitor Desktop Mi 27 inci berukuran 27 inci. Ini lebih besar dari monitor Xiaomi sebelumnya, Mi Desktop Monitor 1C 23 inci. Jika Anda pernah melihat produk lain, Anda akan langsung akrab dengan desain Mi Desktop Monitor 27 inci.

Monitor desktop Mi 27 inci

Saya pikir desainnya dekat dengan minimalis modern. Bodinya cukup ramping dan bahannya terasa kokoh. Secara khusus, dudukan dan kaki logam dilapisi karet sehingga tidak mudah bergerak. Warna dominan hitam dengan finishing matte yang tidak mudah kotor dengan bekas jari.

Melihat tabel spesifikasi, monitor desktop Mi 27 inci memiliki berat sekitar 2,7 kg. Ini besar, tentu saja. Namun bagi saya, monitor ini tetap ringan dan mudah dipindahkan. Yang pasti Anda perlu menyiapkan meja yang cukup luas untuk menampungnya. Kakinya sendiri cukup tipis, sehingga tidak memakan banyak ruang, tetapi dapat menopang monitor dengan andal.

Mi Desktop Monitor 27″ memberikan kemudahan memasang dudukan saat pertama kali diluncurkan. Ini sangat mudah, tetapi Anda masih perlu menggunakan driver. Setelah memasang kaki, hanya sudut monitor yang dapat diatur ke atas dan ke bawah. Tingginya tidak bisa dimanipulasi.

Bagaimana dengan bezelnya? Atas, kiri dan kanan tipis. Seperti kebanyakan monitor lain di pasaran, bezel bawah lebih tebal dan memiliki satu lampu indikator di sebelah kanan. Tanpa itu, saya berharap bezel atas dan samping ini menjadi sangat tipis. Namun ternyata ada bilah hitam yang hanya terlihat setelah dinyalakan.

Lengkap dengan port dan tombol

Mi Desktop Monitor 27″ memiliki satu port HDMI 1.4, satu port VGA (D-Sub), satu port jack audio 3,5mm, dan port untuk daya. Tidak ada yang spesial. Memang terbatas, tapi cukup baik bagi saya pribadi. Jika Anda ingin menghubungkan dua perangkat melalui port HDMI, Anda dapat membeli aksesori yang disebut pengalih HDMI.

Semua port ada di kanan belakang. Selain beberapa port, terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai joystick untuk mengakses berbagai pengaturan. Sayangnya tidak ada fitur cable management yang membuat monitor ini menurut saya lebih menarik. Apalagi jika Anda ingin meja kerja Anda terlihat lebih bersih dari gangguan kabel.

Ya, ada satu kabel HDMI gratis dalam paket penjualan.

Panel IPS 75Hz

Itu harus digarisbawahi. Mi Desktop Monitor 27″ bukanlah monitor gaming. Penggunaan target lebih dekat dengan penggunaan sehari-hari untuk produktivitas dan Fikrirasy.ID. Itulah mengapa Anda tidak boleh mengharapkan kecepatan refresh yang tinggi dan waktu respons yang rendah di sini.

Menariknya, Mi Desktop Monitor 27 inci mengadopsi panel IPS. Resolusinya adalah 1920 x 1080 piksel dalam Full HD. Secara default, pengaturan kecepatan refresh adalah 60Hz. Namun ternyata Anda bisa meningkatkannya hingga 75Hz melalui pengaturan di Windows. Beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa kecepatan refresh 75Hz ini hanya dapat dicapai dengan menggunakan antarmuka HDMI.

Baca Juga:  Ponsel terjangkau dengan semua fitur, ulasan Samsung Galaxy A01

Lihat juga

Untuk penggunaan sehari-hari, monitor dengan response time 6ms cukup memuaskan. Tingkat kecerahannya juga cukup bagus, dan warna yang ditampilkan pada gamut warna 100% sRGB cukup bagus. Untuk pengeditan foto dan video standar (non-profesional yang membutuhkan akurasi warna sempurna), monitor desktop Mi 27 inci masih ideal.

Sudut pandang 178 derajat cukup lebar. Saya tidak melihat adanya penurunan kualitas gambar yang signifikan jika dilihat dari samping, atas, atau bawah. Hal ini memungkinkan Anda untuk berdiri tegak untuk tampilan yang bagus saat bekerja atau menonton film.

Bagi saya, ukuran layar 27″ juga memberikan pengalaman kerja yang lebih menyenangkan. Multitasking terasa lebih lancar karena Anda dapat langsung membuka beberapa jendela aplikasi dalam satu layar. Juga bagus untuk bermain game. Jika Anda ingin memainkan game AAA, refresh rate 75Hz sudah cukup.

Monitor desktop Mi 27 inci juga menawarkan beberapa mode yang dapat diakses melalui joystick di bagian belakang. Ada juga mode permainan yang hanya meningkatkan kecerahan dan kontras sejauh yang saya bisa lihat. Patut dicoba adalah mode cahaya biru rendah. Sangat berguna untuk menghindari ketegangan mata saat bekerja. Menurut Xiaomi, pelindung mata dari monitor ini sudah bersertifikat TUV Rheinland.

monitor 27 inci murah

Ya, Monitor Desktop Xiaomi Mi 27 inci saat ini termasuk dalam monitor IPS 27 inci termurah di pasar Indonesia. Ini bukan satu-satunya produk di kelasnya, tetapi merupakan pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan. Monitor desktop Mi 27″ sangat ideal untuk pengguna dengan anggaran terbatas dan menginginkan monitor entry-level besar sebagai layar desktop utama atau layar eksternal untuk laptop.

Mereka yang tertarik, Monitor Desktop Xiaomi Mi 27 inci Rp. Itu dijual seharga 2.499.000.

Keuntungan dari Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 inci:

  • Panel IPS 27 inci
  • Kecepatan refresh 75Hz
  • 100% sRGB
  • Desain minimalis cocok untuk ruang kerja modern
  • Pelindung mata untuk meredakan ketegangan mata
  • harga relatif murah

Kontra Monitor Desktop Xiaomi Mi 27 inci:

  • Port agak terbatas
  • Saya pikir akan lebih menyenangkan jika ada fungsi pengorganisasian kabel bawaan

Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 inci cocok untuk:

  • Siswa/Mahasiswa: Ukuran monitor yang besar membuatnya cocok untuk pekerjaan sekolah/perguruan tinggi.
  • Staf WFH: Terkadang bekerja dari rumah dengan layar laptop kecil dengan cepat menjadi melelahkan. Mi Desktop Monitor 27″ bisa menjadi pilihan tampilan eksternal yang ideal.
  • Gamer Kasual: Kecepatan refresh 75Hz masih bagus untuk gamer kasual. Secara umum, untuk game kompetitif yang menuntut fps tinggi, 75Hz agak kurang memuaskan.
  • Pembuat Konten: Untuk mengedit foto dan video sederhana sebelum diunggah ke Instagram atau YouTube, Mi Desktop Monitor 27″ sudah cukup.

Monitor Desktop Xiaomi Mi 27 inci

Xiaomi Mi Desktop Monitor 27-inci adalah salah satu monitor IPS 27-inci termurah yang tersedia saat ini.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inch

Dari Situs Fikrirasy ID