Cara Mudah Aktivasi dan Registrasi Kartu Telkomsel Prabayar 2022

Fikrirasy.id – Untuk kamu yang belum tahu cara aktivasi atau registrasi kartu telkomsel, tenang saja karena disini saya akan menjelaskan secara detail mengenai cara registrasi kartu telkomsel dengan benar, aman dan pastinya aman.

Kartu Telkomsel merupakan sebuah layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan juga sudah melayani masyarakat Indonesia sejak lama. Bahkan sampai saat ini masih banyak yang menggunakan kartu telkomsel meskipun operator lain sudah banyak yang bermunculan dengan layanan yang terbilang bagus juga.

Namun, saat ini pemerintah membuat sebuah peraturan untuk seluruh warga Indonesia agar melakukan aktivasi atau registrasi pada kartu yang digunakan. Tidak pandang bulu, bahkan pengguna kartu Telkomsel juga harus melakukan aktivasi kartu mereka agar tidak kena blokir.

Untuk registrasi kartu telkomsel sebaiknya kamu lakukan secepatnya agar kartu atau nomor telepon kamu tetap bisa digunakan alias tidak diblokir. Pengarahan untuk setiap kartu agar di aktivasi menggunakan kartu nik sebenarnya adalah untuk keamanan data kamu.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa sudah sangat banyak sekarang ini beredar penipuan melalui sms dan juga telepon. Untuk lebih lengkapnya, berikut saya akan membahas mengenai cara aktivasi atau registrasi Kartu Telkomsel dengan benar dan aman, simak panduan berikut.

Resiko Tidak Registrasi Kartu Telkomsel

Cara Mudah Aktivasi dan Registrasi Kartu Telkomsel Prabayar Terbaru

Pemerintah memberitahukan kepada setiap pengguna kartu semua operator agar melakukan aktivasi pada kartu mereka, hal tersebut dilakukan pemerintah agar bisa dengan mudah membasmi penipuan yang sedang maraknya melalui sms dan telepon.

Adapun resiko yang akan kamu dapatkan jika kamu tidak melakukan aktivasi pada kartu yang kamu gunakan, maka kartu tersebut akan terblokir hingga kartu kamu tidak dapat digunakan lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 3 daftar resiko yang terjadi pada kartu kamu jika tidak langsung melakukan registrasi.

  1. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui sms agar melakukan aktivasi kartu sebelum tanggal yang ditentukan, namun jika kamu tidak langsung mengaktivasi kartu maka kamu tidak dapat lagi menggunakan menu panggilan, dan jika sudah lewat waktu yang ditentukan maka kartu kamu akan langsung terblokir.
  2. Kamu tidak bisa lagi menggunakan menu SMS, sebelum kartu yang kamu gunakan ter-registrasi maka pesan yang kamu kirim melalui SMS kepada seseorang akan selalu gagal.
  3. Kamu tidak bisa lagi menggunakan Internet, bahkan jika kamu memiliki kuota yang banyak sekalipun kamu tidak akan dapat mengakses Internet karena kartu kamu belum di aktivasi.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Perlu diketahui bahwa ada dua perbedaan untuk cara melakukan registrasi, yakni cara aktivasi kartu untuk pengguna baru dan registrasi untuk pengguna lama kartu telkomsel.

Sebelum memulai, rekor.co.id memastikan bahwa ada syarat yang harus kamu sediakan agar bisa masuk ke tahap proses aktivasi atau registrasi kartu telkomsel. Yakni kamu harus menyiapkan KTP dan KK sebagai data yang akan diminta saat melakukan aktivasi.

Baca Juga:  Tukarkan kode ML pada 24 Desember 2021 untuk menerima item gratis.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kedua cara tersebut kamu dapat menyimak pada panduan yang akan saya bahas dibawah ini.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Registrasi Pengguna Baru Telkomsel

Jika kamu pengguna baru operator Telkomsel, baik kartu AS, Simpati maupun Loop sebagai nomor utama, maka ada cara tersendiri dan pastinya berbeda cara registrasi kartu yang sudah lama kamu gunakan.

Cara mudahnya melakukan aktivasi kartu telkomsel baru bisa kamu lakukan menggunakan menu SMS yang tersedia di Ponsel kamu. Untuk caranya, kamu bisa mengikuti panduan berikut sesuai dengan langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini.

  1. Pertama, buka menu atau aplikasi “SMS” pada ponsel yang kamu gunakan.
  2. Selanjutnya, pada kolom pesan silahkan masukkan tulisan “REG NIK#NomorKK#” untuk nomor NIK dan Nomor KK bisa dimasukkan sesuai dengan yang tertera pada “KTP/KK“ asli.
  3. Jika data yang kamu masukkan sudah benar, maka kamu dapat mengirim pesan tersebut ke nomor “4444“.
  4. Dan selanjutnya kamu akan menerima balasan bahwa kartu kamu sudah berhasil di aktivasi, maka dengan begitu kamu dapat menggunakan kartu seperti biasa lagi.

Registrasi Pengguna Lama Telkomsel

Jika kamu sudah menggunakan kartu telkomsel sejak lama, maka untuk cara registrasi ulang kartu telkomsel juga hampir sama seperti cara aktivasi kartu baru, namun ada sedikit kode yang harus kamu bedakan dan inilah yang membuat kedua cara tersebut berbeda.

Untuk aktivasi kartu lama juga bisa kamu lakukan melalui menu atau aplikasi SMS di ponsel kamu. Dan untuk lebih jelasnya,simak panduan berikut dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah.

  1. Pertama, silahkan kamu buka aplikasi atau menu “SMS” di ponsel kamu.
  2. Lalu, pada kolom pesan kamu ketikkan “ULANG NIK#NomorKK#” pastikan data atau nomor yang kamu masukkan sesuai dengan data yang ada pada “KTP/KK“ asli milik kamu.
  3. Setelah memastikan data kamu sudah benar, maka selanjutnya langsung saja kamu kirimkan ke nomor “4444“.
  4. Dan kamu akan langsung mendapatkan sms yang berisi kartu kamu sudah berhasil di aktivasi, dengan begitu kamu sudah bisa menggunakan kartu seperti biasa lagi.

Akhir Kata

Itulah cara tutorial lengkap mengenai cara aktivasi kartu Telkomsel dengan benar, baik untuk pengguna kartu baru maupun pengguna kartu lama. Cara registrasi kedua kartu tersebut sebenarnya sama saja, namun isi pesan atau data yang kamu kirimkan yang membuatnya berbeda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke situs Fikrirasy.id, terus pantau situs saya untuk mendapatkan update informasi terbaru lainnya.