Ulasan Razer Basilisk V3 – Mouse gaming yang sangat fleksibel dan kuat

Ulasan Razer Basilisk V3

Fikrirasy.ID – Razer, salah satu produsen produk gaming terkemuka, memperkenalkan generasi terbaru dari mouse gaming Basilisk V3.

Memiliki mouse gaming yang sesuai dengan selera Anda sangat penting untuk kenyamanan bermain game. Mouse gaming sudah menjadi suatu keharusan, terutama bagi mereka yang suka bermain secara kompetitif.

Oleh karena itu, Razer Basilisk V3 memiliki sejumlah fitur yang akan membantu Anda memainkan game dengan lebih optimal. Tentunya ada juga fitur yang membuat penggunaan sehari-hari semakin nyaman. Tapi pertanyaannya adalah, apakah Basilisk V3 pengganti yang baik untuk mouse saat ini?

Ulasan Razer Basilisk V3

  • desain – 9/10
  • Pertunjukan – 10/10
  • Karakteristik – 10/10
  • perangkat lunak – 10/10

9.8/10

kesimpulan

Razer Basilisk V3 sebenarnya ada sebagai perangkat game, tetapi fitur canggihnya membuat mouse ini lebih dari itu. Selain itu, desainnya yang ergonomis membuat genggaman terasa sangat nyaman di tangan.

Keuntungan

  • Desain ergonomis yang nyaman
  • Fungsi hyperscroll yang unik dan praktis
  • Respons akurat 26K .DPI
  • dapat disesuaikan sesuka Anda
  • RGB dengan Razer Chroma
  • Dilengkapi dengan berbagai fungsi yang berguna

kerugian

  • tidak ambidextrous
  • Rasa sentuhan yang tidak konsisten dari setiap tombol

Basilisk V3 memiliki desain ergonomis dengan lekukan yang dihitung dengan tepat di mana jari-jari Anda biasanya beristirahat. Bodi keseluruhan terbuat dari bahan yang bisa terasa kokoh, sehingga memiliki daya cengkeram yang baik.

Bodinya juga dilapisi dengan tekstur matte yang terasa lembut saat disentuh, dengan beberapa garis tekstur glossy yang membelah permukaan. Kabel dililit seperti kepang, tetapi dibungkus dengan bahan yang lebih fleksibel dan lembut.

Razer Basilisk V3 (1)

Tak lupa juga ada logo Razer di bagian belakang yang bisa jadi cerah. Bagian bawah mouse ini didekorasi dengan pencahayaan RGB, dan lampu warna-warni yang berkilauan menambah nuansa bermain game.

Basilisk V3 memiliki total 11 zona Razer Chroma RGB, yang tentu saja dapat Anda ubah atau sesuaikan dengan keinginan Anda. Meski hadir dengan pencahayaan RGB, desain mouse ini masih tergolong senyap, sehingga tetap terlihat elegan dalam kondisi apapun.

Sisi kiri dan kanan tubuh mouse juga dilapisi dengan tekstur karet untuk lebih mencengkeram jari Anda. Ini mencegah mouse agar tidak mudah tergelincir saat melakukan gerakan agresif dalam pertempuran sengit.

Basilisk Razer V3 (5)

Dengan berat hanya 101g, Basilisk V3 cukup ringan saat disimpan dalam tas mousepad. Distribusi bobotnya juga terbilang seimbang sehingga tidak ada satu bagian yang bias ke satu sisi.

Dimensi bodinya sendiri menurut saya berada pada spektrum yang cukup besar dibandingkan dengan ukuran tangan saya. Tapi ini berarti telapak tangan saya menempel dengan sangat baik dan tidak mengapung. Alhasil, Basilisk V3 terasa sangat natural di tangan Anda dan tangan Anda tidak mudah lelah.

Hal ini membuat Razer Basilik V3 nyaman tidak hanya untuk bermain game, tetapi juga untuk aktivitas komputasi sehari-hari. Selain itu, kaki mouse PTFE yang terpasang di dalamnya meluncur dengan sangat mulus di atas alas mouse untuk gerakan kursor atau bidikan yang konsisten.

Basilisk Razer V3 (6)

Fitur mouse gaming Razer DPI tinggi dapat dilihat kembali di Basilisk V3. Berbekal sensor 26K DPI, mouse ini tentunya menawarkan rentang sensitivitas yang sangat luas. Apakah Anda perlu memindahkan kursor dengan sangat cepat atau harus sangat tepat, Basilisk V3 dapat menanganinya dengan mudah.

Terlebih lagi, Basilisk V3 menggunakan sakelar mouse optik Razer yang 3x lebih cepat dari mesin tradisional dan telah diuji ketahanannya hingga 70 juta klik.

Tombol kiri dan kanan sangat taktil dan merespons dengan baik setiap klik. Namun, tombol lainnya memiliki nuansa yang sedikit berbeda, memberikan sensasi klik yang kurang konsisten secara keseluruhan.

Razer Basilisk V3 (8)

Yang kurang menarik, Basilisk V3 juga dilengkapi dengan teknologi roda terbaru bernama Razer Hyperscroll. Dibandingkan dengan roda tradisional yang ditemukan pada kebanyakan mouse, Razer Hyperscroll dapat menawarkan pengalaman pengguna yang jauh lebih fleksibel.

Baca Juga:  Review Oppo A52 - Banyak Perbaikan

Dengan teknologi ini, roda mouse bekerja secara bersamaan dalam tiga mode: Tactile Cycling, seperti roda biasa yang bergerak dengan presisi, dan Free-Spin, yang memungkinkan Anda untuk menggulir dengan cepat dengan memutar roda tanpa hambatan.

Mode terakhir adalah Smart-Reel, di mana roda dapat dengan cerdas beralih dari mode taktil ke putaran bebas tergantung pada kondisi penggunaan. Untuk mod ini, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui Razer Synapse.

Kustomisasi Razer Basilisk V3

Roda mouse juga dapat digerakkan ke kiri atau ke kanan, yang pada dasarnya berfungsi sebagai pengguliran horizontal berkelanjutan. Ini tentu saja juga bagus untuk produktivitas, karena Basilisk V3 memudahkan untuk bergerak di sekitar garis waktu video, dll.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa Basilisk V3 tidak ambidextrous. Dengan kata lain, desain yang mengutamakan pengguna tangan kanan. Badan juga sedikit dimiringkan ke samping kanan untuk menyesuaikan bentuk tangan kanan agar lebih natural saat dipegang.

Tentu saja hal ini sedikit disayangkan bagi pengguna seperti saya yang suka menggunakan tangan kirinya dalam situasi tertentu, meskipun sebenarnya tangan kanan. Tetapi jika Anda bukan salah satu dari pengguna tersebut, ini jelas bukan masalah besar.

Basilisk Razer V3 (4)

Sedangkan di sebelah kiri terdapat sayap untuk mengistirahatkan ibu jari dan tiga tombol tambahan untuk akses perintah cepat. Berbicara tentang tombol, Basilisk V3 memiliki total 10+1 tombol, yang semuanya dapat disesuaikan secara manual. Ada juga tombol profil di bagian bawah.

Memiliki tombol ketiga di sebelah kiri adalah tambahan jempol, karena pada dasarnya berfungsi untuk menurunkan DPI untuk membuat gerakan kursor lebih halus. Sangat cocok untuk tugas-tugas yang membutuhkan presisi tinggi, seperti saat membidik musuh.

Menariknya, begitu mouse terhubung ke komputer, pop-up langsung muncul meminta untuk menginstal serangkaian aplikasi Razer, termasuk Synapse. Ini adalah solusi cerdas yang membuat prosesnya jauh lebih praktis karena saya tidak perlu lagi mengunjungi situs Razer untuk mengunduh aplikasi yang saya butuhkan.

Perangkat Lunak Permainan Razer Basilisk V3

Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan memperbaruinya untuk mendapatkan penggunaan terbaik dari fitur-fitur Basilisk V3. Berbagai pengaturan tersedia dalam aplikasi ini, mulai dari pencahayaan, mode roda mouse hingga kalibrasi untuk menyesuaikan mouse dengan mouse pad.

Tentu saja, aplikasi Synapse juga memiliki pengaturan yang sangat fleksibel untuk setiap tombol, karena Anda dapat menyesuaikan Basilisk V3 Anda lebih banyak lagi agar sesuai dengan gaya penggunaan setiap orang.

Kalibrasi Razer Basilisk V3

Secara default, Basilisk V3 memiliki memori onboard yang dapat menyimpan hingga 5 profil. Ini membuatnya lebih mudah dan praktis untuk menggunakan Basilisk V3 Anda di berbagai perangkat karena tidak perlu penyetelan ulang yang rumit.

Jika Anda pernah menggunakan perangkat Razer sebelumnya, Anda mungkin familiar dengan pengaturan yang disediakan. Tentunya dengan fitur Chroma Studio, kustomisasi mendalam, termasuk aspek pencahayaan RGB, bisa dilakukan melalui Synapse.

Razer Basilisk V3 Chroma Studio

Setelah beberapa minggu digunakan untuk bekerja dan bermain game, Razer Basilisk V3 adalah mouse yang sangat andal dengan fitur unik, terutama roda dengan teknologi Hyperscroll yang memungkinkan skenario penggunaan yang lebih luas.

Dan berkat desainnya yang ergonomis, mouse gaming terbaru Razer akan nyaman digunakan selama bertahun-tahun. Sangat disayangkan bahwa desainnya tidak ambidextrous karena ada batasan hanya menggunakan tangan kanan.

Rasanya seperti saya memiliki sedikit keluhan tentang Basilisk V3, kecuali kurangnya rasa tekanan yang konsisten pada setiap tombol. Ini cocok untuk semua jenis pengguna, mulai dari desain hingga fitur hingga fleksibilitas yang ditawarkan Basilisk V3, dan menurut kami ini adalah opsi peningkatan yang bagus bagi mereka yang masih menggunakan mouse gaming standar.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan Razer Basilisk V3 – Mouse gaming yang sangat fleksibel dan kuat

Dari Situs Fikrirasy ID