Ulasan D-Link DIR-X5460 AX5400 WiFi 6 Router – Jaringannya cepat dan andal.

Ulasan - Tautkan DIR-X5460 AX5400 WiFi 6 Router

Fikrirasy.ID – D-Link DIR-X5460 AX5400 WiFi 6 adalah router dengan banyak fitur untuk menyediakan jaringan yang optimal untuk semua perangkat.

Dengan meningkatnya permintaan data untuk melakukan berbagai tugas, terutama streaming, keberadaan D-Link DIR-X5460 dapat menjadi solusi bagi pengguna yang membutuhkan jaringan nirkabel yang sangat cepat.

Seperti namanya, router ini juga dilengkapi dengan teknologi WiFi 6 dan bersertifikat AX5400 untuk mendukung jaringan nirkabel berkecepatan tinggi. Jika saya masih menggunakan router lama, apakah saya perlu mengupgrade dari D-Link ke router yang lebih baru?

Ulasan D-Link DIR-X5460 AX5400

  • desain – 9/10
  • Pertunjukan – 10/10
  • Karakteristik – 9/10

9.3/10

kesimpulan

D-Link DIR-X5460 AX5400 adalah router yang mendukung teknologi WiFi 6 untuk menyediakan jaringan nirkabel yang cepat dan andal.

Keuntungan

  • Wi-Fi berkecepatan tinggi 6
  • jangkauan sinyal normal
  • Banyak fitur
  • Konfigurasi di aplikasi atau web
  • Ada port USB untuk berbagi data.

kerugian

  • Belum ada dukungan jala
  • Hanya dua antena yang bisa dilepas.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang ditawarkan D-Link DIR-X5460, baca ulasan kami dari tim Fikrirasy.ID.

Seperti router high-end lainnya, D-Link DIR-X5460 memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 318.69 x 241.35 x 61.5mm untuk mengakomodasi performa dan fitur-fiturnya. Juga, bobotnya cukup berat untuk router mencapai 732g.

Tentu saja, tidak ada alasan untuk dimensi yang besar. Dengan lebih banyak bagian, sirkulasi udara juga merupakan faktor penting. Ini karena, seperti produk elektronik lainnya, semakin tinggi kinerjanya, semakin banyak panas yang hilang.

D-Link DIR-X5460 (2)

Jadi D-Link DIR-X5460 juga memiliki banyak ventilasi di bagian atas, samping dan bawah. Secara keseluruhan, desainnya bukanlah router gaming, tetapi kurva simetrisnya memberikan nuansa futuristik.

D-Link DIR-X5460 terdiri dari total 6 antena, 2 di antaranya memiliki lampu abu-abu dan kuning yang dapat dilepas untuk mencegah kebingungan, dan 4 antena pemasangan langsung dapat dilepas sementara.

Di bagian depan terdapat lampu mulai dari Power, WiFi, Internet, USB. Selain tombol power dan DC-In, berbagai port disediakan di bagian belakang bodi, mulai dari port Ethernet WAN, 4 port Ethernet LAN, port SuperSpeed ​​USB 3.0, dan port USB 2.0.

D-Link DIR-X5460 (3)

Semua port Ethernet ini adalah gigabit. Artinya dapat mendukung kecepatan akses hingga 1.000 Mbps, memungkinkan transfer data yang lebih pendek dan latensi yang lebih rendah untuk pengalaman yang lebih optimal saat bermain online atau game lainnya.

Untuk nirkabel, D-Link DIR-X5460 mendukung WiFi dual-band yang dikonfigurasi dengan 2.4GHz dan 5GHz. Berlabel AX5400, router ini secara teoritis dapat mendukung kecepatan akses hingga 4.800 Mbps di pita 5 GHz dan 600 Mbps di pita 2,4 GHz.

D-Link DIR-X5460 juga mendukung teknologi WiFi 6 (802.11ax) yang menjanjikan akses lebih cepat, kapasitas lebih besar, dan jaringan lebih luas. Teknologi terbaru, WiFi 6, tentunya akan mampu mendukung kebutuhan jaringan nirkabel masa kini dan masa depan, terutama dalam hal rumah pintar.

D-Link DIR-X5460 (4)

Bahkan router ini diklaim mampu mendukung hingga 6 perangkat untuk streaming 4K sekaligus. D-Link DIR-X5460 juga menggabungkan teknologi OFDMA dan MU-MIMO untuk memastikan lalu lintas data yang lebih teratur untuk setiap perangkat untuk mendapatkan jaringan yang lebih baik.

Adapun kecepatan nirkabel itu sendiri, kami ingin mentransfer banyak video dari ponsel ke laptop. Hasilnya, kami dapat merasakan kecepatan hingga 108MB/dtk, yang jauh lebih cepat daripada router tipe N300, yang biasanya hanya sekitar 5-10MB/dtk.

Angka ini masih jauh di bawah kecepatan maksimal D-Link DIR-X5460 karena keterbatasan dukungan WiFi dari perangkat yang saya gunakan. Tapi itu berarti perangkat saya akan dapat menggunakan semua fungsi saat terhubung ke router ini.

Baca Juga:  Review Xiaomi Mi 10T Pro Indonesia

Transmisi D-Link DIR-X5460

Jadi, kami percaya bahwa menghubungkan banyak perangkat sekaligus bukanlah masalah, karena D-Link DIR-X5460 dapat mendukung kecepatan data yang tinggi berkat teknologi terbaru.

Dengan begitu, tentunya jaringan nirkabel yang disediakan dapat dengan mulus mendukung streaming video dalam resolusi 4K baik secara lokal maupun melalui internet, selama kecepatan downstream ISP Anda mendukungnya.

Menariknya, fitur Smart Connect, yang diaktifkan secara default pada D-Link DIR-X5460, menyesuaikan band yang diperlukan untuk perangkat yang terhubung, sehingga Anda tidak perlu mengganti SSID secara manual saat ingin menikmati band 5G. Tapi tentu saja ada konfigurasi untuk membagi SSID secara manual antara 2.4GHz dan 5GHz jika Anda mau.

D-Link DIR-X5460 (6)

Untuk fungsionalitas port ethernet gigabit, sayangnya saya belum bisa mengujinya sendiri karena saya hanya memiliki satu PC desktop yang mendukungnya sedangkan laptop saya tidak menyediakan port ethernet sama sekali. Setiap port gigabit harus mendukung kecepatan hingga 1.000 Mbps, yang cukup untuk kebanyakan orang.

Namun, ini menarik karena artinya D-Link DIR-X5460 dapat memberikan dukungan nirkabel yang jauh lebih cepat daripada kabel. Sayangnya belum ada 2.5 atau 5 Gigabit Ethernet, tapi saya rasa itu bukan masalah besar akhir-akhir ini karena ada orang yang lebih memilih jaringan nirkabel di berbagai perangkat seperti ponsel dan TV pintar.

Jangkauan jaringan WiFi D-Link DIR-X5460 sendiri sangat baik dengan latency yang sangat rendah jika Anda berada di ruangan yang sama. Sementara itu, jangkauannya masih cukup baik, termasuk pita 5GHz, berkat teknologi WiFi 6 saat bergerak di sekitar ruangan.

Sinyal D-Link DIR-X5460

D-Link DIR-X5460 juga mendukung WPA3 untuk perlindungan keamanan yang lebih tinggi serta tes kecepatan internet built-in bekerja sama dengan Ookla. Semua ini dapat diakses baik dengan mengakses http://dlinkrouter.local/ atau melalui browser menggunakan: Aplikasi WiFi D-Link.

Keduanya memiliki antarmuka yang sederhana, tetapi jika Anda ingin mengubah pengaturan dengan cepat, saya lebih suka versi aplikasi. Aplikasi WiFi D-Link sudah memiliki menu pengaturan yang menurut saya sudah cukup untuk kebanyakan orang. Tampilannya yang sederhana memudahkan untuk menavigasi aplikasi.

Aplikasi D-Link DIR-X5460

Router ini memiliki fitur TMT (Target Wake Time) yang mengurangi konsumsi baterai perangkat yang terhubung. Tapi saya tidak yakin apakah itu benar. Apakah ponsel yang saya gunakan masih membuat perbedaan besar karena masih rutin diisi setiap pagi dan sore hari?

Fitur Fikrirasy.ID D-Link DIR-X5460 dibandingkan dengan router umum lainnya tidak berhenti di situ. Selain memungkinkan pembaruan firmware secara otomatis, router dari D-Link ini juga dapat menerima perintah dari asisten virtual seperti Google Assistant dan Alexa melalui perangkat yang didukung saat terhubung ke layanan cloud D-Link.

D-Link DIR-X5460 (7)

Sayangnya saya belum bisa menemukan mesh setup seperti D-Link DIR-1253 yang saya ulas sebelumnya. Pengaturan ini memudahkan untuk menghubungkan beberapa router ke satu jaringan untuk memberikan jangkauan sinyal yang lebih baik di seluruh rumah.

Secara keseluruhan, D-Link DIR-X5460 dijamin dapat mendukung kebutuhan jaringan nirkabel saat ini tanpa masalah. Banyak fitur terbaru, dukungan kecepatan tinggi, dan pengoperasian yang mudah menjadi daya tarik utama router ini.

D-Link DIR-X5460 juga membuat jaringan rumah dan kantor lebih responsif terhadap kebutuhan perangkat masa depan, menjadikannya sempurna bagi pengguna yang benar-benar ingin meningkatkan atau merasakan jaringan yang lebih baik.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan D-Link DIR-X5460 AX5400 WiFi 6 Router – Jaringannya cepat dan andal.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment