Ulasan ASUS TUF Gaming VG259QR – Game yang lebih lancar berkat 165Hz dan G-Sync

Ulasan ASUS TUF Gaming VG259QR

Fikrirasy.ID – ASUS telah memperkenalkan berbagai perangkat gaming menarik dengan harga terjangkau dengan lini TUF Gaming-nya, salah satunya adalah TUF Gaming VG259QR.

Monitor 24,5 inci ini tentunya menawarkan fitur-fitur yang meningkatkan pengalaman bermain game dan memuaskan para gamer, terutama mereka yang sering bermain secara kompetitif.

Tim Fikrirasy.ID juga berkesempatan untuk menguji coba TUF Gaming VG259QR selama beberapa minggu. Berikut adalah pengalaman saya saat menggunakannya.

Ulasan ASUS TUF Gaming VG259QR

  • layar – 9/10
  • Karakteristik – 10/10
  • desain – 9/10

9.3/10

kesimpulan

ASUS TUF Gaming VG259QR menghadirkan perpaduan mematikan antara resolusi 1080p, kecepatan refresh 165Hz, dan NVIDIA G-Sync untuk pengalaman visual yang mulus.

Keuntungan

  • Gambar berwarna cerah dan jelas.
  • Kecepatan refresh 165Hz
  • Mendukung G-Sync
  • Dukungan dapat disesuaikan secara bebas
  • Dukungan pemasangan VESA
  • banyak fitur tambahan

kerugian

  • dukungan sedikit kurang tinggi
  • pembicara yang buruk

ASUS TUF Gaming VG259QR masih hadir dengan desain yang cukup kalem, namun aksen gaming masih dapat ditemukan di bagian penyangga dan belakang. Secara keseluruhan, monitor ini dibalut warna hitam dengan sentuhan merah dan abu-abu yang selama ini menjadi ciri khas lini gaming ASUS.

Basis, penyangga, dan bagian belakang monitor ini juga menampilkan garis yang sering terlihat di lini TUF Gaming lainnya. Tentu saja, pertama kali Anda melihat monitor ini, Anda akan langsung merasakan nuansa permainan, tetapi sebenarnya lebih tenang karena Anda harus melihat lebih dekat untuk mengungkapkannya.

ASUS TUF Gaming VG259QR (9)

Layar 24,5 inci memiliki bobot yang cukup berat yaitu 5,1Kg termasuk support. Sementara itu, dimensi mencapai 56,3 x 35,6 – 48,7 x 21,1 cm, memakan banyak ruang di bagian atas meja. Apalagi bagian bawah penyangganya tidak kecil.

Karena ukuran monitornya sendiri sangat besar, tak heran jika dukungan yang diberikan juga harus kokoh. Untungnya, monitor ini cukup ergonomis karena dapat diputar, dimiringkan, dan dimiringkan hingga Anda dapat menyesuaikan ketinggiannya sesuai kebutuhan untuk fleksibilitas.

ASUS TUF Gaming VG259QR (7)

Namun, ketinggian penyangga lebih pendek daripada panjang monitor, jadi Anda perlu sedikit memiringkan layar agar layar dapat berputar 90 derajat terlebih dahulu. Bukan masalah besar, tetapi bisa menjadi referensi bagi mereka yang sering mengubah orientasi layar. Monitor ini juga dilengkapi dengan dukungan pemasangan VESA jika Anda tidak ingin menggunakan dukungan bawaan.

Menengok ke belakang, terdapat dua port HDMI 1.4, port DisplayPort 1.2, dan jack audio 3.5mm. Itu sudah cukup untuk kebutuhan perangkat modern saat ini. Selain memiliki port audio jack, monitor ini juga dapat digunakan sebagai konsol karena memiliki built-in speaker dengan kualitas yang memadai, namun disarankan menggunakan speaker eksternal.

ASUS TUF Gaming VG259QR (10)

Tak lupa juga terdapat 4 tombol dan analog untuk navigasi menu setting. Secara keseluruhan, monitor TUF Gaming VG259QR memiliki bodi yang besar namun fungsional untuk zaman sekarang. Layarnya juga memadukan desain bingkai bezel yang masih tergolong tipis dan modern.

Dalam hal fitur, TUF Gaming VG259QR sangat sempurna untuk pengalaman bermain game yang lebih nyaman. Panel IPS beresolusi 1920 x 1080 piksel, yang hadir dengan bentang 24,5 inci, memiliki lapisan anti-silau.

Baca Juga:  Peluncuran Oppo F15 - Smartphone Harga Menengah dengan Kamera 48MP -

ASUS TUF Gaming VG259QR (3)

Panel IPS yang digunakan mendukung rasio kontras 1000:1 dan tingkat kecerahan hingga 300 nits, sehingga sudah pasti menampilkan gambar dengan warna yang bagus. Selain itu, gambar dapat dilihat dengan jelas tanpa distorsi warna pada berbagai sudut pandang hingga 178 derajat.

Gambar yang dihasilkan terlihat cerah dan cukup jernih untuk bermain game jenis apapun tentunya. Siapapun yang pernah menggunakan monitor panel IPS pasti sudah tidak asing lagi dengan kualitas gambar yang diberikan oleh TUF Gaming VG259QR.

Saya rasa kehadiran resolusi Full HD 1080p masih sangat cocok untuk ukuran layar, karena gambar yang ditampilkan pada jarak tempat duduk sekitar 50cm masih sangat tajam. Sebagai seorang gamer yang masih menikmati bermain game dalam resolusi 1080p, jika Anda ingin kecepatan refresh setinggi mungkin, ini jelas merupakan cara terbaik.

Berbicara tentang refresh rate, dukungan ini menjadi salah satu fitur yang diunggulkan TUF Gaming VG259QR. Monitor ini mendukung kecepatan refresh hingga 165 Hz, yang memungkinkan tampilan gerakan animasi yang lebih halus. Perbedaannya langsung terasa bahkan ketika saya memindahkan kursor saat bernavigasi melalui Windows.

ASUS TUF Gaming VG259QR (2)

Untuk mendukung kecepatan refresh yang tinggi, ASUS memiliki teknologi Extreme Low Motion Blur (ELMB) bawaan untuk memberikan waktu respons hanya 1 ms. Alhasil, gambar tetap bisa terlihat jelas meski bergerak cepat.

Namun yang terpenting, TUF Gaming VG259QR juga mendukung NVIDIA G-Sync dengan Variable Refresh Rate (VRR) untuk menghilangkan screen tearing atau gambar terpotong mengganggu yang sering terjadi saat monitor dan GPU tidak sinkron. Fitur ini membuat pengalaman bermain game Anda jauh lebih lancar.

Selain itu, TUF Gaming VG259QR dilengkapi dengan berbagai fitur gaming seperti Shadow Boost yang mencerahkan area gelap game agar lebih mudah dilihat, serta bersertifikat Flicker Free dan Low Blue Light oleh TUV Rheinland, sehingga Anda dapat menikmatinya dengan nyaman. untuk waktu yang lama. .

ASUS TUF Gaming VG259QR (11)

Ada juga fitur unik bernama GameVisual dan GamePlus yang menarik untuk dijelajahi. GamePlus adalah fitur eksklusif ASUS yang dapat menampilkan penghitung, bidikan, dan hitung mundur FPS yang mungkin berguna bagi pengguna tertentu.

Sementara itu, GameVisual menyediakan beberapa preset yang bisa digunakan untuk genre game tertentu seperti FPS, Racing atau RPG. Ini juga memiliki fungsi penambah bayangan yang meningkatkan kecerahan area gelap agar lebih mudah dilihat.

Secara keseluruhan, TUF Gaming VG259QR menawarkan resolusi 1080p, kecepatan refresh 165Hz dan mendukung NVIDIA G-Sync. Kami percaya NVIDIA G-Sync akan menjadi kombinasi yang mematikan dalam membawa pengalaman bermain game ke level berikutnya untuk semua jenis gamer saat ini, kompetitif atau tidak.

Kehalusan gambar dan responsivitas adalah nilai jual utama dari monitor gaming ini. Dan dengan fitur-fitur yang ditawarkannya, ASUS telah memberikan TUF Gaming VG259QR dengan tepat keseimbangan yang harmonis.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan ASUS TUF Gaming VG259QR – Game yang lebih lancar berkat 165Hz dan G-Sync

Dari Situs Fikrirasy ID