Samsung Galaxy Tab A8 | Ukuran dan kinerja yang tepat untuk menikmati konten

Samsung Galaxy Tab A8

tabloid pulsar.id – Seiring dengan keseruan peluncuran flagship baru Samsung di awal tahun, produk tablet juga tidak ketinggalan update. Selain seri Tab S, ada juga Samsung Galaxy Tab A8 untuk kelas entry lebih. Itu datang dengan harga yang relatif rendah dengan banyak pengorbanan.

Samsung Galaxy Tab A8 yang kami ulas merupakan salah satu dari beberapa pilihan Galaxy Tab yang beredar di Indonesia mulai Januari hingga Februari. Situs resminya menyebut produk ini Galaxy Tab A8 LTE, dan hingga tulisan ini dibuat, tidak dijual karena berbeda dengan versi WiFi dengan spesifikasi hardware yang rendah.

Harganya mendekati 5 jutaan, dan untuk sebuah tablet, tidak terlalu entry-level. Karena jika Anda menambahkan beberapa juta lagi, Anda mendapatkan produk yang bersaing dengan gambar buah dengan segala manfaatnya. Kapan Tab Series A diluncurkan untuk pasar itu, kan?

Jadi pertanyaan terbesar dalam ulasan ini adalah untuk siapa produk ini? Yuk simak informasi harga dan spesifikasinya berikut ini.

harga: Rp 4.499.000
pemilihan warna: Abu-abu, Perak, Merah Muda
paket penjualan: Tablet Galaxy Tab A8, kabel data USB Type-C, adaptor pengisi daya, dokumen, pin ejector

spesifikasi:

Dimensi dan berat (mm & gram) 246,8 x 161,9 x 6,9 mm/508 gram
SIM dan Jaringan Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem operasi (OS) OneUI 3.1 berdasarkan Android 11
Penyimpanan eksternal yang didukung Ya, kartu MicroSD hingga 1TB
Layar Inci – Jenis Layar 10,5 inci, rasio layar-ke-tubuh ~80%, 1200 x 1920 piksel, LCD TFT, 16:10
Prosesor/CPU Unisoc Tiger T618 (12nm); Octa-Core (2×2.0 GHz Cortex A-75 + 6×2.0 GHz Cortex A-55), GPU: Mali G52 MP2
RAM dan penyimpanan internal RAM 4GB / ROM 128GB
Kamera (MP/Fungsi) belakang/depan belakang tunggal: 8 MP video: 1080p@30fps depan tunggal: Video 5MP: 1080p@30fps
Jenis baterai (tipe) 7040mAh Li-Po (tidak dapat dilepas), pengisian cepat 15W

Ciri:

baterai yang dapat dilepas bukan Sidik jari bukan
multi-sentuh ya kamera depan ganda bukan
SIM ganda bukan memori eksternal ya
3G HSDPA ya giroskop ya
4G LTE ya pengeras Fikrirasy.ID stereo ya
5G Siap bukan Perekaman video 4K bukan
NFC bukan pemutar video ya
USB saat bepergian ya pemutar musik ya
GPS ya 3.5 port audio ya

tambah kurang

Keuntungan kekurangan
* Desain unibody metalik dan sudut persegi
* Layar lega 10,5 inci
* OneUI 3.1 berdasarkan Android 11 dengan banyak fitur bawaan
* Ringan dan mudah dibawa kemana-mana (portabel)
* Memiliki jack audio 3.5mm.
* Audio stereo dengan 4 output speaker
* Ekosistem dengan sesama ponsel Samsung untuk fleksibilitas dalam sinkronisasi data
* Aksesori sampul buku yang bersih dan menarik
* Layar sepertinya mengutamakan kecerahan sehingga warna pada gambar yang ditampilkan kurang jelas.
* Layar tidak mendukung S-Pen.
* Sampul buku dibundel dengan beberapa program tetapi tidak sebagai bagian dari paket penjualan.

Desain adalah elemen kunci

Jika sebelumnya kami menyebutkan bahwa banyak fitur yang dikorbankan pada Tab A8, desainnya bukanlah salah satunya. Samsung Galaxy Tab A8 masih dibuat menggunakan bahan premium dan dibuat dengan sudut atau kotak yang kokoh seperti ponsel dan tablet klasik.

Material metalik mendominasi dari cover belakang hingga tepi tablet, khas desain unibody dengan sedikit gulungan plastik di bagian samping dekat kamera. Kami akan menyebut bagian ini bagian atas karena sepertinya sebagian besar digunakan dalam posisi lanskap.

Kamera belakang ditempatkan pada tonjolan melingkar. Sedikit lebih tinggi dari luas permukaan. Menempatkannya dalam posisi terlentang di atas meja menjadi titik yang tidak rata.

Semua port penting ada di sini, termasuk jack audio 3.5mm. Sudah ada protokol audio Bluetooth, tetapi kualitas audio di kabel lebih baik, terutama saat menggunakan tablet ini untuk rapat. Misalnya melalui Zoom dan Google Meet.

Di bagian atas adalah tombol daya dan volume dan mikrofon. Kita akan banyak berinteraksi di bagian ini. Semua port ada di sebelah kanan, tapi sebelum port USB dan audio 3.5mm. Sedangkan slot kartu sim ada di bagian bawah.

Terdapat 4 lubang keluaran speaker di sisi kiri dan kanan tablet ini. Hal itu menunjukkan bahwa tablet ini juga dilengkapi dengan fitur audio bernama Dolby Atmos. Ini juga merupakan fitur utama dari Galaxy Tab A8.

Layar teknologi TFT 10,5 inci

Dalam hal layar, Samsung telah memutuskan untuk menggunakan panel LCD TFT daripada AMOLED seperti pada seri atasnya. Sejauh ini Anda dapat melihat bahwa layar adalah salah satu fitur hemat.

LCD TFT yang digunakan secara default tetap memberikan kenyamanan dengan tingkat kecerahan yang baik dan reproduksi warna yang tidak buruk, sehingga penghematan bukanlah pengorbanan. Setiap teknik memiliki pro dan kontra. Namun dalam hal kelayakan, tidak ada yang perlu dikeluhkan. Mungkin hanya ada sedikit dalam nilai Saturasi yang kurang terlihat.

Bahkan di pijakan produsen lain yang sudah lama berkecimpung di bisnis tablet, panel layar ini masih mainstream. Jadi tidak tepat untuk menyayangkan keberadaan panel ini dibandingkan dengan yang lebih baik, mengingat harga yang ditawarkan dan semua pesaing dekatnya pada titik harga yang sama.

Intinya, ekstensi layar 10,5 inci ini masih lebih tajam daripada menikmati melihat atau menulis di layar ponsel yang relatif kecil, dan lebih nyaman daripada menikmatinya di layar laptop atau monitor PC.

Sayangnya, um, ada juga rasa malu. Sayangnya, layar yang disediakan Samsung Galaxy Tab A8 tidak mendukung S-Pen. Jadi Anda tidak bisa lagi mencoret-coret layar dengan Samsung Pencil.

Sebenarnya, ada solusi seperti membantu Anda menandatangani dokumen digital menggunakan stylus kapasitif, populer di e-commerce, atau menenangkan anak Anda untuk mewarnai gambar. Tapi kita tahu betapa buruknya akurasi dan kenyamanan.

Dukungan Google Penuh untuk OneUI 3.1

Sebagai tablet Android, Samsung Galaxy Tab8 adalah salah satu opsi yang menawarkan dukungan penuh Google. PlayStore memungkinkan Anda untuk memilih dan menginstal aplikasi secara bebas dan legal. Anda bahkan tidak perlu grogi untuk berlangganan layanan aplikasi tersebut, dan masih banyak lagi keunggulan lain yang tersedia di Samsung OneUI 3.1 UI.

Salah satu yang menarik adalah Samsung Kids. Tempat di mana Anda bisa merasa aman saat menyerahkan tablet ini kepada anak di bawah umur. Karena Kids Mode ini memungkinkan anak-anak kita berinteraksi dengan aplikasi dan konten sesuai usianya, serta mengajak mereka untuk belajar sambil bermain secara interaktif melalui berbagai special effect berupa achievement.

Beberapa fitur yang tersedia pada tablet ini termasuk beberapa jendela aktif yang membagi tampilan layar menjadi beberapa layar yang lebih kecil untuk kebutuhan yang berbeda. Misalnya, separuh layar digunakan untuk menampilkan resep dan separuh lainnya digunakan untuk menampilkan video yang disukai anak-anak.

Namun, tidak semua aplikasi mendukung fitur Windows multi-aktif ini.

Fitur Samsung lainnya yang menarik adalah Samsung Flow. Tempat bebas repot untuk mengirim file atau data gambar dari PC ke tablet atau ponsel Samsung Anda. Atau, sinkronkan data Anda melalui Samsung Cloud dengan akun yang sama.

chipset yang layak

Tablet Galaxy Tab A8 ini menggunakan chipset besutan Unisoc yaitu Tiger T618 dari pabrikan 12nm. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pilihan chipset ini. Tab A8 terasa mulus saat digunakan, terutama jika Anda menonton konten di beberapa aplikasi, menulis artikel menggunakan Microsoft Office, dan bermain game kecil-kecilan.

Sebagai referensi, chipset ini memiliki CPU dengan 8 core, yaitu 2 core Cortex A75 dan 6 core Cortex A55. dengan kecepatan hingga 2 GHz. Membawa GPU Mali G52 MP2 dan jika Anda bisa membandingkan chipset ini, bisa saja memiliki spesifikasi yang sama dengan Mediatek Helio G80.

Ini menawarkan 4GB RAM dan 128GB ROM. Dokumentasi menunjukkan bahwa chipset ini dapat mendukung bekerja dengan tablet, terutama dalam hal multitasking dan rendering video.

Bagaimana dengan permainannya? Spesifikasi GPU setara dengan ponsel kelas menengah dan cukup layak untuk menjalankan game dengan benar, tetapi sepertinya tablet ini tidak dibuat untuk bermain dan bertahan lama, game dengan persyaratan perangkat keras yang tinggi.

Baterai berkapasitas besar 7040mAh

Galaxy Tab A8 yang kami ulas dapat bertahan berhari-hari dengan koneksi data. Melalui kartu SIM terpasang (4G LTE) atau terhubung ke WiFi. Ini menjadi bukti kuat betapa hebatnya kapasitas baterai tablet ini.

Untuk mengetik di Microsoft Office dengan Youtube Music yang berjalan di latar belakang, tablet ini bertahan sepanjang hari. Dan Anda masih bisa menggunakannya untuk menonton serial di Netflix atau Disney+ di malam hari.

Ini menawarkan teknologi pengisian daya 15W, sehingga Anda dapat menghubungkannya ke pengisi daya saat Anda tidur. Besoknya, biarkan tablet siap membantu kita bekerja, belajar, dan bermain bersama anak-anak kita. Bagi yang sudah memiliki anak.

Kamera untuk Produktivitas

Beberapa orang sering mengatakan bahwa kamera tablet ada di sana. Namun melihat situasi akhir-akhir ini, kamera sepertinya cukup penting. Pertama, dia dapat mengakomodasi kebutuhan konferensi online, dan kedua, dia juga dapat menggunakannya untuk dokumentasi on-the-fly saat dibutuhkan. Ini seperti mengabadikan lembar jawaban Anda ketika sekolah online.

Untuk persyaratan yang tertera di atas, kamera belakang Galaxy Tab A8 beresolusi 8MP cukup mumpuni. Ini dapat menangkap tulisan tangan Anda dengan baik dalam kondisi cahaya rendah.

Kemudian kamera depan dengan resolusi 5MP cukup standar untuk digunakan sebagai webcam untuk zooming atau rapat Google.

Untuk Siapa Samsung Galaxy Tab A8?

Setelah menggunakannya selama dua minggu terakhir, saya sampai pada kesimpulan bahwa tablet ini cocok digunakan oleh orang-orang yang membutuhkan perangkat tambahan selain ponsel dan PC mereka. Orang yang membutuhkan perangkat untuk melihat sambil berbaring atau dalam perjalanan, terutama pada layar yang relatif lebih lebar dari layar ponsel.

Bahkan ibu rumah tangga yang sibuk pun bisa menggunakan tablet ini untuk menggantikan ponsel mereka. Karena layar yang lebih besar memungkinkan Anda membaca berita selebriti, berkomunikasi secara bebas menggunakan WhatsApp tanpa mengganti perangkat, melihat acara memasak dengan lebih jelas, dan yang terpenting, berbagi acara seru dengan anak-anak Anda.

Orang tua yang membutuhkan perangkat yang memungkinkan anaknya bersekolah secara online juga dapat menggunakan tablet ini. Selain meminimalkan aktivitas game, aplikasi untuk tablet akan membantu Anda dalam proses belajar Anda.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Samsung Galaxy Tab A8 | Ukuran dan kinerja yang tepat untuk menikmati konten

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Review ASUS ROG Strix Flare II Animate - Bikin jatuh cinta dan susah kembali ke keyboard lain