Ulasan OPPO A55 | Kamera 50MP, baterai 5000mAh

ulasan Oppo A55

tabloid pulsar.id – Di tengah hebohnya peluncuran OPPO Reno Series, produk yang ditujukan untuk pasar yang lebih luas tersedia dengan harga yang jauh lebih bersahabat. Produk kelas entri, OPPO A55. Dengan kemampuan kamera untuk mengambil foto hingga 50 megapiksel dan baterai yang besar, ponsel ini menjadi ponsel Android pertama bagi siapa saja yang membutuhkannya.

harga: Rp 2.699.000
pemilihan warna: Hitam Berbintang, Biru Pelangi
paket penjualan: Hp OPPO A55, casing silikon, adaptor charger 18W, kabel data USB Type-C, manual, kartu garansi, pin ejector

spesifikasi:

Dimensi dan berat (mm & gram) 163.6×75.7×8.4mm/193 gram
SIM dan Jaringan Dual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem operasi (OS) ColorOS 11.1 berdasarkan Android 11
Penyimpanan eksternal yang didukung Ya, kartu MicroSD
Layar Inci – Jenis Layar 6,51 inci, ~89,2% rasio layar-ke-tubuh, 1600 x 720 piksel, IPS LCD, 60Hz, NEG T2X-1
Prosesor/CPU Mediatek Helio G35 (12nm); Octa-Core (4×2.4 GHz Cortex A53 + 4×2.0 GHz Cortex A53), GPU: PowerVR GE8320
RAM dan penyimpanan internal 4 GB RAM/ 64 rom GB
Kamera (MP/Fungsi) Belakang/Depan Tiga belakang:
Kamera utama 50MP f/1.8
2MP f/2.4, kedalaman
2MP f/2.4 makro
Video: 1080p 30fps, 720p 30fps

depan tunggal:
16 megapiksel f/2.0
Video: [email protected], 720p 30fps

Jenis baterai (tipe) Li-Po 5000mAh (tidak dapat dilepas), pengisian cepat 18W

Ciri:

baterai yang dapat dilepas bukan Sidik jari ya
multi-sentuh ya kamera depan ganda bukan
SIM ganda ya memori eksternal ya
3G HSDPA ya giroskop ya
4G LTE ya pengeras Fikrirasy.ID stereo bukan
5G Siap bukan Perekaman video 4K bukan
NFC bukan pemutar video ya
USB saat bepergian ya pemutar musik ya
GPS ya 3.5 port audio ya

tambah kurang

Keuntungan kekurangan
Baterai berkapasitas tinggi yang tahan lama Kombinasi chipset dan RAM tidak mendukung multitasking.
Kamera 50MP dengan dukungan AI Meski memori internal sudah penuh, masih ada lag.
Kamera selfie 16MP Belum ada NFC
Desain ramping dengan penutup belakang anti gores dan anti selip
Tahan percikan IPX4
ColorOS 11.1

desain
OPPO A55 hadir dengan desain cover belakang yang menarik. Anda mungkin telah menemukannya di seri OPPO A lainnya. Tetap sederhana tanpa pendekatan tekstur, tetapi dengan efek butiran pasir di dalamnya, seperti pada gradien (Biru Pelangi) dan varian Hitam Berbintang (Hitam Berbintang). Pewarnaan cover belakang menjaga semangat “OPPO Glow”, yang mencegah sidik jari dan goresan serta tidak terlalu licin.

Sertifikasi IPX4 juga terbawa, yang merupakan persyaratan dasar di kelasnya. Perhatikan bahwa sertifikasi ini menunjukkan ketahanan telepon terhadap percikan air. Misalnya, saat hujan atau saat Anda menumpahkan air di atas meja.

Melihat sekeliling dan membandingkannya secara berdampingan, OPPO A55 terlihat lebih tebal dari kebanyakan ponsel OPPO di pasaran. Apalagi di tahun 2022. Namun, banyak teknologi baru telah diperkenalkan untuk membuat pengguna nyaman.

Misalnya, bentuk tepi ponsel dengan sudut 2.5D membuat ponsel nyaman digunakan dengan satu jari. Ini mendukung berat ponsel dan tidak menutupi jari Anda saat mengakses layar.

Termasuk teknologi keamanan berbasis sidik jari. Ponsel ini masih menyediakan ini dengan menempatkan sensor di bawah tombol power. Jika Anda menggunakan tangan kanan Anda sebagai ponsel, akan lebih nyaman untuk digunakan.

layar
Di bagian depan, OPPO A55 memiliki layar berukuran 6,51 inci. Kami menawarkan panel LCD dengan kecerahan 480 hingga 550 nits tergantung pada kondisi pencahayaan ruangan. Tidak banyak yang bisa dibahas dalam hal layar. Tentu saja, jika Anda sedang menonton acara streaming atau browsing media sosial, Anda juga dapat menampilkan UI Anda dengan baik.

Resolusi yang dipancarkan masuk dalam kategori HD+ yaitu 1600 x 720 piksel. Artinya, dibandingkan dengan Fikrirasy.ID layar, kerapatan piksel yang ditampilkan adalah 269 ppi (piksel per inci), yang sangat dekat. Gambar tidak bisa dipecahkan dan aman.

Dan kamera depan diekspresikan dengan desain punch hole di sudut kiri atas layar, sehingga bidang pandang lebih luas. Menawarkan sekitar 89,2% area layar dibandingkan dengan total area depan ponsel ini.

Layar ponsel ini juga dilindungi oleh NEG T2X-1 atau Dynorex.

UI – ColorOS 11.1
OPPO A55 menawarkan sistem perangkat lunak ColorOS 11.1 khusus berbasis Android 11. Seperti yang kita ketahui, ColorOS 11.1 sudah memiliki semua fitur hemat daya, tampilan yang bersih dan sederhana, serta dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Karena masih ColorOS 11.1, diharapkan akselerasi tetap terjaga meski menggunakan chipset yang tergolong mid-low level. Dan kelebihan lainnya adalah Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur bawaan seperti Game Space yang masih dipertahankan. Lalu ada Music Party di mana Anda dapat berbagi musik dengan perangkat OPPO lainnya untuk menciptakan efek multi-speaker.

kinerja perangkat keras
Jika Anda masuk ke dalam otak ponsel Anda, Anda akan menemukan Helio G35, sebuah chipset buatan Mediatek. Chipset ini pertama kali diperkenalkan sebagai chipset yang menjanjikan untuk gaming dengan teknologi HyperEngine.

Teknologi ini diharapkan mampu memberikan efisiensi daya dengan kinerja yang mulus, koneksi yang mulus, dan koneksi latensi yang rendah. Tapi untuk referensi, chipset ini pertama kali dirilis pada pertengahan tahun 2020, jadi jika versi ColorOS yang digunakan adalah versi 11.1, maka agak masuk akal.

Chipset ini memiliki 8 core Cortex A53 dan CPU dengan 2 alokasi. Di sini, 4 core diatur untuk berjalan pada 2,3 GHz dan 4 core lainnya diatur untuk berjalan pada 1,8 GHz. Chipset tersebut kemudian mengusung GPU PowerVR GE8320 yang sudah memahami kemampuannya dengan menghadirkan dua unit komputer di frekuensi 680MHz yang mampu mendukung tampilan grafis hingga FHD+.

Hasil benchmark secara keseluruhan menunjukkan angka yang cukup kompetitif. Namun satu hal yang bisa kami katakan adalah seiring berjalannya waktu kami dapat menemukan beberapa hal yang berkaitan dengan responsivitas sistem. Apalagi dalam multitasking, misalnya saat membuka aplikasi jika banyak aplikasi yang sudah terbuka. Jadi, pastikan Anda memiliki aplikasi yang terbuka untuk memastikannya berjalan dengan lancar.

RAM yang dibawa OPPO A55 sudah 4GB, tetapi penyimpanan internalnya hanya 64GB, dengan jumlah ruang tertentu yang didedikasikan untuk kebutuhan sistem. Sebaiknya simpan beberapa foto dari aplikasi pihak ketiga di kartu memori tambahan, seperti video yang kurang menghibur dari keluarga kita atau sekelompok alumni sekolah.

baterai
Ini menarik. OPPO A55 dilengkapi dengan baterai 5000mAh. Bukan yang terbesar di telepon. Tapi karena efisiensi software atau hardware. Baik itu dari sisi tampilan maupun sisi CPU/GPU, yang pasti baterai ponsel ini mampu bertahan cukup lama. Melebihi ekspektasi saat menggunakannya untuk hunting foto dan media sosial.

Baterai kemudian dapat diisi ulang dengan pengisi daya biasa yang dapat menghasilkan daya 18W. Cukup untuk mengisi baterai ketika saya pergi tidur di malam hari dan penuh ketika saya bangun di pagi hari.

Kamera AI 50MP
Ini sepertinya menjadi alasan terbesar dan poin penting untuk OPPO A55. Dengan kamera AI yang mampu menghasilkan foto hingga resolusi 50MP dan aperture f/1.8, kamera A55 akan memuaskan hampir semua pengguna ponsel. Orang yang pandai memotret dan orang yang baru belajar fotografi seluler.

Dikombinasikan dengan dua lensa lainnya, lensa kamera 2MP untuk makro dan 2MP untuk depth of field, Anda dapat membuat berbagai foto dalam segala kondisi. Bahkan dengan filter bawaan dan fitur AI, Anda dapat membuat bidikan malam yang kreatif.

Untuk kamera depan, OPPO A55 menyiapkan kamera selfie 16MP dengan aperture f/2.0. Ini dapat menangkap selfie dengan baik dan memiliki kemampuan merekam video hingga 1080p 30fps. Namun, defaultnya adalah 720p 30fps, jadi Anda harus mengaturnya terlebih dahulu.

Untuk kamera belakang, fungsi perekaman video adalah 1080p 30fps, yang diaktifkan secara default di posisi ini.

Contoh hasilnya dapat dilihat pada foto berikut. Saya telah menskalakannya sehingga tidak membebani browser, tetapi tidak ada pengeditan warna dan kecerahan sama sekali.

kesimpulan
Bagi yang mencari ponsel baru dengan harga terjangkau jelang Lebaran atau Ramadhan tahun ini, OPPO A55 akan menjadi solusinya. Dengan dukungan penuh dari Google, dapat digunakan sebagai alat ibadah melalui aplikasi yang sesuai. Sebagai bonus, Anda bisa menggunakan ponsel ini sebagai alat utama untuk mengabadikan momen-momen seru, seperti merekam aktivitas buka puasa bersama dalam kondisi minim cahaya.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan OPPO A55 | Kamera 50MP, baterai 5000mAh

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Ulasan Samsung A52 - Ponsel Kelas Menengah Terbaik