Curah hujan di Indonesia diperkirakan akan meningkat selama 9 hari

Fikrirasy.ID – BMKG memprakirakan hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia dengan potensi hujan selama seminggu mulai 9-15 Januari.

“BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada pekan depan yang berpotensi menimbulkan bahaya hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung di wilayah tersebut,” kata Badan Meteorologi BMKG. Wakil Menteri Guswanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (1 September 2022).

Sementara Kepri, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Benkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Kemudian berpotensi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Baca juga:
Badut viral nyanyi di lampu merah saat hujan deras, endingnya bikin asin.

Guswanto mengatakan BMKG saat ini sedang memantau perkembangan kondisi cuaca di seluruh Indonesia yang mengindikasikan potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Hasil analisis perkembangan musim hujan sampai dengan Desember 2022, diketahui bahwa 96,8% wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan, dan periode puncak musim hujan secara umum diperkirakan pada Januari 2022.

Sementara itu, analisis dinamika atmosfer menegaskan kemungkinan terjadinya sirkulasi siklon di wilayah Indonesia, khususnya di Jawa bagian selatan dan Australia bagian utara, yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan lengkungan angin di selatan khatulistiwa. Meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di berbagai daerah. [Antara]



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Curah hujan di Indonesia diperkirakan akan meningkat selama 9 hari

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Update Gunung Merapi: Lava Dome bertambah 2 meter

Leave a Comment