Cara membuat situs web untuk penggunaan bisnis dan pribadi

Banyak sekali tutorial membuat website saat ini, namun tentunya Anda bisa dengan mudah mengakses atau mendapatkannya. Dari pembuatan situs web tingkat rendah atau tutorial membangun untuk pemula hingga membuat situs web pribadi yang menarik, membuat situs web untuk bisnis, dan banyak lagi. Jadi, kami juga akan menunjukkan kepada Anda cara membuat situs web dengan mudah. Namun sebelum kita membahasnya, mari kita simak dulu uraian atau penjelasan singkat tentang apa itu website, kegunaannya dan cara kerjanya.

Pelajari tentang situs web: apa itu, apa kegunaannya, dan cara kerjanya

  1. Memahami situs web

Pada dasarnya website adalah sebuah tempat berupa situs yang digunakan untuk memasukkan informasi tentang profil Anda, profil pribadi dan perusahaan, profil bisnis dan topik menarik lainnya. Secara teknis, sebuah situs web mewakili kumpulan halaman yang saling berhubungan di Internet. Halaman dikelompokkan bersama dan diberi nama atau alamat online yang unik.

Kumpulan halaman ini, atau yang kami sebut halaman web, biasanya berisi informasi atau layanan yang disediakan oleh bisnis atau perusahaan. Informasi ini dapat dimasukkan dalam berbagai format, seperti teks, atau dalam kombinasi dengan banyak objek lain, seperti gambar, video, audio, dan animasi. Layanan dapat berupa proses pembelian atau penjualan produk secara digital.

Jika Anda bertindak sebagai audiens atau pengguna, yang Anda butuhkan hanyalah perangkat seperti ponsel, komputer, atau perangkat lain untuk mengakses situs web. Anda juga harus memasukkan alamat situs web di tempat yang disediakan oleh mesin pencari perangkat Anda. Juga, pastikan perangkat Anda terhubung ke internet.

  1. Tujuan dan Prinsip Operasi

Sebuah situs web yang dibuat di Internet harus memiliki maksud dan tujuan tertentu di balik pembuatannya. Perusahaan atau bisnis bertujuan untuk memberikan informasi dan layanan kepada audiens, karyawan, dan pelanggannya melalui situs webnya. Website juga dapat digunakan sebagai media Fikrirasy.ID, seperti bermain game online atau mengakses game, menonton film, mengakses audio atau musik, dll.

Baca Juga:  Sony mematenkan konsol game smartphone yang mirip dengan Nintendo Switch

Situs web Penyedia Informasi tidak memiliki fungsi lain selain menyampaikan informasi yang spesifik, relevan, dan berguna kepada audiens atau pengguna mesin pencari. Tentunya mulai dari sini, website yang berisi informasi diharapkan dapat dipelajari oleh siapa saja yang mengunjungi dan membaca informasi tersebut. Oleh karena itu, website ini berfokus pada penyebaran informasi yang dapat diikuti oleh pengguna, seperti tutorial, tips untuk melakukan atau memodifikasi sesuatu.

Begitu juga website untuk Fikrirasy.ID yang memiliki bagian-bagiannya sendiri. Secara khusus, Situs Web mencakup media yang mendukung Fikrirasy.ID pengguna, seperti majalah, berita selebriti, film, musik, permainan, dan sejenisnya.

Baca juga: Apa itu CMS? Pelajari lebih lanjut tentang fitur, jenis dan manfaat

Cara membuat website untuk pemula

Lanjutkan ke sub-topik berikutnya yang mungkin telah Anda tunggu-tunggu. Ini adalah bagaimana Anda membuat situs web Anda sendiri. Apakah Anda seorang pemula yang mencoba membuat dan membangun situs web Anda sendiri? Jika demikian, mari kita lihat lebih dekat petunjuk langkah demi langkah tentang cara membuat situs web di bawah ini.

  1. Sebelum membuat situs web, pelajari blok bangunan dasar situs web.

· Harap luangkan waktu untuk membaca tentang apa itu situs web, jenis situs web, dan deskripsi lengkap tentang komponen yang terlibat dalam pembuatan situs web. Sebelum Anda memutuskan untuk memulai proses pembuatan website, pastikan Anda memahaminya dengan benar dan akurat.

  1. Tentukan tujuan situs web Anda

· Apakah situs web Anda akan berfokus pada penyediaan informasi yang relevan kepada pengguna atau audiens? Ataukah website Anda akan fokus memberikan Fikrirasy.ID bagi penggunanya, seperti video, animasi, gambar, atau media pendukung lainnya? Tentukan tujuan pembuatan website Anda mulai dari sekarang. Jika Anda masih memikirkan tujuan Anda, jangan mulai dulu.

  1. Daftarkan nama domain dan gunakan pembuat situs web
  • Pilih pembuat situs web yang sesuai, cocok, dan dapat membantu Anda dalam membuat situs web. Ada banyak opsi pembuat situs web untuk dipilih. Masing-masing memiliki pro dan kontra, jadi pastikan Anda telah melakukan riset untuk memilih pembuat situs web.
  • Juga, sebelum Anda melanjutkan dan memutuskan nama domain atau mendaftarkan domain, pastikan Anda telah membuat akun untuk pembuat situs web Anda. Jika Anda memilih WordPress sebagai pembuat situs web Anda, Bluehost bisa menjadi pilihan yang baik.
  • Saat memilih nama domain, pastikan untuk memilih nama yang unik dan relevan dengan konten yang akan dimuat di dalamnya.
  • Pilih desain yang sesuai dengan selera Anda dari template yang tersedia. Anda juga dapat memilih desain berdasarkan tema situs web Anda.
  • Jika Anda tidak puas, Anda dapat menyesuaikannya menggunakan template yang sudah tersedia.
  • Sertakan beberapa informasi penting sebagai pengantar ke situs web Anda.
  • Lihat situs web kami yang sudah jadi dan ujilah.
  • Jika demikian, Anda dapat mempublikasikan situs Anda di Internet.
  1. Tambahkan plugin untuk mendukung pembuatan dan pengeditan konten
Baca Juga:  Kisah seorang guru Amerika yang dikarantina di toilet pesawat setelah positif Covid-19

Plugin ini bekerja dengan tema situs web pilihan Anda untuk memberi Anda fitur yang Anda inginkan. Ini termasuk filter komentar, formulir kontak, dan alat pengoptimalan mesin telusur (SEO). Ada juga plugin yang cocok untuk situs e-commerce. Plugin ini mudah ditambahkan dan beberapa mungkin berbayar, jadi Anda harus membayar terlebih dahulu untuk menambahkannya.

  1. Lakukan pembuatan konten di situs

Pada tahap ini, kami serahkan kepada Anda bagaimana dan bagaimana membuatnya. Namun, perlu diingat bahwa saat membuat atau menambahkan konten ke situs Anda, mencari inspirasi dari situs lain yang sudah ada dengan fitur serupa mungkin akan membantu.

Baca juga: Ikhtisar TCP/IP, lapisan abstraksi antara aplikasi Internet

Jadi, bagaimana Anda membuat situs web untuk bisnis Anda?

Padahal, langkah membuat website yang fokus pada aktivitas bisnis Anda hampir sama dengan membuat website untuk kebutuhan Anda yang lain. Tujuan dari situs web bisnis terutama untuk menyediakan layanan dan meyakinkan audiens atau pengguna untuk menjadi pelanggan bisnis Anda. Upaya ini dilakukan dengan memposisikan bisnis sebagai penyedia layanan yang terpercaya, kredibel dan berpengalaman.

Berikut adalah inti dari langkah-langkah untuk membuat situs web untuk bisnis Anda:

  1. Seperti biasanya langkah pertama dalam membuat situs web, Anda memutuskan web hosting apa yang Anda inginkan. Penyedia layanan hosting atau perusahaan web hosting menawarkan paket bulanan atau tahunan dengan berbagai jenis server, seperti shared atau dedicated server. Perhatikan dalam memilih penyedia layanan hosting dengan jaminan kecepatan memuat situs, keandalan waktu aktif, dukungan pelanggan, dan skalabilitas yang sangat baik.
  2. Pilih nama domain yang unik dan relevan. Buat nama domain Anda serelevan dan seunik mungkin. Pastikan nama domain yang Anda tentukan juga tersedia dan belum ada yang menggunakannya.
  3. Pilih pembuat situs web atau CMS yang cocok dan bagus. CMS Itu sendiri merupakan sistem untuk mengelola konten situs web.
  4. Buat atau tentukan desain untuk membuat situs web Anda terlihat menarik. Selain kualitas konten yang Anda berikan ke situs web Anda, Anda juga harus mempertimbangkan desain situs web Anda untuk menarik perhatian audiens Anda.
  5. Atur dan tambahkan konten terkait. Tambahkan navigasi yang dapat diakses secara bebas sehingga pengunjung situs Anda tahu tentang situs web Anda dan dapat mengunjungi setiap bagian dari situs web Anda.
Baca Juga:  Atas tuduhan pendataan 44 juta pengguna, Meta menggugat 45 triliun rupiah.

Saat melakukan transaksi, audiens langsung memilih produk atau penyedia layanan dengan mengunjungi atau meninjau situs web sebelum mengambil keputusan akhir, terutama ketika mencari layanan atau produk yang diinginkan. Tentu saja, sebagai calon pelanggan, mereka ingin mencari dan memilih perusahaan terbaik yang menawarkan produk dan layanan terbaik.

kesimpulan

Kami berdua mempelajari dasar-dasar situs web, cara kerjanya, cara kerjanya, dan cara membuatnya. Siap untuk memulai langkah-langkah membuat website Anda sendiri? Jika belum, periksa kembali kesiapan Anda berupa pengetahuan mumpuni terkait website itu sendiri dan komponen-komponennya. Kami berharap informasi yang diberikan dalam artikel ini dapat memberi Anda gambaran umum dan dorongan untuk mulai membangun situs web!

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Cara membuat situs web untuk penggunaan bisnis dan pribadi

Dari Situs Fikrirasy ID