Apa itu bandwidth? pemahaman yang mendesak

Pernahkah Anda mendengar istilah bandwidth? Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda ketika berbicara tentang server, khususnya server di Internet. Selain server Internet, istilah ini juga dapat ditemukan pada server komputer. Jadi apa yang dimaksud dengan bandwidth? Apakah ada cara untuk mengukurnya? Unit apa yang digunakan untuk mengukur bandwidth? Bagaimana cara memeriksa? Dan yang paling penting, apa yang Anda lakukan? Mari belajar bandwidth bersama!

Cari tahu tentang bandwidth

Bandwidth mengacu pada kapasitas maksimum yang server atau jaringan dapat mengirimkan dari satu titik ke titik lain pada waktu tertentu. Dengan kata lain, kapasitas ini mewakili kapasitas maksimum dari proses transfer data. Ukuran jumlah data yang dikirimkan biasanya diukur dalam bit per detik (bps).

Tingkat bandwidth berbanding lurus dengan kecepatan pengiriman/penerimaan. Semakin besar atau besar kapasitasnya, semakin cepat proses pengiriman dan penerimaan informasi. Juga, jika kapasitasnya besar atau besar, Anda dapat menghubungkan lebih banyak perangkat nanti.

Kapasitas ini tergolong faktor penting dalam menentukan kualitas dan kecepatan jaringan internet. Kemampuan ini juga merupakan konsep penting yang diterapkan di banyak bidang teknis. Digunakan untuk menggambarkan perbedaan antara frekuensi atas dan bawah dalam transmisi.

Kapasitas komponen ini biasanya ditentukan oleh jenis sambungan. Saluran telepon adalah saluran yang mengandalkan Digital Subscriber Line (DSL) dan memberikan tingkat kapasitas rendah sekitar 1,5 Mbps hingga 15 Mbps. Kecepatan internet kabel sekitar 50 Mbps.

Baca Juga:  Top 3 berita techno hari ini: gempa Sorong, tsunami Aceh 17 tahun

Apa fungsi dari bandwith?

Bandwidth tidak termasuk dalam kategori Sumber Tidak Terbatas. Terkadang lokasi aplikasi seperti perangkat jaringan fisik seperti router atau modem dan kabel atau frekuensi radio yang digunakan terbatas. Di sisi lain, kapasitas yang satu ini juga dibatasi oleh administrator jaringan internet dan wide area network atau WAN.

Beberapa perangkat yang menggunakan koneksi yang sama harus berbagi kapasitas. Kecepatan bandwidth tidak dapat dipertukarkan, tetapi lebih banyak kapasitas diperlukan untuk mempertahankan kecepatan yang dapat diterima di beberapa perangkat.

Baca juga: Tinjauan TCP/IP, lapisan abstraksi antara aplikasi Internet

Bagaimana mengukur bandwidth

Pengukuran kapasitas tunggal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan software atau firmware. Utilitas pengukuran bandwidth termasuk utilitas uji TCP atau TCP dan Monitor Jaringan PRTG.

TCP mengukur throughput pada jaringan IP antara dua host. Satu host adalah penerima dan host lainnya adalah pengirim. Setiap sisi menunjukkan jumlah byte yang akan ditransmisikan nanti. PRTG menyediakan antarmuka grafis dan grafik untuk mengukur tren jangka panjang dan juga dapat digunakan untuk mengukur lalu lintas antara antarmuka yang berbeda.

Total atau jumlah bandwidth yang Anda butuhkan tergantung pada paket Anda untuk koneksi Internet itu sendiri. Secara umum, jika Anda berencana untuk tidak melakukan apa pun selain mengunjungi media sosial dan menonton video, paket berkecepatan tinggi dan berbiaya rendah seharusnya tidak menjadi masalah besar.

Cara lain untuk mengukur bandwidth adalah dengan mentransfer file dengan ukuran yang diketahui dan menghitung waktu yang diperlukan untuk mentransfer file tersebut. Selain metode pengukuran, jelas ada metode lain untuk menentukan bandwidth seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

1. Maksimum teoritis

Tingkat transfer yang menempati posisi tertinggi dalam kondisi ideal. Tingkat kecepatan transfer ini tidak dapat dicapai dalam instalasi nyata. Hal ini karena biasanya level ini hanya digunakan untuk perbandingan sebagai cara untuk menentukan level konektivitas dengan potensi maksimum teoritis.

Baca Juga:  Dua peningkatan spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G dibandingkan dengan S20 FE

2. Bandwidth efektif

Tingkat transmisi dalam keadaan handal menempati posisi tertinggi. Namun, tingkat ini lebih rendah dari maksimum teoritis. Jarang, level 1 ini dianggap sebagai level terbaik yang tersedia. Level ini diperlukan untuk memahami seberapa banyak lalu lintas yang dapat didukung koneksi Anda.

3. Throughput

Setelah sebelumnya membahas dua level tertinggi, kini saatnya membahas level rata-rata, level di mana throughput termasuk dalam kategori ini. Throughput berguna untuk memperdalam pemahaman kita tentang kecepatan koneksi tipikal dan tipikal. Ukuran transfer dibagi dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan transfer. Secara umum, seperti bandwidth, throughput diukur dalam byte per detik.

4. Selamat jalan

Mengukur jumlah data yang berguna mengacu pada istilah goodfoot. Tidak ada data yang tidak diinginkan disertakan di sini. Goodput dihitung dengan membagi ukuran file yang ditransfer dengan waktu yang dibutuhkan.

Apa perbedaan antara bandwidth dan kecepatan dan throughput?

kutipan dari halaman FaeslerAda beberapa cara untuk memikirkan proses aliran data dalam sebuah jaringan. Kecepatan jaringan mengacu pada laju bit sirkuit yang ditentukan oleh kecepatan pensinyalan fisik media. Bandwidth adalah jumlah sirkuit fisik yang dapat digunakan untuk mengirimkan data dan ditentukan oleh kapasitas jaringan yang tersedia untuk koneksi.

Seperti disebutkan sebelumnya, throughput adalah tingkat keberhasilan proses transfer dan bandwidth adalah ukuran jumlah data yang melewati antarmuka jaringan. Jadi throughputnya lebih rendah dari bandwidthnya.

Baca juga: Ketahui jaringan perutean untuk memilih rute jaringan Internet

Bagaimana cara memantau penggunaan dan upaya peningkatan?

Memperkirakan penggunaan kapasitas tunggal ini penting untuk persiapan jaringan. Namun, pemantauan terus menerus dari LAN dan WAN sangat penting untuk menjaga kelancaran fungsi. Jadi, Anda perlu tahu cara efektif memeriksa penggunaan bandwidth Anda.

Baca Juga:  10 kata sandi ponsel Samsung yang berguna saat membeli ponsel bekas

Godaan untuk menambah kapasitas bisa datang kapan saja, terutama saat jaringan Anda lambat. Namun, solusi ini adalah solusi yang lebih murah. Monitoring merupakan solusi untuk mengatasi dan mengatasi masalah jaringan yang lambat.

Perangkat individu dapat digunakan untuk memantau kapasitas ini. Ini menggunakan alat pemantauan dasar untuk melacak berbagai aplikasi dan fitur yang memengaruhi penggunaan kapasitas yang satu ini.

Satu-satunya cara untuk meningkatkan bandwidth Anda adalah melalui penyedia internet Anda. Beberapa situasi menunjukkan bahwa penyedia dapat memberikan tingkat layanan yang berbeda.

kesimpulan

Ada pembahasan menarik tentang bandwidth yang menghiasi artikel ini. Sepintas, tidak terlalu sulit untuk memahami kapasitas ini. Dari kepentingan atau urgensi untuk bagaimana meningkatkan.

Jika Anda memiliki jaringan yang lambat dan ingin meningkatkan kapasitas, ada baiknya untuk memeriksa beberapa hal terlebih dahulu dan kemudian membuat keputusan dengan tergesa-gesa.

Terus pelajari dasar-dasar kemampuan orang ini untuk menghasilkan ide-ide minimal. Juga, perhatikan beberapa poin penting pertimbangan untuk menghindari disesatkan.

Disediakan oleh Sekawan Media Layanan Pengembangan Aplikasi Web, aplikasi seluler, Situs webDan integrasi sistem Terpercaya di Indonesia. Hubungi pemasar Anda untuk menerima penawaran khusus.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Apa itu bandwidth? pemahaman yang mendesak

Dari Situs Fikrirasy ID