Ada harimau di kebun kopi warga Gayo Lues Aceh.

  • Share

Fikrirasy.ID.CO, Banda Aceh – NS Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatera) dikabarkan sempat berkeliling ke perkebunan kopi warga Kabupaten Gyo Lues Aceh. Harimau itu tak hanya membuat resah, bahkan dituding bertanggung jawab atas hilangnya lima ekor kambing.

Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Aceh menurunkan tim ke lokasi. Mereka berusaha mencegah harimau kembali ke kawasan hutan dan memasang jerat yang bisa membunuh satwa yang dilindungi.

Sabtu, 20 November 2021 Direktur BKSDA Aceh Agus Arianto mengatakan, “Kami belum menerima laporan rinci apakah harimau itu memakan ternak warga. Kami masih menunggu informasi dari tim lapangan.”

Agus mengatakan tim BKSDA bersama mitranya terus berpatroli dan melakukan upaya penertiban awal untuk memastikan harimau-harimau tersebut dibawa ke kawasan hutan dan tidak pernah kembali. Ia mengingatkan, hewan yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera ini berstatus satwa langka di alam liar.

BKSDA Aceh menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian harimau sumatera khususnya tanpa merusak hutan, habitat berbagai satwa. Juga, jangan memasang jerat, racun, atau pagar listrik bertegangan tinggi yang dapat membunuh harimau atau satwa liar yang dilindungi lainnya.

Agus Arianto mengatakan, “Semua kegiatan ilegal dikenakan sanksi pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, pihak terkait lainnya dan mitra yang telah mendukung penyelamatan dan pelepasan harimau.”

Sehari sebelumnya, BKSDA Aceh dan mitranya melepasliarkan harimau sumatera liar ke habitat aslinya di Taman Nasional Gunung Loiser. Harimau betina yang berumur antara 1,5-2 tahun ini berasal dari penangkap bedug di kawasan Gunung Kapho wilayah Trumon Kabupaten Aceh Selatan.

Harimau tersebut ditangkap oleh tim dan dievakuasi setelah terlihat di beberapa desa di wilayah Aceh Selatan. Dari hasil evaluasi, harimau menunjukkan perilaku yang tidak normal karena tidak diganggu bahkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga:  Catu daya: definisi, fungsi, komponen, bermacam-macam

“Dan itu bisa dilihat di video-video yang beredar di masyarakat. Sepertinya banyak orang yang merekamnya, tapi harimau itu tidak terganggu oleh banyak orang yang merekamnya,” katanya.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ada harimau di kebun kopi warga Gayo Lues Aceh.

Dari Situs Fikrirasy ID

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *