Ada 7 tim yang mengembangkan vaksin merah putih, dan Unair adalah yang tercepat.

Fikrirasy.ID – Lembaga Penelitian dan Inovasi Nasional (BRIN) mengumumkan bahwa saat ini ada tujuh tim yang sedang mengembangkan vaksin untuk produk dalam negeri dalam konsorsium nasional pengembangan vaksin merah putih.

Iman Hidayat, Plt Direktur BRIN Life Sciences Research Institute, mengatakan kemajuan tercepat dalam pengembangan vaksin merah putih ada di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Pejabat Antara mengatakan, “Tim yang membuat kemajuan tercepat saat ini adalah tim yang bersama dengan PT Biotis menyelesaikan pengujian praklinis pada monyet oleh tim peneliti Universitas Airanga.” di antara, Sabtu (20/01-15).

Tujuh tim konsorsium nasional pengembangan vaksin merah putih adalah Universitas Aerranga, Universitas Indonesia, Universitas Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Pajajaran, eks Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Institut Biologi Molekuler Eijkman.

Baca juga:
Unair: Mengembangkan vaksin jangka panjang untuk memastikan kualitas dan keamanan

“Masing-masing tim mengembangkan antivaksin dengan berbagai cara, mulai dari vaksin berbasis inaktivasi virus hingga vaksin berbasis protein rekombinan,” katanya.

Iman mengatakan Unair dan PT Biotis akan melakukan uji klinis fase 1, 2 dan 3 setelah uji praklinis pada kera selesai dilakukan.

Ia mengatakan, uji klinis tersebut rencananya akan selesai pada Juli atau Agustus 2022, dengan praduga penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, tim lain masih dalam tahap optimalisasi antigen yield, dan ada juga yang melakukan uji praklinis, kata Iman.

Baca Juga:  25 Desember 2021 Periksa kode penukaran Genshin Impact dan lengkapi metode klaim.

Iman juga berharap Vaksin Merah Putih yang diproduksi tim akan menjadi fokus utama pemerintah, dengan munculnya varian Omicron dan kemungkinan lainnya di masa mendatang. Selain vaksinasi dini, vaksin untuk vaksinasi booster terhadap COVID-19 sangat diperlukan dalam situasi saat ini. [Antara]

Baca juga:
Kandidat vaksin merah putih Unair memulai uji klinis pada Februari 2022



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ada 7 tim yang mengembangkan vaksin merah putih, dan Unair adalah yang tercepat.

Dari Situs Fikrirasy ID