Wisata Alam Kawasan Rekreasi Panorama Gunung Fossontemangung

Wisata Alam Fossonte Mangung merupakan tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Sindoro di Desa Tlahab. Objek wisata Sindoro terletak pada ketinggian 1.823 mdpl. Objek wisata alam ini memiliki luas minimal 1,2 hektar. Tentang kawasan wisata Lembah Sindoro yang dikembangkan sejak tahun 2010.

Taman Wisata Alam Posong berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Temanggung. Wisatawan dapat tiba dalam waktu sekitar 40 menit dengan mobil.

Meski menempuh perjalanan jauh, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Jika Anda menggambar dua gunung di tengah jalan, apa yang akan Anda lihat di sepanjang jalan menuju Posson?

Sejarah Wisata Alam Fossonte Mangung

Informasi yang diberikan oleh warga sekitar dari nama Wisata Posong ini diambil dari Blank. Saat itu Pangeran Diponegoro dan anak buahnya memilih lokasi pangkalan ini karena mampu memantau sebagian besar bupati Temanggung. Jadi Anda bisa melihat pergerakan tentara Belanda.

Namun, akhirnya Belanda berhasil menemukan Pangeran Diponegoro dan pasukannya. Mereka harus meninggalkan tiang dan pergi ke tempat yang aman.

Baca Juga:  Ide Road Trip Travel Bali 3 atau 4 Hari untuk Liburan Bersama Teman dan Pasangan

Kemudian pindah ke lereng Gunung Sindoro yang lebih tinggi di utara. Belanda akhirnya tidak menemukan Pangeran Diponego, melainkan hanya melihat sebuah tanah kosong.

Setelah bertahun-tahun terbengkalai, pos tersebut telah berubah menjadi area yang dipenuhi tanaman dan memiliki taman milik warga.

Tempat Wisata Alam Fossonte Mangung

Wisata alam Fossonte Mangung terlihat jelas dari puncak Gunung Sindoro. Pemandangan alam tersebut berpadu dengan kebun masyarakat setempat yang tumbuh di lereng pegunungan. Selain itu, pemandangannya sangat menarik, dengan nuansa awan dan perbukitan yang akan mengejutkan wisatawan. Daya tarik utama dari objek wisata alam ini memiliki beberapa panorama, antara lain:

Panorama alam dari loket tiket menuju Kawasan Wisata Alam Posong

Pengelolaan destinasi wisata ini menjadi tanggung jawab warga dan pemerintah daerah. Wisatawan kemudian harus menempuh jarak 3,5 km dari loket tiket di dekat jalan utama menuju lokasi utama.

Dibutuhkan sekitar satu jam dari gerbang utama Kawasan Wisata Lembah Sindoro menuju kawasan utama. Selama perjalanan, wisatawan akan melewati kopi dan tembakau di jalan lebar Makadam dan deretan batu.

Pada siang hari dan saat cuaca cerah, wisatawan dapat melihat “Lautan Awan” dengan tujuh puncaknya. Meski mendung, Wisata Fosong akan tetap indah karena menciptakan suasana tenang akibat kabut. Selain itu, kondisi udara terasa dan vegetasi hijau menyebar luas.

tempat untuk melihat matahari terbit

Wisatawan biasanya datang ke sini untuk menyaksikan matahari terbit. Ini menarik hingga 100 pengunjung setiap hari, peningkatan sepuluh kali lipat pada akhir pekan dan hari libur.

Alhasil, objek wisata ini dibuka pada pukul 04.00 WIB. Kemudian, sekitar pukul 5 pagi, matahari pagi perlahan akan mengintip di balik Gunung Es. Perlahan, bayangan samar Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria mulai terlihat hingga Ungaran.

Baca Juga:  Nikmati pemandangan terbaik Yogyakarta dan nikmati musim liburan Harga Tiket Heha Sky View Yogyakarta

06:00 Wisatawan dapat merasakan dan menikmati hangatnya matahari terbit. Anda bisa melihat panorama sunset sekaligus sunrise yang indah di sore hari. Cahaya matahari seolah memisahkan Gn.Sindoro dan Gn.

Panorama Posong dilihat dari observatorium

Ada 3 kak rooks (gardus) besar dan kak ruk kecil di mana Anda dapat duduk dan bersantai menikmati pemandangan panorama poussong. Di kawasan ini, wisatawan biasanya duduk bersama sambil menikmati minuman hangat dan langsung melihat pemandangan yang indah.

Spot foto pertama dengan pemandangan belakang dan tulisan Gunung Sindoro di atasnya. Titik ini sangat cocok untuk wisatawan yang suka berfoto. Waktu terbaik untuk mengambil gambar adalah pada pagi dan sore hari. Kedua, zona foto sayap kupu-kupu yang sangat cocok untuk anak-anak.

Spot foto ketiga adalah dek observasi. Titik foto ini unik dengan latar belakang pemandangan Gunung Es Som dan Istana Teman. Ini adalah salah satu spot foto terbaik bagi pengunjung.

Tempat berkemah tersedia di Kawasan Wisata Alam Fossonte Mangung

Wisata Posong juga membuka perkemahan dengan menghubungi pengelola terlebih dahulu. Wisatawan bisa menikmati segarnya udara pegunungan hingga sore hari dengan menginap di Sindoro Alarm Valley Posong.

Pada malam hari langit terlihat sangat indah dengan bintang-bintang yang bersinar. Pengunjung akan merasakan suasana hidup di bawah langit.

coba game luar ruangan

Wisatawan dapat merasakan permainan flying fox di Kawasan Wisata Alam Fossonte Mangung. Pengunjung yang menyukai alam bebas juga dapat mendaki, outbond, dan trekking di lembah dan pegunungan. Ada taman bermain untuk anak-anak, jadi ini adalah tempat peristirahatan alami di mana anak-anak bisa betah.

Tiket Masuk Wisata Alam Fossonte Mangung

Tiket masuk Kawasan Wisata Alam Posong sebesar Rp. Anda hanya perlu membayar 30.000 plus biaya parkir.

Baca Juga:  Arung jeram panjang di Sungai Cicatih, Sukabumi

biaya parkir

  • Mobil: Rp 6.000
  • Sepeda Motor: Rp 5.000

Kawasan wisata ini bisa dikunjungi dan buka dari fajar hingga senja. Oleh karena itu, wisatawan yang datang pagi hari bisa merasakan matahari terbit Gunung Sindoro.

Jam Kerja: 04.00-17.00 WIB

Perjalanan menarik lainnya ke Indonesia: liburan bulan madu yang romantis bersama pasangan di sebuah vila di Bali dengan kolam renang pribadi

Lokasi pintu masuk Wisata Alam Fossonte Mangung

Alamat tempat wisata alam ini adalah Jalan Legundi, Batursari, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah. Pengunjung harus berhati-hati saat memasuki pintu masuk karena jalannya sempit dan cukup satu kendaraan.

Bersabarlah saat menangani kendaraan lain. Terus menanjak sekitar 3km sampai Anda mencapai Kawasan Wisata Alam Posong.

Demikian artikel tentang kawasan resort dengan panorama pegunungan, wisata alam, Fossonte Mangung. Karena Posong Wisata Lembah Sindoro yang berada di kaki Gunung Sindoro dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisata. Diantaranya adalah toilet umum, mushola, kamar mandi dan kedai kopi.

Artikel Menarik Lainnya : 7 Tempat Wisata Instagramable Yang Bisa Jadi Camping Dan Perkebunan Teh Di Kabupaten Bandung

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Wisata Alam Kawasan Rekreasi Panorama Gunung Fossontemangung

Dari Situs Fikrirasy ID