Temui M Yamin di balik acara sumpah pemuda.

Fikrirasy.ID – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Museum Sumpah Pemuda, Direktur Biro Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Iptek memperkenalkan film dokumenter ‘YAMIN’. Sebuah film dokumenter animasi tentang kisah seorang pahlawan nasional yang memulai sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Penulis dan penyair M. Yamin percaya bahwa bahasa dapat menjadi alat untuk mempersatukan bangsa. Ide reunifikasi Indonesia mulai terkuak ketika Yamin aktif memimpin Jong Sumatranen Bond.

Saat Hari Pemuda ke-2 digelar, Yamin menuliskan rumus tersebut di secarik kertas. Tesis tersebut kemudian diserahkan kepada ketua kompetisi, Soegondo Djojopoespito. Bentuk resmi dari dokumen ini sekarang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Itu adalah sosok M Yamin.  (Dokter: Istimewa)
Itu adalah sosok M Yamin. (Dokter: Istimewa)

Pemikiran Yamin tentang bahasa persatuan serta melalui konferensi pemuda diungkapkan dalam puisi “Bahasa, Bangsa” yang ditulis pada Februari 1921, lima tahun sebelum konferensi pemuda pertama.

Baca juga:
Sumpah Pemuda dan Posisi Indonesia Jadi Dilema

Film dokumenter merupakan media yang efektif untuk mendokumentasikan informasi/pengetahuan dan membagikannya kepada khalayak luas. Proses produksi berlangsung selama tiga bulan di Yogyakarta dan Jakarta, mulai dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi. Film dokumenter merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi.

Ditjenbud memiliki visi memajukan budaya, budaya yang disebut Indonesia Bahagia, berdasarkan keragaman budaya untuk pendidikan, rekonsiliasi dan kemakmuran. Untuk mewujudkan visi tersebut, Kemendikbudristek menawarkan saluran media budaya khusus bernama Indonesia.

Titik Umi Kurniawati, direktur Museum Sumpah Pemuda, mengatakan, “Saluran media ini bertujuan untuk merangkul, mengintegrasikan dan mempromosikan karya dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia.”

Ia menyimpulkan, “Film dokumenter ‘Yamin’ menggambarkan sosok pahlawan nasional Mohammad Yamin yang membuat sumpah pemuda. Melalui film ini, Anda dapat belajar bahwa mencintai Indonesia adalah mencintai bahasa dan budaya Indonesia.”

Baca Juga:  Berikut sembilan menu makan malam favorit kami dari berbagai negara, Korean Bulgogi.

Film dokumenter ‘Yamin’ akan tayang pada Sabtu, 25 Desember 2021 pukul 18:45 WIB di Indonesia TV.

Baca juga:
Hari Sumpah Pemuda, Telkom dan Universitas Tanjungpura Luncurkan Program Smart KKN Digital



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Temui M Yamin di balik acara sumpah pemuda.

Dari Situs Fikrirasy ID