Mudah meremajakan kulit wajah Anda? Cobalah 7 pembersih alami ini.

Fikrirasy.ID — Memiliki kulit wajah yang bersih dan segar akan menjadi salah satu resolusi Tahun Baru Anda. Untuk ini, Anda bisa menggunakan pembersih alami yang akan dibahas Bob.

Pembersih alami ini bisa membuat kulit wajah Anda semakin buruk, jadi alternatif lain jika Anda tidak nyaman dengan produk pencuci wajah yang dijual bebas.

Dilansir dari berbagai sumber, Bob memberikan 7 rekomendasi perawatan wajah alami yang bisa Anda coba di rumah. Alternatif pencuci muka mungkin cocok untuk kulit Anda!

Pembersih alami yang harus dicoba

1. Minyak Kelapa

Pembersih alami yang pertama adalah minyak kelapa. Karena mengandung bahan alami ini, sudah lama dikenal sebagai alternatif cuci muka biasa.

Padahal, bahan alami pembersih tanpa sabun ini tidak hanya menyegarkan kulit wajah Anda. Minyak kelapa sering digunakan sebagai pembersih untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari wajah.

Cara menggunakan pencuci muka alami ini sangat sederhana. Oleskan saja ke seluruh wajah Anda. Setelah memijat, biarkan selama sekitar 10 menit. Bilas dengan air bersih.

Di balik manfaat ini, ada hal penting yang harus Anda ketahui. Untuk jenis kulit berjerawat, hindari pembersih alami untuk kulit kering ini karena justru memperburuk masalah kulit.

Pembersih Alami Minyak Kelapa
Minyak Kelapa via pexels.com/@tijana-drndarski-449691

2. Mentimun

Mari beralih ke pembersihan alami berikutnya. Salah Satu Bahan Alami Beras Pasti kulkas sering ditinggal begitu saja. Bahkan, Anda bisa menggunakannya sebagai pencuci muka.

Bahan alami yang dimaksud Bob adalah mentimun. Sebagai pembersih alami, mentimun memiliki efek menenangkan dan melembapkan pada kulit. Hasilnya, kulit wajah Anda terlihat cerah dan segar kembali.

Mencuci wajah tanpa sabun dengan mentimun tidak hanya menyegarkan kulit, tetapi juga sayuran yang biasa digunakan sebagai sayuran mentah dapat meredakan peradangan, yang baik untuk jerawat wajah.

Jika ingin menggunakan pembersih alami untuk kulit kering, gunakan mentimun sebagai jus. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

Pembersih Alami Mentimun
Mentimun via unsplash.com/@harshalhirve

Baca juga: Hati-hati dengan perawatan kulit Anda! Waspadai kombinasi perawatan kulit yang berisiko saat digunakan bersama:


3. Sayang

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, mengonsumsi madu memiliki sejumlah manfaat. Dari meningkatkan stamina hingga menyembuhkan batuk hingga meningkatkan kualitas tidur.

Selain diminum langsung, madu juga bisa digunakan sebagai pencuci muka. Kandungan emolien dan pelembab yang berperan dalam mengatur pH kulit dan memperlambat munculnya kerutan.

Menggunakan pembersih alami akan membuat kulit wajah Anda terlihat sehat dan awet muda. Jika ingin menggunakan pencuci muka ini tanpa sabun, Anda bisa mencampurnya dengan susu atau lemon.

Pertama, pastikan kulit Anda bersih dari kotoran. Kemudian oleskan madu ke wajah Anda dengan pijatan kecil. Setelah beberapa menit, bilas dengan air hangat. Ikuti langkah-langkahnya secara teratur.

Apakah Anda rentan sakit?  Makan 7 Madu Terbaik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Anda!
@arwinneil melalui Unsplash

4. Lidah Buaya

Dalam hal kesehatan kulit, lidah buaya adalah bahan alami yang sering direkomendasikan. Tak heran, mengingat manfaat lidah buaya sangat bagus untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Salah satunya adalah pembersihan secara alami. Ini adalah bahan alami yang dapat dicuci tanpa sabun dan baik untuk kulit kering karena membantu melembabkan dan melembapkan kulit.

Pembersih wajah ini mengandung antioksidan. Kandungan pembersih alami ini berperan penting dalam meredakan kemerahan yang biasa dialami oleh kulit sensitif.

Baca Juga:  Candi Muara Jambi ditetapkan sebagai situs warisan lokal

Cukup campurkan setengah cangkir lidah buaya dan air mawar. Oleskan campuran keduanya untuk membersihkan kulit. Keringkan dengan handuk lembut.

Pembersih Alami Lidah Buaya
Aloe Vera via unsplash.com/@pisauikan

Baca juga: Ingin mewarnai rambut sendiri tapi takut gagal? Ikuti 10 tips mewarnai rambut sendiri di bawah ini!


5. Pepaya

Selain jeruk, pepaya dikenal kaya akan vitamin C. Berkat kandungan ini, pepaya juga memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Kandungan vitamin pepaya diketahui dapat digunakan sebagai pencuci muka. Pembersih alami ini patut dicoba sebagai cara mencuci muka tanpa sabun lainnya.

Untuk mencobanya, buatlah jus dengan pembersih alami ini. Setelah bekerja, oleskan jus pepaya yang dibuat secara merata di permukaan kulit. Jangan lupa untuk memijat lembut area wajah.

Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti madu dan air mawar untuk menggantikan sabun cuci muka ini.

pembersih alami pepaya
Pepaya via pexels.com/@alleksana

6. Yoghurt

Ketika berbicara tentang program diet, yogurt biasanya merupakan makanan yang direkomendasikan. Pasalnya, susu olahan terbukti membantu menurunkan berat badan.

Yogurt juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan asam laktat dan protein dari bahan alami ini membantu mengangkat sel-sel mati dan mengencangkan kulit wajah.

Secara alami, Bob merekomendasikan yogurt sebagai pembersih alami. Jika Anda ingin mencuci muka dengan yoghurt tanpa sabun, cara penggunaannya cukup mudah dan praktis.

Cukup oleskan yoghurt secara merata di atas permukaan kulit wajah Anda. Kemudian biarkan scrub selama 5 menit. Terakhir, bilas wajah Anda dengan air hangat dan bersihkan residu dengan handuk.

Yoghurt Pembersih Alami
Yogurt melalui unsplash.com/@mateusz_feliksik

Baca juga: Simak 10 cara paling efektif menghilangkan stretch mark yang bisa Anda coba di rumah.


7. Cuka Sari Apel

cuci muka tanpa sabun

pembersih alami untuk kulit kering

Pembersih alami untuk kulit berjerawat

pengganti sabun muka

Pembersih alami terakhir dalam daftar Bob kali ini adalah cuka sari apel. Bahan alami ini terbukti ampuh sebagai pencuci muka karena dapat mengembalikan tingkat pH kulit wajah.

Alhasil, Anda akan terlihat lebih cerah jika mencuci muka tanpa sabun dengan bahan-bahan alami tersebut. Padahal, manfaat lain cuka sari apel sebagai pembersih alami adalah dapat membersihkan pori-pori kulit Anda.

Menggunakan pembersih alami untuk kulit berjerawat juga terbilang mudah. Pertama, larutkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 2:1.

Kemudian kocok keduanya dari botol. Tuang campuran ke dalam kapas bersih. Kemudian usapkan kapas pada permukaan wajah. Jangan lupa bersihkan wajah dengan handuk bersih.

Pembersih Alami Cuka Sari Apel
Cuka Sari Apel melalui istockphoto/Madeleine_Steinbach

***

Berikut 7 pencuci muka alami yang akan menyegarkan kulit wajah Anda di tahun baru.

Namun perlu diketahui bahwa jika beberapa bahan menyebabkan penyakit kulit, sebaiknya segera hentikan penggunaan bahan alami tersebut.

Kami harap Anda menemukan artikel di atas bermanfaat. Itu benar.

Jangan lupa baca juga artikel menarik Bob lainnya yang bisa kamu baca di sini.

untuk membuat liburan di hotel Di Fikrirasy.ID sebagai salah satu resolusi Anda!

tidak pernah liburan di hotel? Bingung mau menginap dimana? Jangan ragu untuk memilih Fikrirasy.ID. Bahkan, Anda bisa membuat liburan di hotel Salah satu resolusi tahun ini di Fikrirasy.ID ini!

Fasilitas ultra-modern akan hancur, membuat momen Tahun Baru semakin seru.

Pemesanan dapat dilakukan di aplikasi Fikrirasy.ID yang dapat diunduh. di sini.

Toilet Bobobox Alun-Alun Bandung

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Mudah meremajakan kulit wajah Anda? Cobalah 7 pembersih alami ini.

Dari Situs Fikrirasy ID