Ibukota baru Bendungan Sepaku akan selesai pada Desember 2023

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri engah Basuki Hadimuljono, Tujuan Pembangunan Semoi Sepaku Dam di ~ ibu kota baruPembangunannya akan selesai pada Desember 2023 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dia mengatakan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dimulai pada Juli 2020. Sesuai kontrak, konstruksi diharapkan selesai pada Desember 2023. Saat ini progres fisik bendungan sudah mencapai 30,69%.

“Bendungan ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku Balikpapan,” kata Basuki dalam keterangan tertulis. “Total kapasitas 10 juta meter kubik untuk memenuhi kebutuhan air baku 2.500 liter per detik dan mengurangi banjir sekitar 53%. ” , mengutip Jakarta Post. di antaraJumat (1 Juli).

Pembangunan bendungan Sepaku Semoi menjadi tanggung jawab Direktur Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Departemen PUPR. Kontraktor untuk proyek senilai Rp555 miliar ini adalah PT Bratas Abipraya, PT Sacna, dan PT BRP (KSO).

Basuki mengatakan, pembangunan Inlet Sungai Sepaku dengan kapasitas 3,34 meter kubik/detik saat ini telah dimulai dengan wilayah pelayanan Kota Balikpapan dan direncanakan adanya instalasi penjernihan air (IPA) di sekitar Sepaku. Konstruksi akan berlangsung dari tahun 2021 hingga 2023.

Studi kelayakan juga dilakukan untuk pembangunan Bendungan Batu Lepek yang berpotensi memenuhi kebutuhan air baku sebesar 5.000 liter/detik pada tahun 2020. Studi kelayakan juga dilakukan untuk pembangunan Bendungan Selamatyu dengan potensi air baku 3.950 liter/detik pada tahun 2021.

Baca Juga:  Yusuf Mansur berbicara terus terang tentang Startup Joint Venture-nya: Siap Divestasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap bendungan Sepaku Semoi dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Dia menambahkan, “Saya berharap dapat menyediakan sumber kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan kualitas air yang sehat dan baik.”

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mempertimbangkan pembangunan bendungan Sepaku Semoi.

Di Kalimantan Timur saat ini terdapat Bendungan Manggar di Balikpapan, Bendungan Teritip di Balikpapan, Bendungan Aji Raden Embung di Balikpapan, Bendungan Samboja di Kutai Kartanegara, Intake Kalhol di Sungai Mahakam, dan Bendungan Lempake di Samarinda.

[Gambas:Video CNN]

(Bir)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ibukota baru Bendungan Sepaku akan selesai pada Desember 2023

Dari Situs Fikrirasy ID