Makanan untuk penderita asam lambung, ini daftar lengkap yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Fikrirasy.ID – Asam lambung yang sering membuat perut dan kerongkongan tidak nyaman, seringkali disebabkan oleh makan dan minum. Jika Anda salah makan, Anda pasti akan merasakan sensasi terbakar dan mual. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memahami makanan apa saja yang cocok untuk penderita asam lambung.

Orang dengan refluks asam memiliki masalah dengan sistem pencernaan, dengan masalah dengan cincin otot atau katup antara kerongkongan dan perut. Sfingter esofagus bagian bawah (LES) adalah nama otot antara kerongkongan dan lambung. Dalam kondisi normal dan sehat, LES terbuka saat makanan ditelan ke dalam lambung.

dilaporkan dalam gastronoka, Untuk Minggu (12/12/2021), berikut adalah daftar makanan untuk penderita asam lambung. Direkomendasikan atau dilarang karena asam lambung dapat memperburuk kondisi.

Roti gandum dengan makanan untuk penderita asam lambung. (Shutterstock)

Saran makanan untuk penderita asam lambung

Baca juga:
5 makanan yang baik untuk asam lambung, salah satunya adalah putih telur.

sayuran dan buah-buahan

Hampir semua buah dan sayuran membantu mengurangi asam lambung. Makanan untuk penderita asam lambung rendah lemak, rendah gula, serat dan memberikan nutrisi penting.

gandum

Biji-bijian utuh penting karena mengandung serat yang tinggi. Beras merah, oatmeal, dan roti gandum dapat membantu meredakan gejala refluks asam.

Bagi penderita asam lambung, makanan ini merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu menyerap asam lambung.

Baca juga:
Refluks asam sering terjadi. Hindari 5 makanan dan minuman ini agar tidak semakin parah

protein rendah lemak

Sumber protein rendah lemak dan rendah lemak antara lain ayam, seafood, tahu, dan putih telur. Cara terbaik untuk menyiapkannya adalah dengan merebus atau memanggangnya.

kacang, kacang polong, lentil

Selain menjadi sumber serat pereda asam lambung yang baik, kacang-kacangan, kacang polong dan lentil juga menyediakan protein, vitamin dan mineral.

kacang-kacangan dan biji-bijian

Banyak kacang-kacangan dan biji-bijian memberikan serat dan nutrisi dan dapat membantu menyerap asam lambung. Almond, kacang tanah, chia, delima, dan biji rami adalah pilihan yang sehat.

yogurt

Selain menenangkan kerongkongan yang teriritasi, yogurt menyediakan probiotik untuk mendukung saluran pencernaan, terutama pada orang dengan refluks asam. Selain itu, yogurt tentu saja merupakan sumber protein yang baik.

lemak sehat

Lemak adalah nutrisi penting, tetapi makan terlalu banyak makanan berlemak dapat menyebabkan refluks asam. Mengganti lemak tidak sehat dengan lemak tak jenuh dapat membantu. Alpukat, minyak zaitun, kenari, dan produk kedelai adalah pilihan yang baik untuk lemak sehat.

Baca Juga:  Berikut panduan tindak lanjut pelecehan seksual di Pesantren Bandung – GARUDA TV

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan telah lama digunakan untuk meredakan masalah pencernaan. Jahe dapat ditambahkan ke smoothie, sup, tumis, atau hidangan lainnya, atau diseduh menjadi teh.

Ilustrasi cincin bawang (elemen Envato oleh keko64)
Ilustrasi cincin bawang (elemen Envato oleh keko64)

Larangan makanan untuk orang yang menderita asam lambung

cokelat

Camilan yang banyak digemari ini memiliki sisi gelap. Cokelat mengandung kafein, kakao, dan fitokimia, yang semuanya dapat menyebabkan mulas dan gas dari perut ke tenggorokan.

daun mint

Dikenal untuk menenangkan usus sensitif, peppermint sebenarnya memiliki efek sebaliknya pada asam lambung. Peppermint dapat meningkatkan kadar asam lambung dengan mengendurkan otot-otot yang digunakan untuk pencernaan.

makanan berminyak

Jika Anda berpikir makanan berlemak menumpulkan Anda, maka Anda benar. Makanan berlemak dapat mengendurkan LES dan memperlambat pencernaan. Ketika makanan berada di perut lebih lama, tubuh merespons dengan memproduksi lebih banyak asam.

Makanan yang digoreng seperti onion ring adalah penyebab yang jelas. Daging seperti bacon dan produk susu utuh juga menyebabkan gejala refluks asam.

makanan pedas

Makanan pedas memperburuk asam lambung. Capsaicin dalam banyak makanan pedas dapat memperlambat pencernaan. Namun, menelan makanan pedas sebelum melakukannya dapat mengiritasi kerongkongan yang sudah teriritasi.

makanan dan minuman asam

Makanan asam umumnya merupakan makanan terlarang bagi penderita asam lambung. Makanan seperti jus buah dan jeruk, tomat dan produk tomat, nanas, dan saus salad vinaigrette semuanya tinggi keasamannya.

Bawang putih

Bawang putih, terutama bawang putih mentah, diketahui menyebabkan mulas dan sakit perut pada orang sehat. Kandungan asam ekstra akan menyebabkan mulas.

Oleh karena itu, mengkonsumsi bawang putih pada orang yang menderita refluks asam lebih mungkin menyebabkan masalah.

Minuman yang mengandung alkohol, kafein atau soda

Baik alkohol dan kafein mengendurkan otot-otot LES, memungkinkan asam bocor ke kerongkongan. Gelembung karbonat “mengembang” perut dengan refluks asam dan kemudian mendorong isi perut ke atas melawan LES.

Efek ini menyebabkan soda, kopi, teh, dan minuman beralkohol mengganggu asam lambung. Hati-hati dengan minuman campuran karena dapat memperburuk refluks asam.

Itulah daftar pantangan dan rekomendasi makanan bagi penderita asam lambung yang harus Anda ketahui. Jika asam lambung terjadi lebih dari dua kali seminggu, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kontributor: Julia Kartika Dewi



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Makanan untuk penderita asam lambung, ini daftar lengkap yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Dari Situs Fikrirasy ID