Makanan Indonesia yang digandrungi masyarakat dunia ternyata digandrungi mantan presiden Amerika Serikat itu di urutan ke-9.

Fikrirasy.ID – Berbicara tentang makanan Indonesia pasti tidak ada habisnya. Hal ini dikarenakan setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing.

Namun, di antara belasan atau ratusan makanan khas Indonesia, sudah ada makanan yang dikenal di seluruh dunia.

Berikut 10 makanan Indonesia dari seluruh dunia, cobalah selagi mudah ditemukan!

1. Nasi Goreng

Baca juga:
Inilah 8 Makanan Khas Lombok yang Bakal Bikin Kamu Rindu Bebalung untuk Memuaskan Bulayak

Ilustrasi nasi goreng.  (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi nasi goreng. (Sumber: Shutterstock)

Makanan global pertama Indonesia adalah nasi goreng. Ini adalah nasi goreng yang mudah dibuat dan memiliki beragam topping yang dapat dinikmati oleh siapa saja, tanpa memandang usia atau jenis kelamin.

Saat ini, setidaknya ada 45 jenis nasi goreng di Indonesia, dan 59 varietas sedang dikembangkan. Hmm, nasi goreng apa yang pernah kamu coba?

2. Gado-ga-do

Ilustrasi jalan.  (Dokter: Istimewa)
Ilustrasi jalan. (Dokter: Istimewa)

Diet sehat yang terdiri dari berbagai sayuran seperti selada, wortel, kangkung, mentimun, dan labu siam sepertinya sudah populer di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, harga Rotech sangat terjangkau, terjangkau oleh semua kalangan.

Irisan sayuran Gado Gado direndam dalam saus kacang pedas sebelum masuk ke mulut.

Baca juga:
7 Makanan Indonesia Lezat di Seluruh Dunia, Nasi Goreng Terus Melonjak Kepopulerannya

3. Ketorac

Ibukota Indonesia, Jakarta, juga memiliki makanan khas yang lezat seperti Ketoprak. Berbagai sayuran dicelupkan ke dalam saus kacang, sehingga merupakan menu yang sempurna untuk dinikmati para vegetarian.

Ketoprak mudah ditemukan di pedagang kaki lima dengan harga yang terjangkau.

4. Selamat

Ilustrasi Gudek khas Yogyakarta.  (Instagram/@athaliaafood.id)
Ilustrasi Gudek khas Yogyakarta. (Instagram/@athaliaafood.id)

Makanan khas Yogyakarta ini sudah terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Seiring berjalannya waktu, inovasi telah ditemukan pada produk goodek kalengan yang dapat dikirim ke mana saja.

Rasa manis dari nangka muda menjadi bahan utama Goodek. Ketika bahan tambahan seperti telur, ayam, dan crechek ditambahkan, semua orang ingin mencobanya.

7. sate

Sate Ayam (Dapur Kobe)
Sate Ayam (Dapur Kobe)

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang dapat ditemukan di berbagai daerah. Bahan dasar sate berkisar dari ayam, kambing dan sapi hingga kelinci. Ada beberapa jenis sate yang menggunakan tempe sebagai pengganti protein daging.

Baca Juga:  5 Tips Gigi Mudah dan Sehat

8. Soto

Ilustrasi sup ayam.  (elemen envato)
Ilustrasi sup ayam. (elemen envato)

Selain nasi goreng, soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia dengan banyak variasi dari berbagai daerah. Soto biasanya disajikan dengan kuah dan daging ayam atau daging cincang.

Soto biasanya disajikan dengan nasi hangat, keripik tempe, dan bawang goreng di atasnya.

9. Bakso

Ilustrasi bakso.  (Freepik/jcomp)
Ilustrasi bakso. (Freepik/jcomp)

Makanan berkuah ini juga berhasil membius lidah orang-orang di seluruh dunia. Selain bakso, semangkuk bakso biasanya disajikan dengan mie, tahu, seledri, bawang goreng, dan potongan daging rebus.

Mantan Presiden AS Barack Obama adalah salah satu pecinta bakso Indonesia!

10. Rendang

Ilustrasi Rendang Jamur ((Pixabay/Sharonang)
Ilustrasi Rendang Jamur ((Pixabay/Sharonang)

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Indonesia yang satu ini? Berasal dari Sumatera bagian barat, hidangan ini kini bisa ditemukan di banyak wilayah Indonesia. Maka tidak heran jika Rendang menjadi begitu populer di seluruh dunia.

Daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu enak disantap dengan nasi putih panas. Rendang memiliki umur simpan yang lama meskipun diolah dengan wewangian alami.

11. Rendam beras

Resep Nasi Rewet Solo.  (Screenshot YouTube Indonesia Kaya)
Resep Nasi Rewet Solo. (Screenshot YouTube Indonesia Kaya)

Salah satu yang membedakan nasi liwet dengan nasi pada umumnya adalah rasanya yang asin. Santan, kaldu ayam, dan daun salam ditambahkan hingga mendidih dan tidak hanya rasanya tetapi juga aroma nasi yang sangat lezat.

Nasi Liwet biasanya disantap dengan berbagai lauk seperti ayam, telur, dan sambal goreng. Solo adalah tempat termudah untuk menemukan Nasi Liwet.

12. Ayam Taliwang

Pengunjung Nusa Tenggara Barat atau Bali tidak akan pernah melewatkan makanan khas Indonesia yang satu ini. Ayam Taliwang terbuat dari ayam yang dipanggang dengan bumbu pedas.

Sebagai pelengkap, ayam taliwang biasanya disantap bersama kangkung.

Kontributor: Hilary Sekar Farwestry



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Makanan Indonesia yang digandrungi masyarakat dunia ternyata digandrungi mantan presiden Amerika Serikat itu di urutan ke-9.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment